Gaya Remaja

Wajib Tahu! Ini Dia Ciri Makeup Kadaluarsa!

Ciri Makeup Kadaluarsa

Pernahkah kamu memperhatikan label kadaluarsa yang terdapat pada kemasan produk makeup yang dimiliki? Jika kamu memiliki produk makeup yang sudah lama tersimpan maka cobalah untuk mengecek tanggal kadaluarsanya sebelum digunakan. Selain melihat periode kadaluarsanya, umumnya terdapat beberapa ciri makeup kadaluarsa yang sangat berbahaya untuk digunakan lagi.

Perubahan warna, tekstur hingga aroma yang berbeda adalah beberapa ciri utama makeup yang sudah tidak bisa digunakan lagi. Oleh sebab itu, pastikan untuk benar-benar mengecek periode kadaluarsa pada setiap produk makeup yang kamu miliki sebelum menggunakannya. Menggunakan kosmetik kadaluarsa akan sangat berisiko pada kesehatan kulit wajah kamu.

Tekstur Menggumpal dan Mengeras

Jika kamu memiliki kosmetik dengan tekstur yang sudah menggumpal dan mengeras maka dapat dipastikan jika produk tersebut telah kadaluarsa. Salah satu ciri kosmetik yang sudah tidak layak pakai ialah munculnya tekstur yang keras dan menggumpal pada permukaan kosmetik.

Baca Juga: Tips Make Up Wisuda Hijab untuk Tampil Sempurna di Hari Spesial

Beberapa produk kosmetik yang umumnya akan menghasilkan tekstur yang keras dan menggumpal saat expired ialah maskara dan eyeliner. Maskara dan eyeliner sendiri hanya memiliki masa pakai sekitar tiga hingga enam bulan lamanya semenjak produk pertama kali digunakan. Jadi, saat menemui produk kosmetik yang sudah menggumpal dan mengeras, segeralah membuangnya saja. Jika dibiarkan terlalu lama, kosmetik juga akan menjamur dengan sendirinya.

Aroma yang Mulai Berubah

Ciri makeup kadaluarsa
Source: Lampung.tribunnews.com/

Ciri makeup kadaluarsa selanjutnya ialah munculnya aroma yang aneh dari produk kosmetik tersebut. Jadi, selain tekstur makeup yang berubah, aroma kosmetik pun dapat berubah saat mencapai masa expirednya. Umumnya, bau yang ditimbulkan lumayan agak menyengat sehingga akan sangat menganggu indra penciuman.

Jika kamu sensitif terhadap bau-bauan maka kamu akan lebih mudah mengenali produk kosmetik yang sudah kadaluarsa. Lipstik dan foundation termasuk jenis produk yang sangat rentan mengalami perubahan aroma saat mencapai masa kadaluarsa.

Para wanita yang gemar touch up menggunakan lipstik dan foundation pasti paham betul dengan jenis aroma khas lipstik dan foundation yang masih layak untuk digunakan. Umumnya, lipstik sendiri memiliki jangka waktu expired selama satu tahun sejak produk dibuka.

Begitu halnya dengan foundation berbahan air yang juga mampu bertahan selama satu tahun. Sedangkan produk foundation dengan bahan oil memiliki masa waktu kadaluarsa yang lebih lama yaitu hingga dua tahun lamanya.

Terasa Lengket

Beberapa produk makeup yang juga sudah mencapai titik expired cenderung lebih lengket saat digunakan. Lip gloss termasuk jenis produk kosmetik yang akan menggumpal disertai rasa lengket ketika telah memasuki masa kadaluarsanya.

Tak hanya itu saja, lip gloss yang sudah kadaluarsa juga cenderung menggumpal sehingga akan sangat sulit menempel pada area bibir.

Warna yang Memudar dan Samar

Jika kamu menemukan produk makeup yang sudah berubah warna dari sebelumnya maka berhati-hatilah, pasalnya kosmetik yang sudah memudar menandakan produk tersebut telah memasuki masa expired. Tentu saja, kosmetik yang telah berubah warna akan sangat berbahaya jika diaplikasikan pada kulit wajah.

Saat memiliki produk kosmetik yang mulai menghitam maka ada baiknya untuk segera menggantinya dengan yang baru. Blush on dan eyeshadow adalah dua jenis kosmetik yang akan mengalami perubahan warna saat telah memasuki masa expired. Kedua kosmetik ini juga umumnya hanya mampu bertahan selama dua tahun saja.

Baca Juga: 6 Aplikasi Make Up Pria untuk Hasil Foto Menarik

Timbul Iritasi Setelah Memakainya

Ciri kosmetik kadaluarsa
Source: Wowkeren.com

Ciri makeup kadaluarsa yang terakhir bisa dilihat sekaligus dirasakan langsung saat digunakan pada wajah. Saat mengaplikasikan makeup expired ini maka wajah kamu akan merasa tak nyaman sekaligus gatal dalam waktu yang bersamaan.

Efek gatal dan tak nyaman ini pada dasarnya diakibatkan oleh bakteri yang terkandung di dalam produk kosmetik yang sudah kadaluarsa. Jika penggunaan terus berlanjut akibat ketidaktahuan atau kurangnya pengetahuan tentang masa kadaluarsa produk maka wajah kamu pun akan mengalami iritasi.

Nah, demikianlah informasi mengenai ciri makeup kadaluarsa di dalam artikel ini. Untuk menghindari penggunaan kosmetik expired entah karena tidak sadar atau memang tidak mengerti soal masa kadalurasa pada setiap produk kosmetik, maka ada baiknya jika kamu mengecek label kadalurasa pada box produk makeup lebih dulu saat pertama kali memakainya. Catatlah tanggal kadaluarsa yang tertera sebelum membuang box kosmetik yang telah kamu beli.



Related posts

Kenali Perbedaan Tone Up Cream dan Moisturizer, Jangan Sampai Tertukar!

Rostina Alimuddin

Harga Perlengkapan Make Up Lengkap Murah, Cocok untuk Kantong Mahasiswi

Risma Mualifa

6 Rekomendasi Catokan Rambut Bikin Makin Stylish

Rostina Alimuddin