Image default
Life

Penting! Kenali Makna, Dampak Serta Ciri-Ciri Pergaulan Sehat

DarBerinteraksi sosial dengan orang-orang sekitar dapat dilakukan dengan cara menjalin pertemanan atau bergaul. Namun, pergaulan tidak selalu positif, lho. Ketika berinteraksi, orang bisa melakukan pergaulan sehat dan pergaulan tidak sehat. Untuk itu, kenali makna, dampak dan juga ciri-ciri pergaulan yang sehat, yuk!

Terutama bagi remaja, edukasi mengenai pergaulan yang sehat ini harus diberikan. Ini karena remaja merupakan fase penting, di mana mereka mulai lebih banyak menghabiskan waktunya dengan teman dan lingkungan sekitar. Pergaulan yang baik akan membuat remaja juga berlaku baik, begitupun sebaliknya.

Baca Juga: Cara Menghemat Uang Anak Kosan Yang Perlu Mahasiswa Tahu

Apa Itu Pergaulan Sehat?

Pergaulan sehat adalah proses interaksi sosial yang dilakukan individu dengan individu lain ataupun dengan kelompok, secara baik dan normal, bagi tubuh, jiwa ataupun kehidupan sosialnya. Pergaulan yang sehat ini akan membentuk karakter baik bagi individu, dan begitupun kebalikannya. Dari Pergaulan yang sehat jugalah yang akan memberi dampak positif bagi diri sendiri serta lingkungan.

Dampak Pergaulan yang Sehat

Bukan hanya membentuk karakter individu yang baik saja, tapi pergaulan yang sehat pun memiliki dampak yang banyak. Individu jadi punya tujuan positif di dalam hidupnya, kebahagiaannya meningkat, mengurangi kemungkinan stress, meningkatkan rasa percaya diri dan juga harga diri, serta menghindari individu dari kebiasaan atau pola hidup yang buruk.

Ciri-Ciri Pergaulan yang Sehat

Ada beberapa ciri atau tanda bila individu berada di dalam sebuah pergaulan yang sehat, seperti adanya sikap saling menghargai antar individu, rasa percaya satu sama lain, jujur, serta komunikasi yang terjalin bisa berjalan baik.

Karakteristik lain yang juga menunjukkan pergaulan yang sehat adalah jauh dari rasa iri atau dengki, sopan bertutur kata, berprasangka baik, dan selalu mengingat kebaikan.

Ciri Pergaulan Sehat

Tips Melindungi Remaja Dari Pergaulan Tidak Sehat

Setelah mengetahui dan mengenal makna, dampak dan ciri-cirinya, kita juga harus tau tips yang harus dilakukan para orangtua untuk melindungi anak remaja dari pergaulan yang tidak sehat.

1. Mengajak diskusi

Manfaatkanlah waktu bersama anak remaja untuk berdiskusi dan bertukar cerita. Para orangtua harus pintar memancing obrolan yang membuat anak dapat menceritakan segala aktivitas yang dilakukannya dengan teman dan lingkungan sekitarnya.

Setelah itu, orangtua harus dapat menjelaskan pada anak remaja mengenai pergaulan yang sehat dan tidak sehat, dan jelaskan bahayanya bila terjerumus dalam pergaulan yang tidak baik. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh mereka.

2. Menerapkan aturan tegas di rumah

Tegas bukan berarti membatasi anak untuk berkreasi dan berkembang. Orangtua dapat membuat batasan atau aturan yang harus dipatuhi anak di rumah, namun pastikan hal tersebut tidak membatasi ruang geraknya. Pastikan kalau orangtua menjelaskan pada anak manfaat mematuhi aturan-aturan tersebut, begitupun dengan dampaknya bila melanggar.

3. Mengawasi aktivitas anak

Orangtua juga harus memastikan, mengawasi dan memantau segala aktivitas yang dilakukan anak, baik di rumah ataupun di luar rumah. Ini bisa dilakukan dengan cara meminta anak mengabari tentang aktivitas yang akan dan sedang mereka lakukan. Namun, orangtua juga wajib menjelaskan mengapa melakukan hal tersebut, agar anak pun mengerti dan tidak merasa dikekang.

4. Mendukung segala hal yang disukai anak

Di usia remaja, anak umumnya sedang dalam tahapan di mana mereka lebih aktif dan selalu ingin tau. Fase ini sebenarnya tidak boleh dibatasi, agar anak dapat berkembang. Sebagai orangtua, pastikan bahwa Anda dapat mendukung segala hal positif yang disukai anak. Berikan mereka ruang untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Berikan edukasi-edukasi penting yang dibutuhkan

Contohnya, seperti pendidikan seksual. Rasa penasaran dan selalu ingin tau yang dimiliki anak usia remaja, tanpa dampingan dan edukasi dari orangtua, hanya akan membuat mereka melangkah ke arah yang salah. Untuk itu, orangtua harus memberikan edukasi-edukasi penting ini sejak dini.

Baca Juga: Hati-hati, Beginilah 6 Bahaya Gaya Hidup Sok KayaCiri pergaulan sehat

Pergaulan sehat memang memiliki banyak sekali manfaat bagi diri sendiri dan lingkungan. Untuk itu, memastikan anak untuk berada di pergaulan yang sehat adalah hal yang penting. Agar ini dapat terwujud, sebagai orangtua, Anda harus mengenali hal-hal penting di atas, sehingga Anda pun bisa mengedukasi anak dengan lebih baik.

Related posts

Tak Selalu Positif, Begini Cara Menghadapi Gaya Hidup Modern dengan Baik

Marsyaviani Darestuti

Hati-hati, Beginilah 6 Bahaya Gaya Hidup Sok Kaya

Risma Mualifa

Dampak Globalisasi yang Tidak Baik bagi Anak Muda adalah Sebagai Berikut

Risma Mualifa

Leave a Comment