Gaya Remaja

Para Army Wajib Nonton 4 Film Dokumenter BTS

Film Dokumenter BTS
Source: Filmdaily.co

Korean Wave yang terus melanda seluruh penjuru dunia memang tak pernah ada habis-habisnya. Boyband asal Korea Selatan yaitu BTS menjadi boyband yang berhasil mendunia dan mampu bersaing dengan jajaran artis Hollywood lainnya. Tak hanya lewat dance, lagu dan musiknya saja. Film dokumenter BTS juga berhasil meraih kesuksesan lewat beragam penghargaan dan rekor yang dipecahkannya.

Fans BTS yang dikenal dengan sebutan Army ini tentu semakin berada di puncak kebahagiaan. Bagaimana tidak, selain dimanjakan dengan lagu-lagu hits, mereka pun kembali diberikan kejutan lewat film dokumenter dari idolanya tersebut. Bagi yang belum menonton, berikut ini kami bagikan 4 film dokumenter dari BTS yang wajib kamu tonton.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

1. Burn the Stage (2018)

Burn the Stage Film Dokumenter BTS

Film dokumenter pertama dari BTS ini bertajuk Burn the Stage dan dikeluarkan pada tahun 2018 silam. Burn the Stage sendiri merupakan film dokumenter musik pertama dari grup BTS dan digarap langsung oleh Jun Soo Park.

Film ini sendiri memiliki durasi waktu sebanyak 84 menit. Di dalamnya kamu akan melihat penampilan BTS saat melakukan tur konser keempat mereka yaitu The Wings Tour. Karena menjadi film dokumenter pertama maka tak heran jika para Army di seluruh dunia begitu antusias dengan film dokumenter yang satu ini.

Ternyata, terdapat fakta menarik juga loh di dalam penggarapan film dokumenter ini. Di dalam episode 4 Burn The Stage, terlihat adanya pertengkaran antara Jin dan juga V. Mereka sempat beradu mulut selang beberapa menit penampilan panggung mereka dimulai. Beruntungnya, permasalahan antara Jin dan V berhasil terselesaikan lewat diskusi di grup mereka. Taehyung bahkan sampai harus menangis saat berbicara dengan Jin. Episode Burn The Stage ini memang sangat menguras emosi para Army.


Selain fakta yang menguras air mata, di dalam film dokumenter ini, Suga ternyata juga mengakui bahwa dirinya tak pernah ingin menjad idol yang seterkenal sekarang. Suga mengungkapkan bahwa sebenarnya ia hanya ingin membuat lagu dan menghasilkan lagu saja tanpa harus menjadi setenar saat ini. Akan tetapi, setelah melihat antusias dari para Army serta telah menghabiskan banyak waktu bersama rekan-rekannya, Suga pun mulai mengubah pikirannya tersebut.

Baca Juga: Rekomendasi Drama Korea Tentang Bisnis

2. Love Yourself in Seoul (2019)

Love Yourself in Seoul

Film dokumenter BTS selanjutnya ialah Love Yourself in Seoul. Film dokumenter ini sendiri berfokus pada konser BTS yang diadakan di Seoul Olympic Stadium pada bulan Agustus tahun 2018 lalu. Love Yourself in Seoul kemudian ditayangkan secara serentak pada tanggal 26 Januari tahun 2019.

Selama penayangannya, film dokumenter ini mampu meraup 1,2 juta penonton dan berhasil mendapatkan keuntungan hingga $11, 7 juta di seluruh dunia. Di tanah air sendiri, film dokumenter bertajuk Love Yourself in Seoul ini ditayangkan selama satu hari saja di CGV dan juga Cinemaxx.

Dalam proses pembuatannya, Big Hit Entertainment juga bekerjasama dengan pihak CGV dengan menggunakan 42 kamera selama pembuatan produksi film dokumenter ini. Saat menyaksikan film dokumenter ini kamu juga akan merasakan sensasi menonton konser secara langsung. Banyaknya Army yang membawa lightstick semakin membuat atmosphere konser terasa sangat nyata.

