Image default
Film

Dari Film Drama Hingga Horor, Ini Dia 9 Film Terbaik Garapan Joko Anwar

Nama Joko Anwar bisa dibilang adalah seorang sutradara bertangan dingin, yang bisa sukses menggarap banyak film laris dan keren. Bahkan ia pun sudah banyak menghasilkan film dengan beragam genre, mulai dari horor, drama dan juga film laga. Tidak hanya itu saja, filmnya bukan hanya terkenal di Indonesia saja, tapi hingga ke internasional. Nah, ini dia beberapa film terbaiknya, yang tidak boleh kamu lewatkan!

Film Garapan Joko Anwar

1. Perempuan Tanah Jahanam (Impetigore) – 2019

Perempuan Tanah Jahanam (Impetigore) Film Terbaik garapan Joko Anwar

Film pertama ini punya genre horor misteri. Ini adalah film yang bukan hanya populer di Indonesia saja, namun juga diakui dunia perfilman internasional. Bahkan film ini pernah diputar dalam festival film Rotterdam dan Sundance.

Film ini bercerita tentang teka-teki masa lalu seorang wanita bernama Maya (Tara Basro), yang akhirnya membawanya ke sebuah desa tempat keluarganya dulu tinggal. Di desa ini, Maya dan sahabatnya, Dini (Marissa Anita) mendapati banyak keanehan di desa tersebut, hingga terkuak lah misteri yang selama ini belum terpecahkan.

Selain Tara Basro dan Marisaa Anita, bintang lain yang juga turut berperan dalam film ini adalah Ario Bayu, Christine Hakim dan Asmara Abigail.

2. Gundala – 2019

Gundala

Gundala adalah sebuah film tentang superhero Indonesia, yang jadi pembuka dari rangkaian kisah di Bumilangit Universe. Ceritanya tentang pria bernama Sancaka (Abimana Aryasatya) yang mendapatkan kekuatan petir, dan memanfaatkan kekuatan yang dimilikinya untuk mengalahkan para penjahat.

Film ini sendiri diadaptasi dari komik jadul tahun 1969. Dalam proses pembuatannya, biaya yang dikeluarkan untuk film satu ini terbilang cukup besar. Dan hasilnya, film yang juga dibintangi Tara Basro, Bront Palarae, Ario Bayu dan Rio Dewanto ini pun mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat ketika perilisannya.

Baca Juga: 10 Film Dokumenter Indonesia Terbaik. Wajib Nonton!

3. Folklore: A Mother’s Love – 2018

Folklore: A Mother’s Love

Folklore: A Mother’s Love ini adalah sebuah film pendek karya Joko Anwar yang bercerita tentang mitos mistis populer di Indonesia, yaitu Wewe Gombel.

Diceritakan dalam film ini, seorang ibu yang diperankan oleh Marissa Anita serta anak satu-satunya tidak sengaja bertemu anak-anak yang tidak terurus di loteng rumah. Kemudian, ia pun berinisiatif memulangkan anak-anak tersebut pada keluarga. Namun sayangnya, ada suatu hal yang tidak ia ketahui, di mana apa yang ia lakukan malah membuat Wewe Gombel murka.

4. Pengabdi Setan – 2017

Pengabdi Setan ternyata film terbaik garapan Joko Anwar

Film horor lokal dengan standar internasional satu ini bercerita tentang teror serta misteri yang terjadi di keluarga Rini (Tara Basro), selepas sang ibu (Ayu Laksmi) meninggal dunia.

Film ini bahkan meraih keuntungan hingga Rp 230 miliar selama pemutaran dengan 4 juta lebih penonton. Hingga ditayangkan di 42 negara. Bahkan Pengabdi Setan meraih banyak penghargaan di beragam festival film seperti Overlook Film Festival, Cine Apocalypse, Popcorn Frights Film Festival serta Toronto Film Festival.

Film remake dari judul yang sama di tahun 1980an ini pun dikabarkan akan mendapatkan proyek sekuelnya di tahun 2022 dengan judul ‘Pengabdi Setan 2: Communion’.

5. A Copy of My Mind – 2015

A Copy of My Mind

Bisa dibilang, film ini cukup beda dibanding film Joko Anwar lainnya. Film dengan genre drama dan romance ini terbilang punya cerita yang lebih dewasa dan juga serius.

Ceritanya tentang kisah cinta pekerja salon, Sari (Tara Basro) dengan penerjemah DVD bajakan, Alek (Chicco Jerikho). Kehidupan mereka yang tadinya normal, malah jadi terancam bahkan berakhir tragis setelah menonton sebuah rekaman terlarang.

Film ini pun sempat masuk dalam kategori Horizons Best Film di 72nd Venice International Film Festival, dan meraih beragam penghargaan lain di Indonesia.

Baca Juga: Tantang Rasa Takutmu! Ini 6 Film Horor Terseram Wajib Ditonton

6. Modus Anomali (Ritual) – 2012

Modus Anomali (Ritual) Film Garapan Joko Anwar

Film psikologi thriller satu ini bercerita tentang seorang pria (Rio Dewanto) yang terbangun di tengah hutan dalam keadaan hilang ingatan serta terpisah dari keluarganya.

Ada banyak bumbu plot twist dalam film ini yang membuatnya semakin seru untuk ditonton. Bahkan film ini pun berhasil menang di kategori Best Director dalam Molins Festival Film, serta penghargaan lain di Network of Asian Fantastic Film.

7. Pintu Terlarang – 2009

Pintu Terlarang

Film berikutnya menceritakan tentang pematung sukses bernama Gambir (Fachri Albar) yang kemudian mendapati sebuah pintu rahasia serta pesan permintaan tolong, yang akhirnya merubah hidupnya.

Ada banyak teka-teki di film bergenre thriller, psychological dan gore yang diadaptasi dari novel karya Sekar Ayu Asmara ini. Selain Fachri Albar, bintang kenamaan lain yang turut berperan adalah Marsha Timothi dan Ario Bayu.

8. Kala – 2007

Kala Film Garapan Joko Anwar

Kala merupakan film tentang kisah fantasi negara yang terpecah belah. Di mana seorang detektif bernama Eros (Ario Bayu) dan jurnalis bernama Janus (Fachri Albar) menyelidiki kematian misterius yang dialami 5 lelaki. Dalam penyelidikan yang mereka lakukan, mereka pun menemukan kalau pembunuhan tersebut merupakan sebuah rantai konspirasi negara.

9. Janji Joni – 2005

Janji Joni

Film Garapan Joko Anwar yang juga tidak kalah bagusnya yaitu Janji Joni. Filmy ini membawa nama Joko Anwar mulai naik di industri perfilman Indonesia.

Berkisah tentang seorang pembawa roll film bernama Joni (Nicholas Saputra) yang berusaha menepati janji yang dibuatnya untuk mengantarkan roll film tepat waktu kepada seorang wanita incarannya (Maria Renata). Namun sayangnya ia mendapatkan banyak rintangan di hari tersebut.

Film ini, pada zamannya termasuk film box office dan juga sempat memenangkan beragam penghargaan, lho.

Dari 9 film di atas, yang manakah film yang sudah kamu tonton dan jadi favoritmu?

Related posts

7 Rekomendasi Film Lucu Indonesia yang Mengocok Perut

5 Film Dokumenter Sejarah, Seru dan Wajib Ditonton!

Primaditya Riesta

Fakta Kehidupan Remaja di Jepang yang Jauh Berbeda dari Anime

Rostina Alimuddin

Leave a Comment