Gaya Remaja

5 Cara Menjaga Mental Health, Sederhana dan Ampuh!

Cara Menjaga Mental Health
Source: pexels.com

Setiap orang perlu tahu bagaimana cara menjaga mental health. Pasalnya, kesehatan mental seseorang mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial. Hal tersebut mempengaruhi cara Anda berpikir, merasa, dan bertindak saat menjalani hidup.

Selain itu, kesehatan mental juga membantu menentukan bagaimana cara Anda menangani stres, menjalin hubungan dengan orang lain, dan menentukan pilihan. Maka dari itu, kesehatan mental itu penting pada setiap tahap kehidupan, dari masa kanak-kanak, remaja dewasa, hingga lansia. Lalu, apa saja tipsnya? Yuk, cari tahu melalui artikel berikut ini!


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Tips Menjaga Mental Health

1. Stay Positive

Berpikir positif Jaga Mental Health

Sangat penting bagi seseorang untuk mempertahankan pola pikir positif. Nah, agar bisa mempertahankannya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda perlu menemukan keseimbangan antara emosi positif dan negatif.

Stay positive bukan berarti Anda tidak pernah merasakan emosi negatif, seperti sedih atau marah. Pasalnya, terkadang Anda juga perlu emosi negatif sehingga Anda dapat melewati situasi sulit. Namun, dengan menemukan keseimbangan antara keduanya, emosi negatif tersebut tidak akan mudah mengambil alih pikiran Anda.


Cobalah untuk mempertahankan emosi positif dengan mencari dukungan dari keluarga, sahabat, atau orang terdekat. Dan juga, jangan sampai Anda mudah terpengaruh rumor atau membandingkan hidup Anda dengan orang lain secara negatif.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Depresi Pada Remaja yang Harus Diwaspadai

2. Rutin Berolahraga

Rutin Olahraga Menjadi salah satu tips Menjaga Mental health

Olahraga dapat membantu melepaskan bahan kimia di otak dan membuat pikiran Anda jadi lebih segar. Selain menjaga otak dan organ vital lainnya tetap sehat, olahraga rutin juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan berkonsentrasi, serta kualitas tidur.

Berolahraga bukan berarti harus selalu pergi ke pusat olahraga atau gym. Jalan-jalan di taman, berkebun, atau mengerjakan pekerjaan rumah juga bisa membuat tubuh tetap aktif bergerak. Maka dari itu, Anda disarankan untuk rutin berolahraga sekitar 30 menit setidaknya lima hari seminggu.

3. Jaga Pola Makan

Menjaga Pola Makan untuk Menjaga Mental health

Cara menjaga mental health selanjutnya adalah dengan menjaga pola makan Anda. Sebagian besar dari Anda pasti pernah mendengar peribahasa men sana in corpore sano, yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Terdapat hubungan yang signifikan antara pola makan dan kesehatan jiwa. Misalnya, kafein dan gula dapat berefek langsung pada jam tidur yang mempengaruhi mood Anda. Mood yang terus menerus buruk tentu akan menurunkan mental health kamu.

Dari situ Anda bisa lihat bahwa makanan pun memiliki efek jangka panjang pada kesehatan mental Anda. Jadi, agar Anda tetap dalam kondisi mental health yang baik, otak Anda membutuhkan campuran nutrisi yang seimbang. Mislanya perbanyak konsumsi berbgai jenis sayur dan buah, kacang-kacangan, minyak ikan, serta minum air putih yang cukup.

4. Jalin Hubungan yang Sehat dengan Orang Terdekat

Hubungan yang sehat

Manusia adalah makhluk sosial, dan penting untuk menjalin hubungan yang kuat dan sehat dengan orang lain, terutama keluarga dan orang-orang terdekat. Dengan begitu, Anda akan punya dukungan sosial yang baik serta membantu melindungi Anda dari risiko stres.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Selain dengan keluarga dan teman, Anda juga dapat menemukan dukungan sosial dengan bergabung di komunitas atau lingkungan Anda. Misalnya, Anda dapat menjadi sukarelawan untuk organisasi lokal atau bergabung dengan komunitas hobi yang Anda sukai. Dengan memperoleh dukungan sosial, maka Anda pun juga akan merasa dihargai oleh orang lain.

5. Berdamai dengan Diri Sendiri

Mencoba Menerima diri sendiri

Semua orang di dunia ini memiliki karakteristik yang berbeda. Jadi, cara menjaga mental health Anda yang paling ampuh adalah berdamai dengan diri sendiri serta menerima bahwa Anda unik ketimbang berharap Anda bisa lebih seperti orang lain.


Menerima diri sendiri dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda untuk mempelajari keterampilan baru, mengunjungi tempat-tempat baru, dan mencari teman baru. Ini juga dapat membantu Anda mengatasi tantangan hidup yang menghampiri.

Banggalah terhadap diri Anda sendiri. Kenali dan terima kekurangan Anda serta hal-hal tidak mampu Anda kuasai, tetapi fokuslah pada apa yang bisa Anda lakukan dengan baik.

Baca Juga: Dampak Cerita Cinta Remaja Negatif Bagi Para Pelajar & Solusinya!

Nah, demikianlah beberapa cara menjaga mental health yang bisa Anda terapkan. Cukup mudah dan sederhana, bukan? Mulailah dari sekarang dan rasakan manfaat jangka panjangnya!

 



Related posts

Punya Sisi Unik Dari Saudara Lainnya, Cek Fakta Anak Kedua Berikut Ini!

Rostina Alimuddin

Jenis-jenis Perundungan yang Perlu Diketahui

Ayu Lusiani

Konsultasi ke Klinik Psikologi UI, Kayak Apa Sih?

Rumi