Gaya Remaja

Begini 5 Urutan Basic Skincare Buat Remaja

Urutan basic Skincare Remaja

Kesehatan dan kebersihan wajah nyatanya harus dirawat sedini mungkin. Itulah kenapa para remaja disarankan menggunakan basic skincare buat remaja dalam menjaga kesehatan dan kebersihan kulitnya. Apalagi di usia mereka yang sedang puber, permasalahan kulit seperti munculnya jerawat ataupun kulit yang kusam, kemungkinan akan sering terjadi. Ini karena kulit wajah remaja cenderung lebih mudah berminyak dan berjerawat. Namun, penggunaan skincare untuk remaja tidak bisa disamakan seperti orang dewasa. Karena terdapat urutan basic skincare yang perlu dilakukan.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Urutan Basic Skincare Remaja

Tentunya kebutuhannya pun jelas berbeda. Nah, berikut ini adalah urutan basic skincare yang harus dilakukan remaja:

1. Facial wash

Urutan basic skincare buat remaja yang pertama adalah facial wash

Produk skincare untuk remaja yang wajib dimiliki adalah sabun cuci muka atau facial wash. Ini termasuk urutan skincare remaja pagi dan malam yang pertama harus digunakan sebelum rangkaian lainnya.

Para remaja umumnya memiliki segudang aktivitas, terutama yang akan membuat kulit wajah terpapar debu hingga polusi. Pilihlah facial wash yang berbahan ringan dan mampu untuk membersihkan kotoran dan juga minyak di wajahmu. Selain itu, pilih juga facial wash yang sesuai dengan tipe kulit yang kamu miliki.


Bila kamu memiliki kulit wajah yang cenderung normal ataupun kombinasi, sebaiknya pilih facial wash yang memiliki kandungan asam salisilat, yang akan membantu untuk mengendalikan produksi minyak dan juga menambah hidrasi kulit.

Baca Juga: Urutan Skincare Pagi Malam Untuk Kulit Berjerawat

2. Toner

Jangan Lupa menggunakan toner

Urutan berikutnya adalah produk yang akan membantu mengangkat sisa kotoran dan juga minyak berlebih yang kemungkinan masih menempel di kulit, sekalipun sudah dibersihkan dengan sabun cuci muka. Toner pun juga punya manfaat untuk mengembalikan pH kulit yang hilang ketika kamu mencuci wajah.

Adapula toner yang memang dikhususkan untuk menjadi basic skincare buat remaja kulit berjerawat yang dapat membantu meredakan permasalahan jerawat, mengempiskan jerawat dan mencegah munculnya jerawat baru.

Ada banyak jenis toner yang dijual di pasaran. Lagi-lagi, kamu bisa sesuaikan penggunaannya dengan jenis kulit yang kamu miliki. Sebaiknya hindari pemakaian toner yang punya kandungan alkohol, agar tidak membuat kulit menjadi kering. Kamu juga bisa menggunakan toner di pagi dan malam hari, ya.

3. Pelembab

Pelembab tidak boleh terlewat

Selanjutnya adalah moisturizer atau pelembap. Kebanyakan orang mungkin sering melewatkan penggunaan produk satu ini, padahal pelembap bisa dibilang penting untuk membuat kulit tetap terhidrasi dan menghindari tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya kerutan. Sekalipun jenis kulitmu cenderung normal atau malah berminyak, penggunaan pelembap ini tetap penting dan tidak boleh terlewat. Nah, terutama untuk para remaja, penggunaan pelembap di usia ini adalah hal yang wajib, untuk menjaga kulit tetap sehat dan terawat sedini mungkin.

Kamu dapat menggunakan pelembap setiap pagi dan juga malam hari. Pilih produk yang sesuai dengan permasalahan kulit yang kamu alami.

4. Sunscreen

Sunscreen jadi rangkaian penting dalam basic skincare buat remaja

Tak kalah pentingnya, namun juga seringkali dilewatkan adalah sunscreen atau tabir surya. Sunscreen sendiri punya fungsi untuk menjaga kulitmu agar tidak terpapar sinar UVA dan UVB dari cahaya matahari. Karena keduanya dapat membuat kulitmu jadi cepat kusam, munculnya noda hitam, penuaan dini, jerawat, bahkan bisa mengakibatkan penyakit kanker kulit, lho.

Namun, penggunaan sunscreen ini bukan hanya diwajibkan untuk kamu yang beraktivitas di luar ruangan saja, karena sebaiknya kamu tetap menggunakan sunscreen sekalipun aktivitas yang kamu lakukan kebanyakan di dalam ruangan.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Kamu dapat memilih sunscreen yang punya kandung SPF minimal 30 dan punya label broad-spectrum agar dapat melindungi kulit wajah dengan sempurna. Cara penggunaannya, kamu bisa mnegoleskan sunscreen 15 atau 30 menit sebelum kamu beraktivitas.

Baca Juga: 7 Merk Skincare untuk Remaja Pemula yang Aman dan Murah

5. Eksfoliasi

Jangan lupa langkah basic skincare buat remaja yaitu eksfoliasi

Basic skincare buat remaja yang juga harus rutin dilakukan adalah eksfoliasi kulit. Sebaiknya lakukan ini sebanyak 2 kali seminggu, dan hindari melakukannya setiap hari.

Eksfoliasi sendiri bermanfaat dalam menghilangkan sisa-sisa kulit mati, menghaluskan kulit, dan menghindari terjadinya penyumbatan di pori-pori wajah. Produk eksfoliasi yang bisa kamu pakai misalnya eksfoliasi fisik seperti scrub ataupun eksfoliasi chemical seperti skincare yang punya kandungan AHA atau BHA.


Namun sebaiknya gunakan produk yang sesuai dengan kulitmu, ya, terutama untuk kamu yang punya kulit sensitif.

Itu dia 5 urutan basic skincare buat remaja yang sebaiknya tidak dilewatkan untuk kesehatan dan kebersihan kulit yang lebih baik. Karena merawat dan menjaga kesehatan serta kebersihan kulit haruslah dimulai sejak dini, agar tidak menyesal di kemudian hari.



Related posts

Tutorial Make Up Korea Untuk Wajah yang Glowing dan Fresh

Marsyaviani Darestuti

Hal Wajib Diperhatikan dan Urutan Memakai Tone Up Cream yang Benar

Ayu Lusiani

Harga Perlengkapan Make Up Lengkap Murah, Cocok untuk Kantong Mahasiswi

Risma Mualifa