Image default

7 Cara Mulai Bisnis Untuk Pemula

Menjalankan bisnis dapat mempengaruhi kehidupan Anda dan kehidupan orang-orang di sekitar Anda secara signifikan. Dengan membuka bisnis anda juga dapat membantu pemerataan perekonomian terutama di daerah yang anda tempati. Namun sebelum Anda menjalankan sebuah bisnis, Anda perlu tahu dan mempelajari cara mulai bisnis.

Bagi seorang pemula memutuskan bagaimana cara memulai bisnis kecil saja akan menjadi momok yang menakutkan apalagi jika Anda belum pernah melakukan sebelumnya. Untungnya, banyak pengusaha yang mau membagi kisah dan tips untuk memulai sebuah bisnis.

Bahkan jika anda pelajari lebih dalam sebenarnya anda bisa memperoleh ilmu bisnis dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Karena bisnis bukan hanya tentang menghasilkan uang namun ada seni, strategi, dan strategi waktu didalamnya.

Nah bagi Anda yang merasa masih pemula bisa simak artikel ini tentang 7 cara mulai bisnis yang telah digunakan oleh pebisnis besar saat memulai bisnisnya. langkah-langkah ini dapat anda aplikasikan dalam bisnis Anda.

7 Cara Mulai Bisnis Untuk Pemula

Bagi anda yang merasa masih pemula dalam dunia bisnis ada beberapa cara yang bisa anda aplikasikan dalam semua usaha mulai dari bisnis jual beli, distributor hingga jasa. Berikut beberapa diantaranya.

1.   Menemukan Ide Bisnis

Langkah pertama untuk memulai bisnis adalah mencari tahu apa yang Anda inginkan untuk bisnis Anda. Menemukan ide bisnis kecil adalah tugas yang dapat Anda dekati secara sistematis anda dapat meriset kondisi pasar

Beberapa cara menemukan ide bisa anda dapatkan dengan melihat potensi yang ada mulai dari faktor dan lingkungan terkecil atau anda bisa melihat tren yang terjadi untuk menemukan peluang yang ada.

Pembatasan dan peraturan juga harus anda pahami untuk memulai bisnis. Karena negara kita adalah negara hukum, maka anda harus mematuhi hukum yang berlaku seperti contoh membuat Akte Perusahaan, IMB, SIUP, SITU, dan membayar pajak.

Baca Juga: 12 Jenis Usaha Kuliner Anak Muda Paling Laku!

2.   Menentukan Ide Produk atau Jasa

Langkah berikutnya adalah menentukan ide produk atau jasa yang dipasarkan oleh bisnis anda. Produk atau jasa pastikan sangat berkaitan dengan ide bisni yang telah anda dapatkan sebelumnya.

Secara tidak langsung produk atau jasa sangat berkaitan dengan riset peluang pasar yang anda dapatkan. Namun peluang tersebut harus anda olah lagi untuk menghasilkan produk atau jasa yang berbeda dari kompetitor lain.

Pada dasarnya bisnis yang memiliki produk berbeda akan lebih dicari daripada bisnis yang hanya menjual kualitas sedikit lebih baik. Maka dari itu memberikan efek pembeda pada produk atau jasa yang anda bangun dapat membantu meningkatkan minat beli calon customer anda.

Mulai Bisnis untuk Pemula

3.   Menentukan Jenis Bisnis

Anda harus mengerti apa yang menjadi kebutuhan bisnis anda sesuai dari jenis bisnis yang anda lakukan. Antara bisnis online dan bisnis offline pasti rules and tools yang diperlukan juga sangat berbeda. Jadi 2 hal ini harus anda tentukan terlebih dahulu.

Misalnya anda memilih untuk berbisnis offline maka anda perlu meriset pasar, mencari harga pasaran, mencari kompetitor serta mendapatkan lokasi yang stratefis. Strategi yang baik akan menghasilkan bisnis yang setle dan siap bersaing dipasaran

Sedangkan untuk bisnis online anda harus menentukan platform yang digunakan, strategi promosi, packing dan juga pengiriman. Karena dengan perencanaan jenis bisnis yang dilaksanakan dengan baik akan dapat memberikan hasil yang maksimal.

