Image default
Men

Mau Datang Acara Formal? Runtutan Jas Anak Muda

Dalam berpenampilan, tentunya banyak hal yang harus kita perhatikan agar memberikan kesan dan citra yang baik. Menjaga penampilan berlaku baik untuk laki-laki dan perempuan, khususnya dalam memakai outfit formal seperti Jas. Meskipun masih muda, jas bisa menjadipilihan tepat untuk Anda. Ada banyak jenis jas anak muda yang bisa Anda gunakan untuk berbagai aktivitas penting.

Penggunaan Jas ini biasanya diberlakukan pada beberapa acara resmi.Tidak hanya untuk pria dewasa, penggunaan Jas ini juga diberlakukan untuk para anak muda khususnya laki-laki. Namun sayangnya,  beberapa diantara lelaki sering mengabaikannya dan berpenampilan tidak seperti seharusnya. Dalam memakai jas anak muda, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan. Yuk simak penjelasan berikut!

Cara Menyesuaikan Jas untuk Anak Muda

1. Ukuran Jas

Seringkali ukuran jas ini disepelekan, sehingga para pria memakai jas yang lebih longgar bahkan terlalu pas pada ukuran tubuhnya. Sehingga terlihat dan terkesan kurang rapi juga tidak nyaman digunakan. Maka, kamu harus memilih jas anak muda, yang memiliki ukuran lebih pas dengan ukuran tubuhmu seperti jas yang memiliki jarak sekitar 3-4 sentimeter dari telapak tanganmu. Juga perhatikan ukuran pinggang dari jas yang kamu pakai, pastikan ukurannya pas dengan tubuhmu saat dikancing

Perhatikan ukuran jas anak muda untuk Anda

2. Panjang Kemeja Dalam

Pemakaian kemeja dalam ini juga termasuk hal yang sangat sering diabaikan. Meskipun pemakaiannya di dalam dan tertutup jas, pemilihan panjang dan ukuran kemeja juga sangat penting. Selain agar lebih nyaman dipakai, juga agar lebih enak dilihat karena panjang kemeja dan jas tidak saling berbalapan. Pastikan panjang kemejamu tidak melebihi panjang jas atau tidak melebihi pantat.

Baca Juga: Inspirasi Fashion Pria Casual yang Laki Banget 2021

3. Pemakaian dan Model Dasi

Sama seperti kemeja yang dipakai di dalam Jas anak muda, dasi juga merupakan salah satu aksesoris yang seringkali tidak diperhatikan. Meskipun memiliki simpul yang cukup sulit, namun tidak berarti memberikan kamu alasan untuk tidak memperhatikan pemakaian dasi. Dasi yang baik untuk digunakan bersama jas memiliki panjang yang tidak melewati ikat pinggangmu. Simpul yang dibuat juga sebaiknya dibuat simetris sehingga menutupi kancing kemejamu.

Penggunaan dasi bersama Jas

Jangan membuat simpul yang aneh-aneh, gunakanlah bentuk simpul trapesium terbalik dan bukan jajar genjang.  Sesuaikan dasi yang kamu pakai dengan acara yang akan kamu hadiri. Jika acara tersebut merupakan acara formal, maka pakailah dasi yang memiliki motif polos atau corak yang sederhana sesuai kemeja yang dipakai. Acara yang dihadiri semi formal, kamu bisa menggunakan dasi dengan motif yang lebih beragam atau memakai dasi kupu-kupu. Jika kamu mendatangi acara formal, pakailah dasi dengan motif polos atau yang tidak ramai.

4. Cara Menggulung Kemeja Lengan Panjang

Seringkali, kemeja yang dipakai menampakkan banyak kerutan kusut yang memberikan kesan tidak rapi pada pakaianmu. Hal ini disebabkan oleh cara melipat lengan kemeja yang terburu-buru sehingga memberikan lipatan yang tidak rapi. Gunakan waktumu dengan baik untuk melipat lengan, jangan sampai terburu-buru, lakukanlah secara perlahan dan gulung dengan ukuran lipatan yang sama.

5. Ukuran Celana

Jika bagian atas sudah rapih, maka selanjutnya padankanlah dengan setelan bawahan yang cocok pula agar lebih memberikan kesempurnaan tampilanmu. Perhatikan ukuran celana yang akan kamu pakai. Dalam situasi formal, jangan pilih celana yang terlalu ketat, pendek, terlalu panjang, atau pemakaian celana jenis cutbray. Baik dalam acara formal atau informal, ukuran celana yang ideal adalah yang menutupi kaos kakimu, namun tidak menutupi bagian atas sepatumu.

Memilih Ukuran yang Tepat

6. Pemilihan Kerah Kemeja atau Atasan V-Neck

Jas anak muda juga bisa dipadukan dengan kaos atau atasan V-Neck. Pilihlah ukuran kerah V-Neck yang ketat dengan lehermu meskipun terlalu besar. Sementara untuk kemeja cara mengetahui ukuran kerah yang baik dan cocok untuk lehermu adalah dengan memasukkan jari telunjukmu kedalam kerah, jika jari telunjukmu mendapatkan ruang yang pas, maka kemeja tersebut ukurannya cocok untuk dipakai olehmu.

7. Pilih Sepatu yang Sesuai

Bagi setiap lelaki, pemakaian sepatu merupakan salah satu detail penting namun seringkali pemakaiannya tidak sesuai. Banyak lelaki yang dengan sengaja mengoleksi berbagai macam sepatu, namun masih belum mampu memakainya dengan situasi yang benar.

Jika kamu menghadiri acara yang formal, pakailah sepatu pantofel atau loafer yang telah disemir sebelumnya. Dalam situasi informal, kamu bisa memakai sepatu model espadrilles dengan memadukannya bersama celana yang agak menggantung.

Bagaimana? Sangat mudah bukan mengatur penampilanmu?

Related posts

7 Model Rambut Pria 2021, Jadikan Penampilan Makin Ganteng

Risma Mualifa

Sepatu Pantofel Anak Muda Paling Populer Tahun 2021

Rostina Alimuddin

5 Jenis Trend Men Fashion yang Wajib Kaum Adam Miliki

Rostina Alimuddin

Leave a Comment