Gaya Remaja

Ampuh, Inilah Cara Mengatasi Telat Haid pada Remaja !

Cara Mengatasi Telat Haid pada Remaja
Source: News-medical.net

Siklus menstruasi setiap wanita berbeda-beda. Begitu juga pada wanita remaja, tidak banyak dari mereka yang memiliki siklus menstruasi yang sama. Terkadang banyak wanita yang merasa mereka sudah telat haid, mungkin saja memang ada perubahan pada siklus Anda. Namun ada beberapa cara mengatasi telat haid pada remaja yang bisa diatasi.

Siklus Wajar Menstruasi

Normalnya siklus menstruasi pada wanita sekitar 21-35 hari. Lamanya siklus menstruasi bisa berubah-ubah tergantung keadaan tubuh. Pada keadaan tidak normal siklus menstruasi  bisa kurang dari 21 hari atau bahkan melebihi 35 hari. Pada remaja siklus haid yang  melebihi 35 hari kadang menimbulkan rasa cemas takut hamil walaupun belum  pernah melakukan hubungan seksual.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Rasa cemas ini bisa tereskalasi menjadi stres pada remaja putri karena haid tidak juga kunjung datang.  Simak artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi telat haid pada remaja

Jika sesekali terjadi telat haid pada remaja putri, maka tidak perlu khawatir karena hal ini wajar terjadi. Apalagi dengan kondisi hormon yang masih tidak stabil karena masih dalam masa pertumbuhan. Penyebab telat haid pada remaja putri pun beragam. Adapun penyebab telah menstruasi pada remaja putri bisa disebabkan hal-hal berikut.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Mental Health, Sederhana dan Ampuh!

1. Stres berlebihan

Kondisi mental remaja masih labil, hal ini karena remaja masih mengalami perubahan hormon dan perkembangan fisik. Rasa bingung yang terjadi pada perubahan tubuh, ditambah tekanan dari pergaulan dan keluarga bisa memicu stres pada remaja. Hal ini pula yang bisa menjadi penyebab telat menstruasi.


2. Kegiatan fisik yang berlebihan

Olahraga berlebihan bisa menjadi pemicu telat haid pada remaja
Souce: Healthline.com

Kegiatan fisik yang berlebihan pada remaja juga bisa menjadi penyebab telat haid. Seperti olahraga yang terlalu berlebihan atau terlalu dipaksakan akan menyebabkan gangguan hormonal. Hal tersebut berdampak pada siklus haid yang tidak teratur.

3. PCOS

PCOS adalah singkatan dari Polycistic Ovarium syndrome yang merupakan kelainan hormonal. Ditandai dengan sejumlah kista pada indung telur. Apabila siklus haid pada remaja terjadi berulang dalam rentang waktu yang cukup lama, ada baiknya segera periksa ke dokter.

4. Gangguan Tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi menghasilkan hormon untuk fungsi organ tubuh. Selain itu kelenjar ini juga berfungsi mempengaruhi pertumbuhan dan metabolisme tubuh. Sehingga, bila ada gangguan pada kelenjar tiroid maka bisa menyebabkan telat menstruasi pada wanita.

Mengatasi Telat Haid

Untuk mengatasi telat haid pada remaja yang bisa menimbulkan rasa cemas, berikut beberapa cara mengatasi telat haid pada remaja.

1. Mengelola Stress

Karena stres bisa menjadi penyebab utama dari telat haid maka para remaja harus dilatih untuk bisa mengelola stress. Bukan tidak mungkin beban sekolah, tekanan pergaulan dan keluarga bisa membuat remaja stres.

Mengelola stres bisa dilakukan dengan kegiatan fisik yang ringan, menjalankan hobi, atau menulis buku diari. Dukungan orang tua diperlukan dalam hal ini. Selain itu memiliki teman -teman yang sportif juga bisa membantu seorang remaja untuk lebih mengenali diri sendiri dan mengelola stres.

2. Mulai Pola hidup Sehat

Hormon pada remaja putri bisa tidak stabil selain karena stres dan penyakit, bisa juga karena pola hidup tidak sehat. Seringkali remaja abai terhadap pola hidup sehat seperti minum air putih yang cukup, tidak makan junkfood, fastfood dan gula yang berlebihan, olahraga secukupnya yang rutin, serta istirahat yang cukup.

Karena itu sebelum pergi ke dokter untuk memeriksakan penyebab keterlambatan haid, ada baiknya mencoba mengatur hidup sehat dahulu. Apabila pola hidup sehat telah dilakukan, namun masih telat haid  baru periksa ke dokter kandungan.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Baca Juga: 7 Aktivitas yang Menjadi Mood Booster Paling Ampuh

3. Mengkonsumsi makanan yang bisa membantu siklus menstruasi

Cara mengatasi telat haid pada remaja bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan-makanan berikut dalam porsi yang cukup.

  • Nanas, banyak orang terjebak mitos tentang memakan nanas. Padahal nanas merupakan buah yang kaya akan bromelain. Bromelain ini bisa membantu pembentukan sel darah, meningkatkan aliran darah, serta membantu peluruhan dinding rahim, sehingga membantu melancarkan siklus menstruasi.
  • Pepaya, buah ini bisa menstimulasi level esterogen dengan karotennya. Sehingga ampuh sebagai cara mengatasi cara mengatasi telat haid pada remaja.
  • Jahe, dengan kandungan vitamin C dan magnesiumnya, jahe mampu membantu mengkontraksikan rahim untuk memfasilitasi awal periode menstruasi.

4. Mengurangi berat badan bila obesitas

Obesitas juga bisa menyebabkan tertutupnya rahim oleh lemak. Karena itu apabila seorang remaja memiliki masalah berat badan dan mengalami keterlambatan haid dalam jangka waktu yang lama, disarankan untuk mengurangi berat badan.  Dengan menjalani pola hidup sehat dan gizi seimbang,  atau konsultasi dengan dokter gizi   diharapkan berat badan bisa turun secara normal.

Demikianlah  cara mengatasi telat haid pada remaja yang ampuh untuk dicoba dilakukan. Pola hidup sehat dengan gizi seimbang merupakan kunci agar siklus haid pada remaja putri berjalan dengan normal.  Sehingga para remaja putri tidak lagi cemas  dengan siklus haidnya yang tidak teratur.



Related posts

Terapkan 6 Rutinitas Pagi Positif yang Baik Untuk Suasana Hati dan Pikiran

Marsyaviani Darestuti

Pola Hidup Sehat adalah Keharusan, Bagaimana Cara Menerapkannya?

Risma Mualifa

Raup Banyak Cuan! Berikut 6 Rekomendasi Bisnis yang Cocok untuk Pemula

Linda Arista