Image default
Life

Waspada! Contoh Ketimpangan Sosial di Sekitar Anda

Pernahkah anda memperhatikan lingkungan sekitar anda? Apakah anda pernah melihat perbedaan mencolok antar masyarakat. Bahkan kesenjangan sosial atau ketimpangan sosial yang terus dibiarkan bisa berdampak buruk bahkan dapat terjadi pada diri anda. Perundungan, diskriminasi hingga status sosial bisa saja terjadi kepada orang terdekat anda. Itulah beberapa contoh ketimpangan sosial.

Beberapa contoh ketimpangan sosial yang mungkin saja terjadi dapat sangat berdampak pada korban. Bahkan bisa saja dampak yang terjadi bisa sangat mempengaruhi hidup korban.

Dari permasalahan tersebut artikel ini akan membahas pengertian, faktor, penyebab, hingga dampak ketimpangan sosial yang terus dibiarkan berlangsung.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Passion dan Bagaimana Cara Mengembangkannya

Apa itu Ketimpangan Sosial?

Jika anda mendengar ketimpangan sosial pasti tidak lepas terhadap keadaan sosial lingkungan sekitar, memang benar ketimpangan sosial merupakan keadaan yang dapat terjadi karena adanya ketidakseimbangan maupun kesenjangan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia ketimpangan sosial lebih diartikan sebagai “ketidakseimbangan, perbedaan, jurang pemisah, yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat”. Ketimpangan sosial juga dapat diartikan sebagai bentuk ketidakadilan, baik status sosial, ras, kapitalitas dalam kehidupan sosial.

Adanya Ketimpangan dapat menimbulkan perbedaan mencolok antar satu individu dengan individu lain. perbedaan ini mencakup perihal peluang, hak kepemilikan, proporsi yang dapat memprovokasi terjadinya diskriminasi pada kaum minoritas atau individu dengan kekuasaan lebih rendah.

Ketimpangan sosial ini dapat terjadi dalam setiap segmen kehidupan mulai dari pendidikan, pekerjaan, budaya, agama, terutama perekonomian. Bahkan kebanyakan contoh ketimpangan sosial yang terjadi dapat menimbulkan perundungan, pembullyan bahkan memakan korban mental, korban fisik, bahkan korban jiwa.

Faktor Apa Yang Mempengaruhi Ketimpangan Sosial?

Contoh Ketimpangan Sosial

Kebanyakan faktor yang mempengaruhi ketimpangan sosial dikelompokkan dalam dua faktor inti yaitu faktor internal dan faktor eksternal yang kemudian dijabarkan menjadi banyak faktor turunan.

Faktor Internal

Untuk faktor pertama adalah faktor internal dimana faktor ini muncul dari diri setiap individu. Hal ini berhubungan terhadap kualitas Sumber Daya Manusia lingkungan yang berimbas pada mental, kejiwaan dan mindset individu dalam kehidupan bermasyarakat.

Faktor ini diturunkan menjadi faktor turunan seperti faktor internal individu karena garis keturunan, keadaan sosial, kualitas pendidikan, kondisi fisik dan masih banyak lagi.

Faktor Eksternal

Berikutnya adalah faktor yang terjadi diluar individu tersebut. Beberapa faktor terjadi akibat adanya birokrasi, profokasi, maupun hukum yang berlaku yang menimbulkan ketimpangan sosial yang dapat mengekang aktifitas dari setiap individu yang menjadi korban.

Faktor ini kemudian diturunkan menjadi beberapa faktor tutunan seperti faktor didikan oknum guru yang salah, peraturan yang memberatkan kaum kapitalis, faktor politik berkuasa dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apa Yang Menyebabkan Terjadinya Ketimpangan Sosial?

Beberapa penyebab dapat terjadi ketimpangan sosial diantaranya adalah sebagai berikut.

Kondisi Ekonomi

Penyebab utama terjadinya ketimpangan sosial adalah kondisi ekonomi setiap individu. Dimana terjadinya ketidak merataan ekonomi dalam sebuah lingkungan dapat memicu terjadinya ketimpangan sosial.

Kondisi Pendidikan

Pendidikan menjadi faktro penting yang dapat menimbulkan terjadinya ketimpangan sosial. Bahkan format pendidikan dengan tidak mengedepankan kesetaraan akan menimbulkan masalah yang lebih serius.

Baca Juga: Penting, Kenali Pengertian Toxic dan Ciri-cirinya Agar Bisa Menghindarinya

Kondisi Mental dan Pola Pikir

Mental dan pola pikir setiap individu juga dapat menyebabkan terjadinya ketimpangan sosial. Hal ini bahkan dapat mempengaruhi bagaimana anda hidup bermasyarakat. Terkadang kondisi ekonomi dan pendidikan yang mendukung juga dapat menjadikan individu terbuai dan merasa diatas awan.

Kondisi Demografi

Penyebab selanjutnya datang dari kondisi, budaya dan politik sebuah wilayah yang ditempati. Dimana hukum paling berpengaruh besar terhadap penyebab yang satu ini.

Kondisi Kesehatan

Walaupun setiap individu pada dasarnya sama namun keadaan kesehatan dimana fisik juga menjadi salah satu penyebab terjadinya ketimpangan sosial. Hal ini akan sangat mengganggu apa lagi pada korban yang tengah berada ditahap penyembuhan, karena faktor mental dan emosional sangat berpengaruh terhadap persembuhannya.

