Image default
Karir

6 Prospek Kerja Akuntansi dengan Gaji Menggiurkan

Jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan yang sudah tersedia di tingkat pendidikan menengah atas tepatnya sekolah kejuruan. Bagi lulusan sekolah kejuruan akuntansi, masih terbuka kesempata melanjutkan pendidikan hingga meraih gelar sarjana di perguruan tinggi. Jurusan akuntansi termasuk yang memiliki peminat tinggi baik di sekolah menengah kejuruan maupun di perguruan tinggi. Meskipun jurusan tersebut dianggap rumit bagi sebagian orang, namun prospek kerja akuntansi lumayan menjanjikan. Banyak peluang yang terbuka bagi lulusan dari jurusan tersebut dengan peluang gaji yang tergolong tinggi.

Pada jurusan akuntansi, bidang keilmuan yang dipelajari adalah seputar keuangan dan bagaimana pencatatannya. Semua perusahaan sudah pasti membutuhkan jasa akuntan, maka dikatakan jurusan ini menawarkan prospek yang bagus bagi lulusannya. Lingkup kerja akuntan juga tidak terbatas pada pencatatan keuangan, melainkan masih banyak tugas lain yang bisa dibedakan dari nama profesinya. Berikut adalah beberapa posisi kerja yang menjanjikan bagi lulusan jurusan akuntansi.

Baca Juga: Wajib Coba! 6 Cara Mendapat Uang Dari Internet Dengan Mudah Tanpa Modal

Prospek Kerja Lulusan Akuntansi

1. Internal Auditor

Prospek kerja akuntansi menjadi internal auditor

Tugas seorang auditor tidak sama dengan tugas akuntan secara umum. Akuntan melakukan pencatatan seluruh riwayat keuangan, sementara auditor bertugas memastikan keakuratan dan kebenaran dari catatan keuangan tersebut. Auditor juga diberi tugas untuk memastikan bahwa anggaran dipergunakan dengan cara yang efektif dan efisien. Selain itu, tugas dari profesi ini juga untuk memperhatikan biaya di bagian mana yang bisa dihemat. Prospek kerja akuntansi dengan tugas yang lebih rumit ini menuntut keahlian tingkat tinggi.

2. Financial Planner

Seiring dengan perkembangan ekonomi yang semakin maju dan modern, semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya perencanaan keuangan. Tidak hanya untuk keuangan dalam lingkup sempit, perencanaan juga sangat dibutuhkan untuk lingkup yang lebih luas seperti perusahaan. Melihat dari fakta tersebut, profesi sebagai financial planner atau perencana keuangan menjadi prospek yang cukup menjanjikan. Tugasnya seputar membuat perencanaan keuangan mulai dari yang paling dasar. Profesi ini bisa dijalankan oleh orang yang sudah memperoleh sertifikat khusus.

3. Financial Analyst

Financial analyst atau penganalisa keuangan merupakan salah satu prospek kerja akuntansi yang diimpikan banyak orang. Profesi bergengsi ini identik dengan tugas yang tidak mudah, namun peluang gajinya cukup besar. Seorang penganalisa keuangan bertugas memeriksa kondisi keuangan sehingga membantu perusahaan dalam mengambil kebijakan. Bahkan financial analyst juga dituntut mampu memprediksi kondisi ekonomi di masa mendatang sehingga bisa membantu perusahaan dalam menyiapkan keuangan. Untuk menjalankan profesi ini, seseorang harus menempuh pendidikan tinggi serta mendapatkan sertifikat keahlian.

4. Accounting Manager

Gak melulu jadi staff, Anda bisa masuk posisi Accountant Manager

Satu lagi profesi bergengsi untuk lulusan akuntansi, yaitu accounting manager atau manager akuntansi. Profesi ini umumnya ditemukan di perusahaan-perusahaan besar hingga yang berada di level internasional. Sebagai manager, tugas dari profesi ini adalah memastikan kondisi keuangan di suatu perusahaan berjalan stabil dan bebas dari masalah. Dalam menjalankan tugasnya, seorang manager akuntansi dibantu oleh akuntan junior maupun asisten. Meskipun memiliki tim yang akan membantu tugasnya, tanggungjawab sorang accounting manager sangat lah besar.

Baca Juga: Trik Belajar Digital Marketing Bagi Pemula

5. Financial Advisor

Lulusan akuntansi bisa jadi financial advisor loh

Dilihat dari namanya, financial advisor terlihat mudah dijalankan karena tugas utamanya adalah memberi nasihat kepada klien mengenai permasalahan keuangan. Namun profesi ini dituntut untuk mengenali permasalah keuangan secara mendalam dan harus bisa memberikan solusi yang tepat. Dalam proses kerjanya, seorang financial advisor akan melalui berbagai tahap mulai dari menerima informasi dari klien, menganalisa masalah serta mencari penyelesaian. Profesi ini juga akan membantu klien membuat perencanaan keuangan jangka pendek maupun jangka panjang.

6. Tax Accountant

Prospek kerja akuntansi menjadi tax consultant

Jika akuntan biasa menangani masalah keuangan secara umum, maka tax accountant fokus pada masalah perpajakan. Oleh karena itu, tax accountant ini harus memahami semua hal mengenai aturan perpajakan termasuk sanksi yang ditetapkan pemerintah. Akuntan pajak harus bisa memberikan saran untuk menghemat pajak selama masa pembayaran serta membantu klien terbebas dari denda pajak. Profesi ini bisa bekerja untuk perorangan maupun badan usaha berskala besar.

Setiap prospek kerja akuntansi membutuhkan keahlian yang mendalam sampai ada yang memerlukan sertifikat khusus. Belum lagi beberapa peluang kerja akuntan juga menuntut pelamar memenuhi pengalaman selama jangka waktu tertentu. Jadi gaji tinggi yang didapatkan sangat sesuai dengan tuntutan pendidikan serta tanggungjawab besar yang menjadi beban kerjanya.

Related posts

7 Tips Karir Fresh Graduate, Agar Tidak Salah Memilih Pekerjaan

Risma Mualifa

5 Blogger Indonesia Inspiratif untuk Sumber Belajar Blogger Pemula

Risma Mualifa

Trik Belajar Digital Marketing Bagi Pemula

Marsyaviani Darestuti

Leave a Comment