Gaya Remaja

9 Urutan Pemakaian Skincare Malam Agar Wajah Glowing

Urutan Skincare Malam
Source: Upcirclebeauty.com

Memakai skincare merupakan rahasia wanita untuk menjaga kecantikan kulit. Kadang, wanita memerlukan produk perawatan yang lebih banyak untuk mendapatkan wajah cantik nan glowing. Namun banyaknya produk yang harus digunakan seringkali membuat wanita kebingungan mengenai urutan pemakaiannya. Apa lagi pemakaian skincare tidak hanya dilakukan saat pagi hari saja, tetapi juga malam hari. Bagaimana urutan pemakaian skincare malam yang tepat agar produk tersebut dapat bekerja secara maksimal.

Penggunaan skincare malam tentu berbeda dengan skincare pagi, ada beberapa langkah dan urutan yang perlu dilakukan dalam penggunaan skincare malam. Kali ini, Gayaremaja.com akan membantu Anda dalam menjalankan urutan skincare malam.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Urutan Pemakaian Skincare Malam

Pembersih Wajah

Untuk menjaga agar wajah bebas dari berbagai masalah kulit, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah menghapus riasan wajah dan cuci muka dengan sabun khusus wajah. Tahap ini penting agar produk perawatan kulit yang digunakan nanti dapat diserap oleh kulit wajah dengan baik karena kulit harus bersih dari kotoran dan minyak.

Toner

 

Setelah dibersihkan, Anda dapat mengaplikasikan toner untuk menghidrasi dan meremajakan kulit sehingga terasa lebih lembab. Sebenarnya toner tidak termasuk produk wajib untuk skincare malam. Jadi Anda dapat menyesuaikannya dengan kondisi wajah.


Serum

 

Serum juga termasuk skincare opsional. Pada dasarnya, serum merupakan suntikan nutrisi, antioksidan, dan hydrator yang membantu meningkatkan kesehatan kulit sehingga dapat mencapai kondisi wajah yang diharapkan. Untuk rangkaian skincare malam, sebaiknya pilihlah serum yang mengandung asam hialuronat.

Kandungan tersebut berfungsi menarik air dari udara agar masuk ke dalam kulit sehingga kulit tetap terhidrasi selama Anda tidur. Tujuan pemakaian serum di tahap ini adalah menyiapkan kulit agar lebih lembab sebelum menggunakan produk perawatan kulit lainnya misalnya perawatan untuk jerawat atau produk antiaging.

Krim Mata

 

Setelah memakai serum, Anda dapat memakai krim mata. Produk perawatan ini memiliki kandungan dan tekstur yang lebih ringan dari pelembab wajah sehingga memang sebaiknya dioleskan sebelum mengaplikasikan krim malam. Pilihlah krim mata yang ringan untuk menghidrasi dan memperbaiki kulit terluar serta bagian bawah mata.

Perawatan Untuk Spot Tertentu

 

Wanita biasanya menerapkan perawatan spot bila terjadi masalah di wajah misalnya bintik hitam, bekas luka, atau timbulnya jerawat. Melakukan perawatan ini di malam hari dapat membantu mengatasi masalah tersebut karena malam hari adalah waktu di mana kulit bekerja keras untuk meregenerasi sel dan memperbaiki dirinya. Tetapi jika Anda sudah mengaplikasikan toner yang memiliki kandungan untuk menangkal jerawat atau akan mengaplikasikan retinol, bagian perawatan ini dapat dilakukan di pagi hari agar kulit wajah tidak mengalami iritasi.

Pelembab

 

Urutan pemakaian skincare malam berikutnya adalah mengaplikasikan pelembab. Produk ini wajib digunakan saat malam hari karena pelembab inilah yang melindungi lapisan terluar kulit. Selain menjaga kulit tetap terhidrasi, pelembab juga membantu menahan produk-produk di bawahnya supaya bekerja lebih efektif.

Pelembab berperan sebagai mode perbaikan di malam hari untuk memperbaiki kerusakan sel-sel kulit sekaligus mengoptimalkan proses regenerasi kulit. Untuk itu, pilihlah pelembab malam yang mengandung unsur-unsur penting untuk kulit seperti lipid, asam hialuronat, dan protein. Anda juga dapat menggunakan retinol maupun krim malam anti aging dengan dosis retinoid yang telah diencerkan sehingga lebih mudah diterima oleh kulit, khususnya kulit sensitive.

Retinol

Gunakan retinol dalam urutan skincare malam
Source: Medicinenet.com

 

Retinol merupakan turunan vitamin A yang dapat meresap ke dalam kulit. Kandungan tersebut akan membantu mempercepat proses pergantian sel sehingga kulit menjadi lebih halus, lebih segar, dan mencegah penuaan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, retinoid memerlukan waktu 4-6 bulan pemakaian secara rutin. Retinol dapat memicu pengelupasan sel dan produksi kolagen yang efektif memudarkan bintik hitam, mencegah jerawat, mengecilkan pori-pori, dan mencerahkan kulit.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Face Oil

 

Selanjutnya, Anda dapat mengaplikasikan Face Oil. Produk ini bersifat oklusif yakni mengikat bahan dan kelembapan produk-produk skincare yang telah diaplikasikan ke wajah sehingga tidak cepat menguap. Beberapa jenis face oil seperti jojoba oil dan rose hip oil dapat mengurangi minyak pada kulit yang rentan berjerawat.

Krim Malam atau Sleeping Mask

 

Krim malam merupakan tahap terakhir yang dapat diaplikasikan untuk wajah. Sementara itu sleeping mask dapat mengunci semua produk skincare sebelumnya. Masker ini juga mengandung bahan pelembab yang ringan.


Demikian Urutan pemakaian skincare malam. Pada dasarnya aturan praktis untuk mengaplikasikan produk perawatan kulit adalah mengaplikasikan produk yang paling ringan dulu baru kemudian yang terberat diaplikasikan paling akhir. Alasannya, produk yang lebih tipis akan kesulitan menembus produk yang lebih berat.



Related posts

Apa itu Ombre Lips dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Rostina Alimuddin

Cara Membuat Masker Beras, Bikin Kulit Wajah Sehat dan Memesona

Marsyaviani Darestuti

Anti Aging Adalah: Kandungan dan Waktu yang Tepat untuk Memakai

Linda Arista