4.   Membuat Mind Mapping Bisnis

Dengan membuat mind mapping anda dapat menentukan arah kemana bisnis anda mau dibawa. Hal ini sekaligus menetapkan track dari bisnis yang akan anda jalankan. Dengan begitu anda dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Mind mapping sendiri sifatnya tidak mutlak, sifat fleksibel ini yang akan membuat bisnis anda dapat berkembang bahkan mengikuti perkembangan zaman dan trend terkini yang bisa berubah kapan saja.

Mind mapping juga dapat menjadi motivasi dan tujuan bagi usaha anda, dengan limit dan batasan tersebut anda dapat menentukan target yang harus bisnis anda capai tiap periodenya. Bahjan mind mapping juga dapat membantu anda menentukan time size pada setiap periode mind mapping yang anda buat.

5.   Tingkatkan wawasan dan skill

Saat anda menjalankan sebuah bisnis alangkah baiknya anda sering membaca dan mengikuti seminar atau pelatihan. Hal-hal tersebut sangat berguna bagi anda untuk menjalankan bisnis anda. Karena dengan membaca selain meningkatkan wawasan juga dapat membantu anda berinovasi.

Karena jaman selalu berkembang tren di pasar juga pasti berubah. Dengan begitu wawasan yang luas akan sangat membantu bisnis anda. Skill yang anda miliki juga dapat membantu bisnis anda. Beberapa bisnis bahkan wajib anda kuasai.

Seperti halnya bisnis leadership atau kepemimpinan untuk membantu menjalankan bisnis anda, vinance yang harus anda pelajari untuk membaca cashflow, dan marketing sebagai pemasaran. Wawasan dan skill yang meningkat akan memotivasi anda untuk meningkatkan bisnis pada level berikutnya.

6.   Branding

Hal penting selanjutnya untuk mulai bisnis adalah branding. Branding sendiri tidak mencakup beberapa aspek seperti nama, logo, tag line, hastag, produk, pelayanan dan masih banyak lagi. Dimana satu aspek dan lainnya adalah saling terhubung.

Branding juga sangat berhubungan erat dengan pemasaran dan promosi. Makadari itu tidak heran produk yang bagus tidak akan laris jika tidak memiliki pemasaran maupun promosi yang mendukung. Bahkan perusahaan besar rela menggelontorkan dana ratusan juga hanya untuk biaya promosi.

Branding sendiri menjadi image atau gambaran dari sebuah bisnis yang terlihat dari kualitas produk dan pelayanan yang diberikan. 2 hal ini akan sangat mempengaruhi besar kecil dari omset yang didapatkan.

Branding penting untuk pebisnis pemula

7.   Riset Kompetitor

Tidak lupa cara mulai bisnis yang berikutnya adalah meriset kompetitor. Apa yang membuat kompetitor teteap bertahan, apa inovasi yang ada pada kompetitor, dan strategi apa yang kira-kira digunakan kompetitor bisa menjadi dobrakan untuk bisnis and.

Maka dari itu meriset kompetitor yang memiliki produk atau jasa serupa dengan bisnis anda akan sangat mempengaruhi bisnis anda. Inovasi dapat anda lakukan untuk menjaga posisi anda tetap diatas.

Anda juga dapat mengantisipasi persaingan harga dan kualitas dari kompetitor dengan memberikan pembeda pada produk atau jasa yang anda pasarkan degnan sedikit perbedaan akan menambah daya tarik tersendiri sehingga akan meningkatkan peluang keberhasilan bisnis anda.

Ternyata Cara Mulai Bisnis Tidak Sesulit Yang Dibayangkan

Dengan mengikuti beberapa cara diatas anda akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Namun treatment yang anda berikan pada setiap langkah akan sangat menentukan jalannya bisnis anda. Keuletan, ketekunan, Ketelitian dan pantang menyerah menjadi kunci dari setiap proses mulai bisnis

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Ini Dia Manfaat Menerapkan Budaya Hidup Sehat

Seluruh cara mulai bisnis diatas dapat anda aplikasikan pada bisnis apapun, namun setiap bisnis memiliki cara tersendiri yang harus anda temukan sebagai karakteristik perusahaan anda. Semakin baik kualitas dan pelayanan yang diberikan akan membantu bisnis anda berada semakin di atas.

Related posts

Dampak Globalisasi yang Tidak Baik bagi Anak Muda adalah Sebagai Berikut

Risma Mualifa

12 Jenis Usaha Kuliner Anak Muda Paling Laku!

Rostina Alimuddin

Tips Meraih Work Life Balance agar Hidup Lebih Meaningful

Rostina Alimuddin