Gaya Remaja

Cara Jitu Meningkatkan Skill untuk Anak Muda

Cara Meningkatkan Skill untuk Anak Muda
Source: Pexels.com

Tahukah kamu, meningkatkan skill untuk anak muda dapat berpengaruh terhadap banyak hal? Skill merupakan sesuatu yang wajib diasah, terutama pada generasi muda seperti kamu. Jika kamu bertanya pada orang tuamu, yang terpenting pada zaman dahulu adalah gelar.

Berbeda dengan sekarang, walaupun gelar kamu cukup tinggi, jika tidak memiliki skill pastinya sangat sulit untuk bertahan pada sebuah bidang. Pada dasarnya, skill sendiri ada dua macam yaitu hard skill dan soft skill dimana keduanya bisa diasah dan ditingkatkan.

Baca Juga: 7 Tips Karir Fresh Graduate, Agar Tidak Salah Memilih Pekerjaan

Meningkatkan Skill untuk Anak Muda

Sayangnya masih banyak yang belum tahu bagaimana cara mengasah skill yang kamu miliki. Untuk itu, artikel ini akan nunjukin ke kamu beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa tingkatkan skill yang kamu miliki. Berikut beberapa diantaranya:

1. Berdamai dengan Diri

Berdamai dengan diri menjadi cara untuk meningkatkan skill anak muda
Berdaai dengan diri

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berdamai dengan diri, maksudnya bagaimana? Terkadang masih banyak orang yang merasa malu atas apa yang tuhan berikan kepadanya. Padahal dibalik itu semua pastinya ada hal positif yang bisa kamu tonjolkan.

Dengan menerima semua kekurangan dan mengasah kemampuan yang kamu miliki, itu juga sudah termasuk berdamai dengan diri. Pada dasarnya konsep ini mengharuskan kamu mencari apa yang paling kamu benci pada dirimu dan membuatnya menjadi sebuah kelebihan dengan caramu sendiri.


2. Mencari Passion atau Ketertarikan Akan Sebuah Bidang

Cara kedua yang bisa kamu lakukan dalam meningkatkan skill untuk anak muda, adalah dengan mencari tahu minat/passion/ketertarikan pada sebuah bidang. Saat kamu memiliki ketertarikan akan sesuatu, akan lebih mudah dan menyenangkan untuk mencari tahu dan belajar mengenai hal tersebut.

Berani memulai mencari pengalaman baru dengan hal yang disukai, pastinya akan membuat skill yang kamu miliki pada bidang tersebut semakin terasah. Membuat rencana dan aturan pribadi bisa menjadi salah satu acuan untuk kamu terus berkembang.

3. Mencari Circle (Lingkungan) yang Mendukung

Lingkungan pastinya merupakan salah satu aspek paling penting dalam meningkatkan skill untuk anak muda. Sebagai pemuda yang ingin berubah, kamu harus berani mengambil sikap untuk mencari sebuah lingkungan yang mendukung.

Kamu sudah harus mulai selektif dalam memilih pertemanan, bukan berarti membuang teman yang tidak sejalan. Namun pastikan kamu memiliki circle yang mendukung untuk skill yang akan kamu tingkatkan. Contohnya adalah bergabung pada sebuah komunitas sesuai bidang yang ingin kamu asah.

4. Menikmati Setiap Proses yang Kamu lalui

Dalam meningkatkan skill untuk anak muda, pastikan kamu menikmati setiap proses yang kamu lalui. Karena pada dasarnya untuk menjadi ahli pada sebuah bidang atau skill, kamu harus melakukan kegiatan yang sama berulang kali atau lebih kamu kenal dengan berlatih.

Hal tersebut pastinya akan mendatangkan rasa bosan pada suatu titik. Maka dari itu kamu harus memperkuat motivasi yang kamu miliki dalam meningkatkan skill tersebut. Sehingga kamu dapat berkembang dari waktu ke waktu, walaupun jalan yang akan kamu lalui tidaklah gampang.

5. Mengikuti Seminar ataupun Pelatihan

Mengikuti Seminar untuk meningkatkan skill untuk Anak Muda
Mengikuti Seminar

Bagi kamu yang ingin meningkatkan skill untuk anak muda, mengikuti seminar dan pelatihan adalah cara yang paling tepat, karena selain mendapatkan pengetahuan baru akan skill yang kamu asah, seminar maupun pelatihan akan memberikan peluang mendapatkan network atau koneksi yang lebih besar

Dengan mengatur waktu yang baik (time management), kamu bisa mengikuti seminar maupun pelatihan tanpa mengganggu aktivitas rutin yang kamu miliki. Semakin luas wawasan terhadap skill yang ingin kamu asah, akan semakin memunculkan peluang dan kesenangan baru.

6. Belajar Berkomunikasi yang Baik

Komunikasi merupakan cara terbaik untuk mencari informasi. Terutama untuk meningkatkan skill untuk anak muda, dengan berkomunikasi kamu juga bisa menambah relasi dengan cara yang lebih baik.

Ada beberapa jenis komunikasi yang wajib kamu kuasai seperti berbahasa, public speaking, leadership, dan negosiasi. Dimana dengan mempelajari jenis komunikasi ini kamu akan lebih mudah mencari dan mendapatkan informasi.

Baca Juga: 6 Prospek Kerja Akuntansi dengan Gaji Menggiurkan

7. Menerima Kritik dan Saran Membangun

Tidak ada salahnya kamu bertanya dan meminta kritik membangun kepada orang yang lebih dulu terjun atau lebih mengerti bidang yang akan kamu asah. Karena pada dasarnya seseorang tidak mampu atau tidak menyadari kekurangan yang dimiliki saat meningkatkan sebuah skill.

Maka dari itu kamu juga harus terbiasa serta menghargai semua kritik maupun masukan selama itu dapat membantu kamu mengasah skill yang kamu miliki. Namun pastikan untuk selalu memfilter dan tidak menelan mentah mentah saran yang masuk dari orang lain.


Nah, itu dia 7 cara meningkatkan skill untuk anak muda yang bisa segera kamu terapkan! Selain bisa mempermudah kamu dalam memperoleh pekerjaan, kamu juga bisa turut membantu perkembangan ekonomi negara.



Related posts

Trik Belajar Digital Marketing Bagi Pemula

Marsyaviani Darestuti

Berkenalan Dengan 7 Politikus Muda Indonesia

Marsyaviani Darestuti

Yuk, Pahami Apa Itu Soft Skill serta Contoh dan Pentingnya

Linda Arista