Image default
Film

7 Film India Terbaik Sepanjang Masa

Hampir sebagian masyarakat Indonesia memiliki pengalaman dalam menonton Film India. Yah, film India menjadi teman nonton sejak era 90-an di layar televisi Indonesia. Para peminatnya juga luar biasa. Dengan ciri khas di setiap film ada adegan nyanyi dan menari, membuat film India selalu menjadi acara yang ditunggu. Ada cukup banyak film India terbaik loh.

Membahas tentang film bollywood, film yang berasal dari India ini merupakan industri film terbesar di dunia, dengan ribuan film dirilis setiap tahunnya. Karena itulah, India dikenal sebagai negara produsen film yang sangat produktif. Selain besar dari sisi jumlah film yang dirilis, film India juga memiliki kualitas yang oke dari segi alur cerita, sinematografi, dan aspek lainnya. Sehingga menjadikan kualitas film-film tersebut melampaui standar Bollywood dan setara dengan film barat.

Baca Juga: 5 Film Stephen Chow yang Seru Untuk Ditonton Selama Di Rumah Aja!

Bagi pecinta Bollywood, menonton film India merupakan suatu kesenangan tersendiri. Memang, film India memiliki ciri khas yang kental dan berbeda dengan film-film dari negara lain. Apalagi dengan aktor dan aktris yang handal disertai musik dan tarian yang khas membuat film ini digemari oleh berbagai kalangan. Tidak hanya itu, alur ceritanya yang menarik juga membuat tak sedikit film India terbaik yang menembus kancah dunia. Beberapa di antaranya bahkan berhasil memenangkan penghargaan bergengsi. Berikut rekomendasi film India yang menarik dan wajib ditonton.

1. 3 Idiots

Film India Terbaik 3 Idiots

Pastinya semua pecinta Bollywood sangat mengenal film ini. Film yang rilis tahun 2009 ini merupakan salah satu film pertama yang dibintangi oleh Aamir Khan. Film India terbaik ini bercerita mengenai dua orang sahabat, Farhan Qureshi yang diperankan oleh R. Madhavan dan Raju Rastogi yang diperankan oleh Sharman Joshi sedang mencari kerabat lama mereka, yaitu Rancho yang diperankan oleh Aamir Khan.

Salah satu keunikan yang dimiliki film ini adalah memiliki alur cerita maju-mundur. Selain itu, film 3 Idiots juga banyak memberikan pelajaran mengenai nilai-nilai kehidupan, bagaimana cara berbuat baik yang bisa membekas di pikiran orang dan membuat suatu perubahan yang berarti. Menariknya, sebenarnya film ini merupakan sebuah satir yang menyinggung sistem pendidikan di India.

2. PK

PK Masuk nominasi Film India Terbaik

Penggemar Aamir Khan tentu tentu sangat sayang jika melewatkan salah satu film india terbaik yang disutradarai oleh Rajkumar Hirani ini. Film yang bercerita tentang kisah alien dengan tubuh manusia bernama PK yang diperankan oleh Aamir Khan datang ke bumi untuk melakukan penelitian. Sesampainya di bumi, ia kehilangan alat untuk berkomunikasi dengan pesawat luar angkasa yang mengantarnya. Sehingga ia bertemu dengan orang yang ada di bumi dan berusaha menganut kepercayaan orang-orang tersebut. Film yang rilis tahun 2014 ini mampu mengangkat topik mengenai dogma keagamaan secara satiris dan tetap dikemas dengan komedi.

3. Kuch Kuch Hota Hai

Kuch Kuch Hota Hai

Film terbaik india ini merupakan salah satu film legendaris. Tidak hanya pecinta Bollywood, semua orang pun pasti tidak asing dengan film yang rilis tahun 1998 ini. Kuch Kuch Hota Hai dimainkan oleh pasangan aktor dan aktris fenomenal, Shah Rukh Khan dan Kajol. Bercerita tentang usaha seorang anak untuk mempersatukan cinta antara ayah dengan sahabat lama sang ayah, film ini dinobatkan sebagai film terbagus ketiga di India setelah Dilwale Dulhania Le Jayenge dan Hum Aapke Hain Koun. Tak hanya itu, film Kuch Kuch Hota Hai juga menyabet banyak penghargaan, mulai dari penghargaan untuk aktor, aktris hingga sutradaranya.

4. Kabhi Khushi Kabhie Gham

Kabhi Khushi Kabhie Gham

Film lawas yang dibintangi Shah Rukh Khan dan layak masuk dalam daftar film india terbaik adalah Kabhi Khushi Kabhie Gham. Film ini berkisah tentang cerita keluarga yang terpandang dan menginginkan kedua anaknya mendapat jodoh dari golongan keluarga yang sejajar. Namun Rahul yang diperankan oleh Shah Rukh Khan ini justru mencintai perempuan miskin bernama Anjali yang diperankan oleh Kajol. Akhirnya hubungan keluarga yang hangat tersebut menjadi renggang.

