Image default
Film

6 Film Perang Terbaik yang Punya Rating Tinggi, Bahkan Ada yang Diangkat dari Kisah Nyata

Dari sekian banyak genre film, mungkin genre peperangan bukan salah satu pilihan yang banyak disukai orang. Bisa jadi ini karena tidak banyaknya film perang terbaik yang bermunculan. Bahkan kalau diamati, memang film tentang perang bukan jadi film yang banyak diproduksi setiap tahunnya.

Film-film bertemakan peperangan bukan hanya menyajikan tontonan yang menegangkan, tapi juga ada yang bisa membuatmu menitikkan air mata, bahkan ada banyak pesan yang bisa diambil dalam film tersebut. Bukan hanya itu saja, beberapa film perang bahkan ada yang diangkat dari kisah nyata, lho, yang membuatnya jadi lebih menarik.

Baca Juga: 5 Film Stephen Chow yang Seru Untuk Ditonton Selama Di Rumah Aja!

Jika kamu ingin menonton film-film perang yang punya cerita menarik, punya rating tinggi, bahkan diangkat dari kisah nyata, berikut ini rekomendasinya untukmu.

Film Perang Terbaik yang Sangat Rekomen

1. Grave of the Fireflies (1988)

Grave of the Fireflies Film Perang Terbaik rekomen untuk kamu tonton

Yang pertama adalah film animasi Jepang berjudul Grave of the Fireflies, yang merupakan film anti-perang. Film ini menceritakan tentang Seita dan Setsuko, kakak beradik yang berasal dari Jepang, yang terpisah dari orangtuanya karena serangan bom atom AS di Kobe City. Mereka pun bergantung satu sama lain untuk dapat bertahan hidup.

Di film ini juga diceritakan kilas balik bagaimana awal pengeboman di Jepang itu terjadi. Walaupun begitu, film animasi ini tidak terlalu menunjukkan adegan pertempuran seperti film perang biasanya, tapi, di film ini dijelaskan benar bagaimana efek dari perang bagi mereka yang mengalaminya.

Film yang diangkat dari novel semi-otobiografi berjudul sama ini, merupakan film perang terbaik yang pernah dibuat, dan merupakan salah satu film yang bisa dengan sukses membuat kamu menitikkan air mata karena kisah tragisnya.

2. Saving Private Ryan (1998)

Film perang terbaik Saving Private Ryan Mengisahkan Perang Dunia II

Saving Private Ryan merupakan film perang Amerika karya Steven Spielberg yang sukses disukai banyak penikmat film. Dalam film ini diceritakan tentang kejadian pada D-Day Invasion ketika Perang Dunia II dan juga kejadian setelahnya.

Film satu ini juga dengan sempurna menggambarkan setiap kekerasan, kegilaan, dan kekacauan perang yang terjadi secara realistis. Bahkan menurut veteran perang Amerika, film ini terlalu menyakitkan untuk ditonton. Sebab film ini berhasil membangkitkan kembali memori pahit para veteran ketika di medan perang dulu.

Film Saving Private Ryan juga menerima banyak sekali nominasi penghargaan, seperti 11 Oscar, dan berhasil memenangkan 5 di antaranya.

3. The Pianist (2002)

Film Perang Terbaik dari Kisah Nyata The Pianist

The Pianist merupakan film perang kisah nyata yang menceritakan tentang kisah seorang pianis yang diperankan Adrien Brody, yang dipaksa masuk dalam Ghetto Warsawa, dan dipisahkan dari keluarganya selama Operasi Reinhard. Ia pun berjuang bertahan hidup sendiri setelah melarikan diri dari Nazi.

Dalam film yang berdasarkan buku otobiografi berjudul Death of a City, yang dibuat oleh pianis dan komposer Polandia-Yahudi bernama Wladyslaw Szpilman pun berhasil menggambarkan setiap kekejaman yang dilakukan Nazi di kota Warsawa. Namun dalam kengerian yang terjadi, masih ada momen indah yang tidak terduga.

Film terbaik ini pun mendapat 7 nominasi di Oscar, dan memenangkan 3 nominasi, termasuk dalam nominasi Sutradara dan juga Aktor Terbaik.

4. Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge

Film perang yang diperankan Andrew Garfield, Richard Pyros, Jacob Warner, Milo Gibson dan juga Darcy Bryce. Menceritakan tentang tentara muda Amerika Serikat yang tidak ingin menggunakan senjata, melukai ataupun membunuh musuh dalam Perang Dunia II. Sebab dalam agama yang dianutnya, hal tersebut sangat dilarang untuk dilakukan. Namun sayangnya, keyakinannya tersebut pun mulai diuji, ketika kawan-kawannya mulai terdesak dalam Hacksaw Ridge.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Film Barat Romantis Terbaik. Awas Baper!

Film ini merupakan film perang kisah nyata, yang bukan hanya menceritakan tentang keadaan perang yang mencekam, namun juga ada kisah percintaan di dalamnya.

5. Ayla: The Daughter of War (2017)

Ayla: The Daughter of War

Ayla: The Daughter of War merupakan film perang yang diangkat dari kisah nyata dan merupakan salah satu film yang dapat membuatmu menitikkan air mata ketika menontonnya.

Film yang tayang pada 2017, menceritakan tentang seorang tentara Turki bernama Suleyman yang memiliki anak berdarah Korea, diberi nama Ayla. Kisahnya dimulai setelah Perang Dunia II, di mana terjadi perang antara Korea Selatan dan Korea Utara saat tahun 1950 lalu.

Siap-siap dibuat terharu dengan jalan cerita hidup Suleyman dan Ayla yang harus terpisah karena perang.

6. Film Perang Terbaik 1917 (2019)

1917 Film Tentang Perang Dunia I

Film satu ini punya latar di Perang Dunia I, yang menceritakan tentang dua tentara muda Inggris yang mendapat tugas menyampaikan pesan penting untuk resimen tentara Inggris mengenai rencana Jerman. Pesan tersebut dikatakan dapat mencegah lebih banyak korban dalam perang. Namun, tugas tersebut dianggap mustahil, karena untuk menyelesaikannya, kedua tentara ini harus melewati wilayah yang dikuasai Jerman.

Yang menarik dari film ini adalah, setiap kejadian perang yang digambarkan dalam film ternyata direkam dengan menggunakan teknik one shot, lho. Karena itu jugalah, film ini berhasil memenangkan Best Picture dalam Oscar ke 92.

Film perang terbaik di atas bisa jadi teman mengisi waktu luangmu. Jangan lupa siapkan cemilan dan tempat yang nyaman ya, agar menonton bisa jadi lebih menyenangkan.

Related posts

5 Rekomendasi Film Kartun Terbaik dan Inspiratif Untuk Anak

Rostina Alimuddin

Kumpulan Film Animasi Terbaik. Wajib Masuk List Nonton Nih!

Marsyaviani Darestuti

Paling Inspiratif, Inilah 7 Film Motivasi Terbaik yang Wajib Ditonton

Risma Mualifa

Leave a Comment