Image default
Beauty

7 Kiat Make Up Flawless yang Wajib Kamu Coba untuk Hasil Natural

Memiliki kemampuan make up flawless menjadi impian hampir setiap wanita. Cara merias wajah pun kini bisa dipelajari dari berbagai sumber mulai dari kelas offline tau kelas online seperti webinar di masa pandemi ini. Menurut Tasya Farasya, make up flawless adalah hasil make up yang nyaris sempurna. Dari mulai blending complexion dan eyeshadow, pemilihan warna complexion, tingkat coveragenya, bentuk alisnya dan segala sesuatunya mendetail.

Trend make up yang terus berubah seiring berjalannya waktu, membuat para wanita harus terus upgrade agar tidak ketinggalan. Rela melakukan riset dan bertahan berjam-jam untuk hasil make up yang bagus adalah hal yang dikorbankan. Tapi tidak jarang ada satu hal yang menyebabkan make up menjadi tampak kurang sempurna dan mudah luntur. Agar make up bisa tahan lama, rapi dan juga flawless, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan ketika memulai atau sedang melakukan make up.

Baca Juga: Wajib Tau, Inilah Beragam 13 Jenis Kuas Make Up dan Fungsinya

1. Membersihkan wajah dengan menyeluruh

Membersihkan wajah secara menyeluruh
Source: Garnier.co.id

Sebelum memulai make up, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan muka dengan menyeluruh. Kamu bisa menggunakan cara double cleansing untuk wajah yang tampak bersih menyeluruh. Membersihkan wajah dengan tepat adalah sebuah pondasi, karena jika wajah masih terdapat noda dan kotor, bisa mempengaruhi produk make up yang akan kamu gunakan selanjutnya. Sisa kotoran yang masih menempel pada wajah akan menyebabkan bakteri yang mengumpul dan dapat membuat wajah mudah menimbulkan jerawat.

2. Menggunakan skincare sesuai dengan kebutuhan

Setelah mencuci muka, kamu wajib banget menggunakan skincare agar wajah kamu lebih aman dan lembab. Skincare membantu kamu untuk meminimalisir kondisi wajah, seperti halnya wajah kamu sedang berjerawat, jika kamu menggunakan skincare, kamu bisa mencegah jerawat tersebut menjadi semakin parah karena ketidakcocokan dengan produk make up.

3. Gunakan primer sesuai dengan kondisi wajah

Penggunaan Primer Wajah untuk Make Up flawless
Source: Sociolla.com

Salah satu cara agar make up tahan lama dan flawless adalah dengan menggunakan primer. Pilihlah primer sesuai dengan kondisi wajah, misalnya untuk pori-pori yang besar atau terbuka, gunakan primer yang dapat menyamarkan atau menutup pori-pori. Atau jika kamu punya masalah pada warna kulit wajah yang tidak merata, kamu bisa menggunakan primer dan corrector sebelum menggunakan foundation.

Baca Juga : 7 Tahapan Makeup Natural, Cocok Buat Kamu yang Sibuk

4. Memilih warna foundation yang tepat

Untuk hasil yang maksimal, pastikan warna foundation yang kamu pilih tidak berbeda dengan warna bagian tubuh lainnya seperti leher atau tangan. Selanjutnya aplikasikan menggunakan beauty blender agar meresap di kulit wajah. Hindari menggesek atau memakai terlalu banyak. Foundation cukup di tap-tap menggunakan beauty blender agar meresap di kulit wajah untuk hasil yang maksimal.

5. Concealer dan Contour

Buat kamu yang ingin menutupi kekurangan seperti mata panda, bekas jerawat atau noda hitam, kamu bisa menggunakan concealer untuk menyamarkannya. Pilihlah warna concealer yang satu tingkat lebih cerah dari warna kulit wajah. Dan untuk kamu yang ingin membuat wajah terlihat lebih tirus dan menonjolkan bagian wajah yang kamu suka, kamu bisa menggunakan contour.

6. Tips memilih dan menggunakan bedak

Memilih bedak untuk Makeup Flawless
Source: Rimma.co

Membuat make up flawless dan tahan lama, kamu wajib banget mengunci seluruh produk yang sudah kamu gunakan dengan setting atau finishing powder. Penggunaan bedak ini dilakukan diakhir setalah kamu sudah selesai dengan produk make up yang kamu gunakan. Pilihlah shade bedak sesuai dengan warna kulit agar tidak merusak warna foundation yang sudah kamu gunakan. Lalu gunakan brush besar untuk menyapukan bedak pada wajah. Kamu bisa menaruh lebih banyak bedak pada bawah mata agar concealer dan foundation lebih tahan lama.

7. Percaya diri

Setelah semua rangkaian make up dilakukan, waktunya kamu melihat diri di cermin. Apakah kamu sudah puas dengan hasil make up? Atau justru hasil make up membuat kamu jadi kurang percaya diri. Kunci dari keberhasilan make up yang flawless adalah percaya diri. Jadi walaupun make up terlihat sederhana, tapi kamu percaya diri, inner beauty kamu akan mempengaruhi pembawaan pada diri kamu sendiri.

Memiliki make up flawless adalah impian tiap wanita, namun jangan lupa diselaraskan dengan kecantikan dari dalam. Jangan pernah takut mencoba dan terus belajar, because practice makes perfect. (LFRA)

Related posts

Tips Memilih Kacamata Anak Muda Untuk Si Pemilik Wajah Bulat

Marsyaviani Darestuti

6 Langkah Belajar Make Up Natural untuk Sehari Hari, Mudah bagi Pemula

Risma Mualifa

10 Alat Makeup yang Penting Dimiliki Pemula, Biar Semangat Belajar Dandan

Risma Mualifa