Kondisi Perbedaan Budaya

Budaya sangat berpengaruh dan menjadi penyebab terjadinya ketimpangan sosial. Bahkan tak sedikit korban adalah seseorang yang memiliki sedikit perbedaan dalam sudut pandang budaya.

Keadaan Populasi

Populasi pasti sangat berpengaruh dan pasti menimbulkan perbedaan dimana dalam hal ini pasti ada mayoritas dan minoritas. Perbedaan jumlah ini terkadang dapat menimbulkan diskriminasi pada kaum minoritas pada sebuah wilayah

Contoh Ketimpangan Sosial dan Dampak yang Bisa Terjadi

Ketimpangan sosial memang menjadi masalah yang masih mengakar terutama pada wilayah maupun negara berkembang seperti di Indonesia. Bahkan bisa saja salah satu korban ketimpangan sosial adalah orang yang anda kenal.

Berikut beberapa contoh ketimpangan sosial di lingkungan sekitar dan dampak yang bisa ditimbulkan terhadap kejadian yang terjadi.

Ketimpangan Gender

Stigma masyarakat yang banyak membuat perlakukan dan ketidaksamaan hak asasi antar gender. Dimana perempuan di identifikasikan sebagai makhluk terlemah yang harus dilindungi dan memiliki tugas sebagai ibu rumah tangga saja.

Ketimpangan ini sangat terlihat apabila sebuah wilayah memiliki jumlah perbandingan dimana perempuan lebih sedikit yang menempuh pendidikan tinggi, melakukan karier di sektor industri, dan beberapa sektor lainnya.

Hal ini dapat menyebabkan terjadinya diskriminasi pada kaum hawa, kurangnya hak pendidikan, peluang karier maupun bisnis yang disebabkan adanya ketimpangan gender pada wilayah tersebut. Bahkan kemungkinan terburuk, perempuan yang dirundung bisa saja kehilangan sesuatu yang berharga bahkan kehilangan nyawanya.

Ketimpangan Kesehatan

Contoh Ketimpangan Sosial bukan Sekedar Soal Ekonomi

Keadaan fisik seseorang terkadang menjadi bahan perundungan.  Dimana anak dengan kondisi dan kebutuhan khusus mendapat perlakuan yang berbeda oleh sebagian oknum. Hal ini sering terjadi pada lingkungan bermasyarakat, lingkungan pendidikan hingga lingkungan kerja.

Dimana terkadang kondisi fisik menjadi acuan dan penilaian kualitas individu. Seperti contohnya pada saat mencari pegawai terkadang pemberi kerja mempertimbangkan kondisi fisik pelamar tanpa melihat kualitas yang dia miliki sebagai Sumber Daya Manusia.

Hal ini dapat berdampak besar terhadap perundungan atau bullying, kecilnya peluang kerja bagi individu dengan kondisi kesehatan dengan kebutuhan khusus. Hingga kurangnya fasilitas bagi kelompok invidu dengan kebutuhan khusus.

Ketimpangan Status Sosial

Selanjutnya adalah ketimpangan yang dapat terjadi karena perbedaan status sosial dimana ekonomi, penghasilan, gaya hidup dan pendidikan sangat mempengaruhi ketimpangan ini. Bahkan tak sedikit korban mengalami beban mental yang berat akibat diskriminasi dan kecilnya keberhasilan maupun peluang dalam setiap faktor.

Terkadang stigma dimana bibit bebet dan bobot menjadi penyebab ketimpangan sosial ini. Terkadang individu dengan penghasilan kecil, dari keturunan yang buruk, maupun penampilan yang lusuh akan dinilai buruk sebelum mengenalnya lebih dekat.

Tanpa menilai perilaku, sopan santun, potensial dari individu kebanyakan orang akan melihat seseorang dari kesan pertama ia melihat atau bertemu seseorang. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial bagi individu tertentu dengan keterbatasan yang telah disebutkan.

Dampaknya banyak individu yang gagal sebelum menjalani tes, individu yang tidak direstui karena dari status sosial yang katanya berbeda. Maupun individu yang gagal karena faktor lingkungan tempat ia tinggal.

Baca Juga: Penting! Kenali Makna, Dampak Serta Ciri-Ciri Pergaulan Sehat

Apakah Anda atau Orang Terdekat anda salah satu korban atau bahkan menjadi pelaku ketimpangan sosial?

Dari artikel ini anda dapat menyimpulkan bahwa ketimpangan sosial adalah ketidakseimbangan sosial yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat yang dapat menimpa setiap individu.

Dari bebepa contoh ketimpangan sosial diatas bisa terjadi kapan saja dan dimana saja bahkan dampak yang ditimbulkan bisa jadi sangat mengerikan. Jadi jika anda bukan korban setidaknya anda tidak perlu menjadi pelaku.

Related posts

5 Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat Remaja

Risma Mualifa

Dampak Globalisasi yang Tidak Baik bagi Anak Muda adalah Sebagai Berikut

Risma Mualifa

Menguatkan Diri Meraih Tujuan Hidup yang Ditetapkan Untuk Diri Sendiri

Marsyaviani Darestuti

Leave a Comment