Image default
Psikologi

Manfaat dan Cara Bersyukur Kepada Allah Atas Nikmat Dari-Nya

Dapat hidup sehat, memiliki keluarga yang utuh, rezeki yang berkecukupan ataupun hidup di lingkungan yang suportif, mungkin hanya beberapa hal kecil yang ternyata adalah nikmat yang Allah SWT berikan untuk hambanya. Atas segala nikmat-Nya tersebut, kita sudah sepatutnya menerapkan cara-cara bersyukur kepada Allah berikut ini.

Cara Bersyukur

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai tanda rasa syukurmu atas segala hal yang kamu miliki dan yang telah Allah SWT berikan di dalam hidupmu, yaitu:

1. Mengucap Alhamdulillah

Membaca Hamdalah menjadi cara kita bersyukur

Cara bersyukur kepada Allah SWT yang paling mudah dan bisa langsung kamu terapkan ketika mendapatkan nikmat dari Allah SWT adalah dengan menggunakan lisan, dengan menyebut Alhamdulillah yang memiliki arti segala puji bagi Allah.

Baca Juga: 10 Kondisi Psikologi Pria Setelah Putus, Kamu yang Mana?

2. Selalu mengingat Allah SWT

Cara Bersyukur dengan selalu mengingat Allah

Apapun yang terjadi dalam hidupmu, sebisa mungkin terimalah dan syukuri hal tersebut, baik itu kebahagiaaan ataupun kesulitan yang kamu alami. Ketika kamu merasakan suatu hal yang membahagiakan seperti bisa membeli barang yang kamu inginkan, ataupun ketika kamu kehilangan sesuatu yang penting bagimu, sudah sepatutnya kamu harus terus selalu mengingat Allah SWT.

Ingatlah segala kenikmatan yang telah Allah SWT berikan dalam hidupmu, dengan begitu, kamu akan lebih mudah bersyukur atas segala hal yang kamu miliki dan yang telah kamu lalui. Selain itu, selama hamba-Nya terus mengingat-Nya, Allah SWT pun akan selalu mengingatnya.

3. Bersyukur dengan hati

Selalu Bersyukur dengan Hati

Bukan hanya dengan lisan, bersyukur juga bisa kamu lakukan dengan hatimu. Caranya dengan meyakini betul bahwa segala yang kita miliki di dunia ini adalah karunia dan nikmat dari Allah SWT.

Dengan kesadaran tersebut, hati kita pun akan senantiasa tenang di dalam hidup. Tidak akan ada lagi rasa khawatir dan juga takut kehilangan nikmat tersebut. Karena kamu yakin bahwa nikmat tersebut hanyalah titipan dari Allah SWT dan sewaktu-waktu Allah SWT pun bisa mengambilnya kembali.

4. Berbagi dengan yang membutuhkan

Selalu Berbagi dengan yang membutuhkan

Salah satu ciri orang yang bersyukur adalah bila mendapat kelimpahan rezeki dari Allah SWT, mereka akan berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan. Ini karena mereka selalu mengingat bahwa dalam rezeki yang mereka dapat, terdapat hak orang lain yang membutuhkan.

Bila kamu mendapatkan rezeki, sebaiknya jangan lupakan untuk selalu rutin bersedekah. Bukan hanya jadi tanda bersyukurmu saja, tapi ini juga akan membuatmu lebih bahagia, karena dapat membuat orang yang membutuhkan ikut merasakan apa yang kamu rasakan.

5. Qana’ah atau merasa cukup

Qanaah

Tidak jarang, orang yang tidak bersyukur akan terus serakah dan tidak pernah merasa cukup atas segala nikmat yang sudah dimilikinya. Padahal, Qana’ah atau merasa cukup ini jadi salah satu cara bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan-Nya, lho.

Baca Juga: Konsultasi ke Klinik Psikologi UI, Kayak Apa Sih?

Selain itu, pastikan kita bukan termasuk orang yang suka membandingkan kenikmatan diri sendiri dengan apa yang diperoleh orang lain. Karena pada dasarnya, setiap orang tentu punya rezekinya masing-masing, dan kita harus bersyukur akan hal itu.

6. Melaksanakan perintah Allah SWT

Cara Bersyukur denganSelalu menjalankan perintah Allah

Cara lain yang jadi tanda kalau kita bersyukur atas nikmat yang kita rasakan, yaitu dengan selalu melaksanakan perintah Allah SWT. Orang yang bersyukur akan selalu ingat kalau apa yang ia miliki saat ini hanyalah titipan dari Allah SWT, dan hanya Allah SWT lah yang akan mencukupi hidupnya. Karena itulah, ia tentu akan selalu ingat untuk melaksanakan setiap perintah Allah SWT, dan menjauhi segala yang dilarang.

7. Mengucap puji-pujian untuk Allah SWT

Selalu mengucap puji-pujian Sebagai cara bersyukur kepada Allah

Rasa bersyukur juga harusnya dibarengi dengan seringnya kita mengucap puji-pujian atau kata-kata indah untuk-Nya, yang telah memberikan kita nikmat dan karunia tersebut. Kamu dapat membaca tasbih, takbir ataupun tahmid, di mana baca-bacaan tersebut erat kaitannya dengan rasa syukur.

Manfaat Bersyukur

Manfaat bersyukur pada Allah SWT atas nikmatnya adalah, hidup kita menjadi lebih berkah. Kita yang berkecukupan atau merasa telah cukup dengan rezeki yang diberikan-Nya, tentu akan memunculkan rasa ingin berbagi dan memberi manfaat bagi orang lain. Inilah salah satu hal yang dapat membuat hidup kita jadi lebih berkah.

Dengan bersyukur, kita pun akan terhindar dari segala penyakit hati, seperti iri, dengki, serakah dan lainnya. Ini karena dengan bersyukur, kita paham kalau segala yang kita miliki hanyalah titipan Allah.

Dan yang terakhir, keimanan tentu akan meningkat. Ketika ada orang lain yang dirasa tidak seberuntung kita, ini malah akan meningkatkan rasa syukur kita.

Itulah contoh cara bersyukur atas nikmat Allah SWT pada kita serta manfaat bersyukur yang bis akita dapat alam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk selalu bersyukur ya..

Related posts

10 Kondisi Psikologi Pria Setelah Putus, Kamu yang Mana?

Pengertian Insecure dan Ciri-Cirinya

Rostina Alimuddin

Punya Sisi Unik Dari Saudara Lainnya, Cek Fakta Anak Kedua Berikut Ini!

Rostina Alimuddin

Leave a Comment