Film yang dirilis pada tahun 2001 ini tetap populer sepanjang masa. Chemistry yang dibangun antara pemeran sangat bagus sehingga tak jarang orang yang menonton ikut terbawa suasana. Film ini sukses masuk ke berbagai kalangan bahkan melejit hingga ke seluruh dunia. Para pecinta Bollywood tentu tidak akan melewatkan tayangan ulang dari film ini meskipun telah menontonnya beberapa kali.

5. Koi… Mil Gaya

Film India Koi Mil Gaya

Film yang tak lekang oleh zaman selanjutnya adalah Koi… Mil Gaya. Film fiksi imliah pertama yang bercerita mengenai alien dan berhasil menjadi film india terbaik pada tahun 2004. Bercerita tentang seorang ilmuwan yang berhasil menciptakan komputer dan dapat mengirimkan sinyal ke luar angkasa. Anak dari sang ilmuwan, Rohit yang diperankan oleh Hrithik Roshan yang mengalami kecacatan tak sengaja menemukan komputer tersebut dan memanggil beberapa alien. Sehingga salah satu alien bernama Jadoo menjadi temannya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Kartun Terbaik dan Inspiratif Untuk Anak

Koi… Mil Gaya menjadi film pertama dalam seri film Krrish. Film tersebut meraih ulasan positif dari para kritikus film, yang kebanyakan mengarah pada penampilan Hrithik. Uniknya, film ini disutradarai, ditulis, dan diproduseri sendiri oleh Rakesh Roshan sehingga film ini meraih beberapa penghargaan, termasuk 3 Penghargaan Film Nasional dan 5 Penghargaan Film Fare.

6. Rang De Basanti

Film India Rang De Basanti

Peran Aamir Khan kembali berhasil membawa film yang dibintanginya ini sukses. Bahkan dalam penghargaan Film Fare, Rang De Basanti juga memenangkan penghargaan Best Movie. Film besutan Rakesy Omprakas Mehra ini dinilai memiliki produksi yang tinggi dengan naskah cerita yang baik.  Sehingga dalam penayangan minggu pertamanya, film ini meraih rekor pendapatan minggu pertama tertinggi sepanjang sejarah film India.

Salah satu film India terbaik yang rilis tahun 2006 ini menceritakan seorang sineas Inggris yang memproduksi sebuah film dokumenter tentang pemberontakan di India berdasarkan buku harian sang ayah. ia mengajak lima pemuda sebagai pemeran filmnya, kemudian kelima pemuda tersebut menemukan jati diri mereka masing-masing. Film ini memiliki beberapa pesan penting didalamnya yang dapat menginspirasi.

7. My Name is Khan

My Name is Khan

Film India terbaik ini berkisah tentang penderita sindrom Asperger yang tinggal di Amerika Serikat bernama Rizwan Khan yang diperankan kembali oleh Shah Rukh Khan. Ia mendapat perlakuan diskriminasi karena ia seorang muslim. Kemudian Rizwan bertemu dengan Mandira yang diperankan oleh Kajol kemudian dinikahinya. Kehidupan mereka awalnya bahagia berubah ketika peristiwa gedung WTC di bom. Hal ini membuat kehidupan muslim di Amerika menjadi sulit termasuk keluarga Rizwan dan Mandira.

My Name is Khan memenangkan banyak penghargaan ternama. Seperti Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, dan Aktris Terbaik di Penghargaan Film Fare ke-56, juga 6 penghargaan di Zee Cine, 5 penghargaan di Penghargaan Akademi Film India Internasional, 3 di Screen Awards, 4 di Stardust, 2 di Penghargaa Musik Mirchi, 1 di BIG star Entertinment Awards serta 1 di Producers Guild Film Awards.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Film Barat Romantis Terbaik. Awas Baper!

Sederet film India terbaik sampai saat ini masih menjadi tontonan favorit pa

ra penggemar film Bollywood. Dari masa ke masa, alur cerita dari film-film tersebut tetap bisa menghibur serta pesan moralnya yang masih dapat dijadikan pelajaran.

Related posts

Tantang Rasa Takutmu! Ini 6 Film Horor Terseram Wajib Ditonton

Marsyaviani Darestuti

Paling Inspiratif, Inilah 7 Film Motivasi Terbaik yang Wajib Ditonton

Risma Mualifa

5 Film Stephen Chow yang Seru Untuk Ditonton Selama Di Rumah Aja!

Rostina Alimuddin

Leave a Comment