Image default

Perhatikan 6 Cara Menghindari Zina Bagi Remaja Ini!

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Pergaulan anak muda ataupun remaja saat ini bisa dibilang sangatlah bebas. Hal ini seringkali mengundang rasa khawatir bagi para orang tua jika anaknya melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya adalah zina. Zina sendiri dalam agama Islam adalah perbuatan dosa besar. Lalu bagaimanakah cara menghindari zina bagi remaja?

Zina sendiri banyak sekali jenisnya, mulai dari zina mata, telinga, khayal, ucapan dan juga perbuatan. Bila dijelaskan secara singkat, zina mata berarti zina yang berawal dari pandangan, zina telinga adalah zina yang berawal dari pendengaran, zina khayal muncul dari khayalan seseorang, zina ucapan adalah zina yang penyebabnya berasal dari ucapan, dan zina perbuatan adalah zina yang disebabkan dari perbuatan. Yang secara garis besar, jenis-jenis zina ini mengarah atau menjadi penyebab perbuatan dosa besar di mana seseorang melakukan persetubuhan namun belum terikat dalam ikatan pernikahan.

Bagaimana Menghindari Zina Bagi Remaja

Nah, karena perbuatan ini merupakan suatu dosa besar dan dilaknat oleh Allah, kita pun harus paham dan mengajari orang sekitar kita terutama keluarga, tentang cara menghindari zina bagi remaja:

1. Menjaga pandangan

Mencoba untuk Menjaga Pandangan

Karena salah satu jenis zina yang paling banyak terjadi dimulai dari pandangan atau mata, maka cara pertama yang bisa dilakukan adalah menjaga pandangan kita. Menjaga pandangan yang dimaksud yaitu menjaga pandangan pada lawan jenis.

Untuk itu, kita bisa menundukkan pandangan kita ketika berhadapan dengan lawan jenis. Dikatakan bahwa, pandangan pertama yang dilakukan tidak disengaja diperbolehkan, namun agar pandangan pertama tidak disertai tujuan lain yang menjadi pintu menuju zina, maka pandangan kedua dan selanjutnya haram hukumnya, dan sebaiknya kita menundukkan pandangan kita.

Baca Juga: Dampak Cerita Cinta Remaja Negatif Bagi Para Pelajar & Solusinya!

2. Menutup aurat

Menghindari Zina bagi remaja dengan menutup aurat

Aurat punya arti sebagai bagaian tubuh yang harus ditutup dan dilindungi agar tidak terlihat oleh pandangan lawan jenis yang bukan muhrim. Bukan hanya pada wanita, pria pun juga memiliki bagian tubuh yang masuk dalam aurat. Untuk wanita, bagian aurat adalah seluruh bagian tubuh kecuali bagian wajah dan juga telapak tangan. Sedangkan bagi pria, aurat berupa bagian tubuh antara pusar hingga lutut.

Karena baik wanita dan pria memiliki auratnya tersendiri, ada baiknya kita mengajarkan anak, keluarga dan orang sekitar kita untuk menjaga cara berpakaiannya agar aurat dapat tertutup dengan sempurna. Hal ini tentunya bukan hanya dapat menghindari zina namun juga menghindarkan kita dari perbuatan jahat.

3. Memilih pergaulan yang baik

Menghindari Zina dengan berada di lingkungan yang baik

Tidak sedikit perbuatan zina di kalangan anak muda dan remaja yang bermula dari pergaulan mereka yang tidak baik. Karena, lingkungan sekitar memang sangat berpengaruh pada segala hal yang dilakukan para remaja. Apalagi, di usianya yang terbilang masih muda, mereka pun masih cenderung mengikuti apa saja yang dilakukan teman-temannya. Sehingga, seringkali perilaku yang sebenarnya tidak baik pun bisa saja mereka contoh.

Karena itulah, memilih pergaulan dan pertemanan yang baik adalah cara menghindari zina bagi remaja yang penting dilakukan. Sebagai orangtua pun, kita harus memperhatikan bagaimana pergaulan anak.

4. Mengatur cara komunikasi dengan lawan jenis

Mengatur komunikasi dengan lawan jenis

Menjaga diri dari zina juga bisa dilakukan dengan mengatur cara kita berkomunikasi. Dalam Islam pun telah diatur tata cara berkomunikasi antar lawan jenis yang bisa dilakukan. Salah satunya yaitu adanya larangan pada wanita untuk meliuk-liukkan suara di depan pria. Ini karena seringkali wanita jadi godaan terbesar bagi pria, salah satunya akibat dari cara komunikasi wanita yang seperti ini.

5. Meningkatkan nilai agama dan ketaqwaan

Selalu Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

Bisa dibilang, ketaqwaan dan iman yang kuat dapat menjadi benteng bagi kita dari berbuat dosa, terutama zina. Nah, karena itulah, kita bisa menguatkan ketaqwaan dan nilai-nilai agama yang kita anut agar diri kita pun kuat dari pengaruh buruk. Orangtua pun sebaiknya mengajarkan nilai agama dan ketaqwaan sejak dini pada anak, sehingga ketika mereka mulai remaja dan dewasa, mereka pun akan punya benteng diri yang kuat.

6. Menambah waktu berkualitas dengan keluarga

Perbanyak Berkumpul dengan Keluarga

Cara menghindari zina bagi remaja yang juga bisa dilakukan adalah menambah waktu yang berkualitas dengan keluarga. Ini karena, di masa remaja, mereka sedang dalam masa pencarian jati diri. Karena inilah, dengan mereka berada di lingkungan yang baik, terutama di keluarga yang sehat, maka diri mereka pun memiliki pegangan untuk tidak mengikuti arus yang tidak baik.

Baca Juga: 10 Kondisi Psikologi Pria Setelah Putus, Kamu yang Mana?

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindarkan remaja dan anak muda dari zina. Sudah seharusnya ini menjadi perhatian para orang tua untuk mengajarkan anak mereka, terutama yang sudah mulai berusia remaja untuk bisa menjaga diri mereka dari dosa besar ini.

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Related posts

Dampak Cerita Cinta Remaja Negatif Bagi Para Pelajar & Solusinya!

Rostina Alimuddin

Jangan Disepelekan, Ini Pentingnya Mental Health

Jenis-jenis Perundungan yang Perlu Diketahui

Ayu Lusiani
Promo Aol 17 - 30 Juni 2022