Image default
Beauty

Wajib Tau, Inilah Beragam 13 Jenis Kuas Make Up dan Fungsinya

Bagi beberapa orang mungkin sudah tidak asing lagi melihat jenis kuas make up yang punya beragam bentuk. Bukan hanya bentuknya saja yang berbeda, tapi juga fungsinya. Nah, karena ada banyak jenisnya, seringkali ini membuat kita kebingungan untuk memakainya. Karena itulah, cari tau jenis dan fungsi kuas-kuas make up di bawah ini.

1. Kuas Foundation

Kuas yang digunakan untuk mengaplikasikan alas bedak ini punya bentuk yang pipih dan bagian bulunya lebih keras dibanding kuas lainnya.  Cocok untuk dipakai menggunakan jenis kosmetik yang cair ataupun krim seperti liquid foundation, creamy foundation, BB cream dan juga CC cream.

2. Kuas Concealer

Jenis kuas make up satu ini punya bulu yang hampir serupa dengan foundation brush, tapi punya perbedaan di bagian bentuknya yang lebih panjang, kecil, dan meruncing di bagian ujungnya. Concealer brush ini cocok untuk dipakai memberi kamuflase pada noda di wajah, seperti lingkaran hitam di bagian bawah mata, bekas jerawat, ataupun tanda lahir.

3. Angled Contour Brush

Kuas jenis ini punya bentuk yang asimetris, di mana di salah satu bagiannya cenderung miring ke satu sisi dan meruncing di bagian ujungnya. Kuas ini dipakai untuk membuat contouring di bagian tulang pipi, rahang, dan juga garis dahi, untuk memberi kesan wajah yang tirus.

4. Powder Brush

Brush make up satu ini digunakan untuk membubuhkan bedak ke seluruh bagian wajah. Kuas ini memiliki ujung bulu yang cenderung menebal atau cembung. Fungsinya, untuk memudahkan dalam membaurkan alas bedak (foundation), contouring, dan juga bedak. Bedak yang digunakan dengan kuas ini, bisa yang padat (compact powder) ataupun tabur (loose powder). Kuas bedak ini juga umumnya memiliki 3 jenis ukuran, yaitu kecil, sedang dan besar.

5. Kuas Blush

Kuas yang dipakai untuk pemulas pipi ini punya gagang yang ramping dan panjang dibandingkan dengan Powder Brush. Bagian bulunya juga lebih tipis. Umumnya, kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan blushon ataupun highlighter.

6. Kuas Eyeshadow

Untuk mengaplikasikan eyeshadow, kuas ini memiliki helaian bulu yang berbentuk pipih dan tebal di bagian ujungnya. Umumnya ini digunakan untuk membentuk sudut mata ketika memakai eyeshadow.

7. Blending Brush untuk Eyeshadow

Kuas make up satu ini punya bentuk oval dan biasanya ukurannya kecil. Ini membuatnya cocok untuk membaurkan warna eyeshadow untuk memberi gradasi pencampuran yang menyatu dan lebih natural.

8. Angled Eyeliner Brush

Bentuknya asimetris di salah satu sisinya, dan punya tekstur lebih keras. Umumnya kuas ini digunakan untuk memakai eyeliner dengan jenis gel ataupun membuat garis dengan eyeshadow agar lebih presisi.

9. Lash Brow Brush

Kuas yang punya nama lain adalah sikat alis ini punya dua sisi yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Di sisi yang berbentuk sisir kecil ini, fungsinya untuk mempersiapkan bulu mata sebelum memakai maskara. Bisa juga untuk memperbaiki gumpalan maskara yang berada di bulu mata. Dan di sisi satunya, yang berbentuk sikat kecil, umumnya digunakan untuk menyisir bulu alis sebelum menggambar alis.

10. Mascara Wand

Fungsi brush satu ini adalah membersihkan bulu mata dari gumpalan maskara, ataupun juga untuk membaurkan warna alis setelah digambar agar terlihat lebih natural seperti bulu alis asli.

11. Angled Brow Brush

Sekilas, bentuk kuas ini hamper menyerupai Angled Eyeliner Brush, namun bedanya, jenis bulu yang dimiliki Angled Brow Brush ini lebih halus. Ini diperuntukkan agar bisa menggambar helaian bulu-bulu alis dengan lebih natural. Umumnya, kuas make up jenis ini digunakan untuk mengaplikasikan kosmetik untuk alis berbasik powder ataupun gel. Bagian ujungnya yang lancip dan asimetris pada kuas ini akan membantu kamu untuk membentuk ujung alis lebih presisi.

12. Fan Brush

Seperti namanya, kuas ini punya bentuk seperti sebuah kipas, dengan bagian bulunya pipih dan melebar. Fungsi kuas make up ini berbeda-beda tergantung ukurannya. Untuk ukuran kecil ataupun medium, umumnya digunakan untuk mengaplikasikan highlighter di pagian pipi atas. Sedangkan ukuran besar, sering dipakai untuk finishing blend ataupun hanya sekadar membersihkan sisa bedak di wajah.

13. Lip Brush

Bentuknya tipis dengan jenis bulu yang sedikit kasar atau keras, dan juga punya ujung yang lancip, yang sangat cocok untuk membantu membentuk garis bibir agar lebih presisi. Pengaplikasian lipstik pun akan lebih sempurna, apalagi untuk lipstik jenis palet.

Nah, setelah mengetahui 13 jenis kuas make up di atas, setelah ini diharapkan tidak lagi salah dalam penggunaannya, ya. Kalau kamu, punya semua jenis kuas make up di atas? Temukan juga info menarik tentang makeup hanya di Gayaremaja.com.

Related posts

6 Langkah Belajar Make Up Natural untuk Sehari Hari, Mudah bagi Pemula

Risma Mualifa

7 Kiat Make Up Flawless yang Wajib Kamu Coba untuk Hasil Natural

Lutfiyah Risdiana

Produk Make Up Anak-Anak Terbaik, Serta Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan

Marsyaviani Darestuti