Image default
Life

Hati-hati, Beginilah 6 Bahaya Gaya Hidup Sok Kaya

Semua orang pasti mendambakan hidup kaya raya, bergelimang harta dan bisa memiliki semua hal yang diinginkan. Sayangnya tidak semua orang beruntung bisa berada pada posisi tersebut. Hingga akhirnya orang yang belum kaya malah mengikuti gaya hidup sok kaya. Orang yang demikian tidak benar-benar kaya, tetapi hanya merasa dirinya kaya dan berusaha memperlihatkannya pada orang lain.

Baca Juga: Tak Selalu Positif, Begini Cara Menghadapi Gaya Hidup Modern dengan Baik

Bergaya hidup sok kaya juga bisa muncul saat iri melihat kekayaan orang lain. Karena tidak bisa mewujudkan keinginan menjadi kaya, orang yang seperti itu biasanya akan meniru cara hidup orang lain yang menurutnya kaya. Padahal sikap dan perilaku meniru gaya hidup orang lain yang dianggap kaya itu bukan suatu hal yang baik. Ada banyak bahaya yang mengancam dan akhirnya bisa merugikan diri sendiri, seperti berikut ini.

1. Terlilit Utang

Gaya Hidup Sok Kaya Penyebab Terlilit Hutang
Source: Mommiesdaily.com

Orang yang bergaya hidup sok kaya akan mati-matian memperlihatkan pada orang lain bahwa dirinya orang yang mampu dan berkecukupan. Nyatanya, ia tidak memiliki kestabilan finansial untuk mencukupi semua itu. Pada akhirnya, orang yang mengikuti gaya hidup sok kaya akan meminjam uang dari mana saja demi bisa punya segalanya, mulai dari berutang hingga memakai kartu kredit tanpa perhitungan. Padahal keinginan tidak akan pernah habis jika terus dituruti hingga orang tersebut akan jatuh dalam jerat utang yang tidak ada akhirnya.

2. Mudah Stress hingga Depresi

Gaya Hidup Sok Kaya Bisa membawa pada depresi
Source: Alodokter.com

Bergaya hidup sok kaya padahal belum mampu tidak hanya akan berpengaruh terhadap kehidupan finansial. Mental dan kejiwaan juga akan turut merasakan bahaya dari gaya hidup yang demikian. Orang yang selalu memburu kemewahan tanpa sadar kemampuan dirinya akan lebih mudah stress jika keinginannya tidak tercapai. Ia akan terus dikuasai ambisi untuk terlihat lebih kaya dari orang lain. Apabila terus dibiarkan, orang tersebut akan mengalami depresi dan hidupnya menjadi tidak tenang.

3. Berada dalam Lingkungan Pertemanan yang Tidak Sehat

Sebagian besar orang yang menuruti gaya hidup sok kaya pasti memiliki sifat sombong dalam dirinya. Sekalipun kesombongan tidak pernah ditunjukkan secara nyata, namun tetap saja ada perasaan besar hati dalam dirinya. Tentu saja orang yang demikian tidak akan mendapatkan teman yang benar-benar tulus. Orang terdekatnya akan cenderung menjauh karena sikap sombongnya yang sangat mengganggu. Kalaupun ada teman yang mendekat, bisa jadi itu adalah orang yang hanya ingin memanfaatkan keadaan.

4. Tidak Pernah Merasa Puas dan Cukup

Banyak orang membayangkan pasti menyenangkan menjadi orang kaya karena bisa mendapatkan semua hal yang diimpikan. Nyatanya ketika seseorang benar-benar punya banyak uang, ia tidak akan pernah diliputi kepuasan meski bisa membeli barang-barang impiannya. Apalagi jika orang tersebut hanya berlagak sok kaya, sudah jelas akan semakin jauh dari kata cukup. Ketika menginginkan satu barang dan sudah terwujud, maka akan muncul keinginan lain. Begitu seterusnya sampai tidak sadar orang sok kaya menumpuk banyak utang.

Baca Juga: Ubah Gaya Hidup Hedonisme Dengan 7 Cara Ini

5. Masa Depannya Tidak Jelas

Gaya Hidup Sok Kaya membuat tak ada kejelasan masa depan
Source: Magazine.job-like.com

Gaya hidup sok kaya tidak hanya berdampak buruk bagi kehidupan di masa sekarang. Masa depan seorang yang mengikuti gaya hidup seperti itu juga dipastikan akan berantakan. Orang sok kaya tidak akan segan menghabiskan seluruh uangnya saat itu juga untuk memenuhi semua ambisinya. Bahkan ia tidak akan berpikir panjang untuk berutang. Orang semacam itu tidak akan punya kesempatan untuk memikirkan masa depan, termasuk soal menabung. Hal yang menjadi fokusnya hanya agar bisa terlihat berada tanpa tahu kemungkinan apa yang bisa terjadi di masa mendatang. Akibatnya, ia tidak punya tabungan dan jaminan di masa depan.

6. Lupa akan Tujuan Hidup

Idealnya, seseorang harus punya tujuan hidup agar apa yang dilakukannya lebih terarah serta waktu yang dimilikinya menjadi bermakna. Namun bagi orang yang bergaya hidup sok kaya, tujuan hidup bukan hal yang penting untuk dipikirkan bahkan cenderung terlupakan. Seluruh waktunya hanya habis untuk mengejar keinginan semu yang tidak ada ujungnya. Usianya hanya berlalu dengan tuntutan terhadap diri sendiri tanpa bisa menghasilkan manfaat apapun.

Melihat dari bahayanya yang begitu nyata, sebaiknya hindari gaya hidup sok kaya. Untuk alasan apapun, hidup sesuai dengan kemampuan diri akan jauh lebih baik. Kalau bermimpi menjadi orang kaya, lakukan usaha lebih dan bukan hanya melakukan jalan pintas agar terlihat kaya.

Related posts

Penting, Kenali Pengertian Toxic dan Ciri-cirinya Agar Bisa Menghindarinya

Risma Mualifa

Jangan Disepelekan, Ini Dia Manfaat Menerapkan Budaya Hidup Sehat

Penting! Kenali Makna, Dampak Serta Ciri-Ciri Pergaulan Sehat

Marsyaviani Darestuti