Selama pemutarannya, ternyata Love Yourself in Seoul juga sempat dilarang tayang di Rusia. Beberapa kelompok di Dagestan, Rusia menganggap jika isi dari film dokumenter ini mengandung unsur homoseksual. Atas alasan ini, mereka menentang Love Yourself in Seoul untuk ditayangkan.

Saat itu, hampir semua bioskop di Dagestan telah menjual lebih dari 800 tiket, akan tetapi karena adanya pelarangan ini, para Army pun batal untuk menyaksikannya di bioskop. Pada akhirnya, para Army memilih pergi ke bioskop lain di luar daerah Dagestan demi menonton film dokumenter ini.

3. Bring the Soul (2019)

Bring the Soul Satu film dokumenter BTS yang menarik

Sukses dengan Love Yourself in Seoul, BTS kembali memanjakan para Army di seluruh dunia dengan film dokumenter terbarunya di 2019 yaitu Bring the Soul. Film dokumenter ini kembali digarap oleh sutradara Jun Soo Park.

Berbeda dengan film dokumenter sebelum-sebelumnya, di dalam Bring the Soul, penonton akan melihat lebih banyak dan lebih dalam lagi tentang kisah dibalik layar dari BTS. Selama pemutaran film, para Army akan melihat para personil bercerita tentang pengalaman mereka selama menjadi anggota boy band BTS. Bring the Soul sendiri telah tayang di 110 negara di seluruh dunia. Hanya dengan rentang waktu selama satu minggu sejak tanggal tujuh hingga sebelas Agustus tahun 2019 silam.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

4. Break the Silence (2020)

Break the Silence

Di tahun 2020, grup BTS kembali memberikan kejutan kepada para fansnya dengan meluncurkan film dokumenter keempat mereka yang bertajuk Break the Silence. Break the Silence menampilkan berbagai macam adegan behind the scene dari BTS selama melakukan tur konser ketiganya yaitu Love Yourself World Tour.

Para Army tentu tahu betul jika konser bertajuk Love Yourself World Tour ini menampilkan performa spektakuler dari grup BTS. Tak hanya itu saja, konser tersebut juga mampu mengundang jutaan Army. Tak tanggung-tanggung, film dokumenter BTS yang satu ini berhasil meraih penghargaan Film Dokumenter Musik Terbaik di ajang MTV Movie & TV Awards di tahun 2021.


Di dalam film dokumenter Break the Silence ini sendiri bercerita tentang kehidupan para anggota BTS selama melakukan tur konser. Baik di atas panggung maupun saat berada di balik layar. Film dokumenter keempat dari BTS ini lagi-lagi digarap oleh sutradara Park Jun Soo. Di produksi langsung oleh Big Hit Three Sixty yang merupakan anak perusahaan dari Big Hit. Para personel BTS di film dokumenter kembali mencurahkan kisah pribadinya yang belum pernah mereka ungkapkan sebelumnya.

Baca Juga: 7 Film India Terbaik Sepanjang Masa

Beberapa fakta menarik dari film dokumenter Break the Silence ini di antaranya ialah berhasil menjadi film dokumenter yang ditayangkan di lebih dari 70 negara di seluruh dunia. Tingginya antusias dari para Army, pihak Big Hit pun melakukan penambahan pemutaran film di sekitar 40 wilayah. Daftar wilayah tersebut kemudian dirilis sejak tanggal 7 Agustus 2020 di mana Indonesia masuk pada daftar tayang yang diagendakan pada tanggal 5 November 2020.

Nah, demikianlah ulasan tentang 4 film dokumenter BTS beserta fakta-fakta menarik di dalamnya. Semoga tahun depan para Army di seluruh dunia diberikan kejutan lagi lewat film dokumenter ke 5 dari BTS. Bagi para Army yang sudah menonton keempat film dokumenter ini, kira-kira film dokumenter mana nih yang paling berkesan?



Related posts

Rekomendasi 7 Film Barat Romantis Terbaik. Awas Baper!

Marsyaviani Darestuti

Sinopsis Into The Night, Serial Favorit di Netflix

Risma Mualifa

7 Rekomendasi Film Mafia Terbaik yang Seru dan Menegangkan!

Marsyaviani Darestuti