Image default
Beauty

Urutan Skincare Pagi Malam Untuk Kulit Berjerawat

Kulit bermasalah memang meresahkan, terutama bagi kaum wanita yang cenderung lebih peduli terhadap penampilan. Perawatannya pun tidak bisa dilakukan secara sembrono karena dapat berimbas pada kesehatan kulit. Urutan skincare pagi malam juga harus dilakukan dengan benar. Agar jerawat dapat hilang sepenuhnya dari wajah.

Urutan Skincare Pagi Malam Bagi Kulit Berjerawat

Namun sudahkah Anda tahu bahwa pemakaian skincare juga memiliki urutan tersendiri? Pasalnya setiap produk tersebut mengandung khasiat yang hanya dapat bekerja optimal sesuai dengan urutan pemakaian. Meski begitu Anda tidak perlu khawatir. Hanya perlu menyesuaikan semua urutan skincare pagi malam hari.

Skincare Pagi

Memiliki kulit yang bermasalah dengan jerawat memang sedikit menyulitkan untuk mencari produk yang tepat. Salah memilih produk dan urutan perawatannya bisa berakibat fatal. Berikut akan dijelaskan apa saja urutan skincare yang bisa digunakan pada pagi hari.

Baca Juga: Tata Cara Perawatan untuk Kulit Berjerawat Sesuai Jenisnya

Cuci wajah

Mencuci wajah seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang. Hal ini dilakukan karena mereka belum mengetahui pentingnya mencuci wajah. Residu dan kotoran yang hingga pada malam hari akan diangkat tuntas saat wajah dicuci. Khusus bagi wajah berjerawat pilih facial wash yang lembut dan tidak membuat tekstur wajah kering. Lalu keringkan dengan memakai handuk yang lembut.

 

Hydrating toner

Urutan Skincare Pagi dan Malam

Setelah mencuci wajah, langkah selanjutnya adalah memberikan toner dengan tekstur yang lembut. Anda juga bisa menghindari dengan sifat eksfoliasi. Sebab ada kandungan retinol, AHA dan BHA yang berfungsi untuk mengikis sel kulit mati. Akibatnya jerawat akan semakin meradang dan bertambah parah.

Bagi kulit berminyak dan bermasalah dengan jerawat memang membutuhkan perawatan khusus. Produk yang digunakan sebaiknya mengandung soothing agent atau blemish control. Fungsinya untuk menenangkan serta mengatasi kulit yang meradang karena jerawat.

Serum

Langkah ketiga untuk urutan skincare pagi malam berikutnya adalah memakai serum. Anda bisa menambahkan serum setelah memakai toner. Serum memiliki tekstur yang ringan dan dapat meresap dengan mudah. Sehingga kulit dapat dinutrisi dengan baik. Jerawat pun diatasi sampai ke bagian akar. Pastikan serum yang dipakai khusus untuk wajah berjerawat.

Pelembab

Khusus untuk wajah berminyak dan berjerawat, jangan pernah lupakan penggunaan pelembab. Skincare satu ini tak boleh dilewatkan begitu saja, terlebih bila ada masalah jerawat. Anda bisa memilih pelembab yang tidak lengket dengan tekstur gel. Bisa juga dengan water based.

Pelembab yang bagus untuk kulit berjerawat adalah tidak mengandung pewarna buatan, fragrance, petroleum, pengawet dan alkohol. Namun umumnya pelembab tersebut tidak dilengkapi dengan spf. Jadi harus ditambah dengan sunscreen agar tidak semakin parah.

Sunscreen

Apapun aktivitas yang ingin dilakukan, jangan pernah lalai untuk memakai sunscreen. Produk tersebut bisa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Terlebih cuaca di Indonesia yang beriklim tropis. Sehingga butuh sunscreen yang minimal mengandung spf 30 PA++. Jangan lupa untuk mengoleskan ulang setiap 3 jam.

Penggunaan Skincare di Malam Hari

Setelah selesai menjalani kegiatan di luar selama sehari penuh. Malam hari adalah saatnya membersihkan wajah. Semua sisa make up dapat dibersihkan lantas ditambah dengan beberapa perawatan tambahan.

Double cleansing dan toner

Double cleansing dilakukan agar pori-pori tidak tersumbat oleh residu make up. Kemudian tambahkan exfoliating toner yang mampu mengangkat sel kulit mati. Sel-sel mati tersebut adalah penyebab timbulnya jerawat. Ada pula AHA dan BHA yang membantu mencerahkan kulit.

Serum kemudian pelembab

Urutan skincare pagi dan Malam

Langkah selanjutnya dalam urutan skincare pagi malam adalah pemberian serum yang dilanjutkan dengan pelembab. Pelembab tetap harus digunakan meski pada malam hari. Pasalnya kamar tidur yang menggunakan AC akan membuat kulit menjadi lebih kering.

Face oil

Sekarang ini sudah banyak yang menjual face oil yang ramah untuk kulit berjerawat. Selain memberikan kelembapan yang dibutuhkan oleh kulit, efeknya juga menenangkan peradangan pada jerawat. Anda bisa memilih face oil yang mengandung asam linoleic yang tinggi.

Baca Juga: Jangan Asal Beli, Begini Cara Memilih Skincare yang Tepat

 

Spot treatment

Langkah terakhir yang harus dijalankan sebelum tidur adalag spot treatment. Hanya saja produk ini membuat kulit menjadi lebih kering. Jadi usahakan hanya diaplikasikan pada area yang bermasalah saja.

Demukian urutan skincare pagi malam yang bisa Anda lakukan agar jerawat dapat segera hilang. Kulit pun tetap terawat dan bercahaya. Harga berbagai produk perawatan ini juga memiliki harga yang beragam.

Related posts

6 Langkah Belajar Make Up Natural untuk Sehari Hari, Mudah bagi Pemula

Risma Mualifa

Tutorial Make Up Korea Untuk Wajah yang Glowing dan Fresh

Marsyaviani Darestuti

Wajib Tau, Inilah Beragam 13 Jenis Kuas Make Up dan Fungsinya

Marsyaviani Darestuti

Leave a Comment