Image default
Karir

Trik Belajar Digital Marketing Bagi Pemula

Digital Marketing adalah sebuah teknik dalam pemasaran produk dan juga jasa, dengan menggunakan media digital, seperti website, media sosial, iklan, email marketing, video marketing, SEO dan lainnya. Tujuan digital marketing adalah untuk dapat menjangkau pasar lebih luas. Nah, dengan kata lain, kalau kamu ingin berhasil untuk memasarkan produk dan jasa, kamu perlu belajar digital marketing.

Baca Juga: Wajib Coba! 6 Cara Mendapat Uang Dari Internet Dengan Mudah Tanpa Modal

Segala hal yang sudah serba digital seperti sekarang ini sebenarnya membantu kita para pengusaha produk ataupun jasa untuk ‘menjual’ produk dan jasa tersebut secara lebih luas. Namun, bagi para pemula, harus tau bagaimana trik memulai melakukan digital marketing.

Langkah-Langkah Belajar Digital Marketing

Untuk memulai belajar digital marketing, ada beberapa langkah yang harus kamu ketahui, yaitu:

  • Punya target market yang jelas. Ketika kamu memiliki sebuah bisnis, kamu harus tau terlebih dulu siapa target market atau target konsumenmu. Lalu pelajari apakah produk dan jasa yang kamu tawarkan dapat menjadi solusi bagi konsumenmu.
  • Pilih produk dan jasa terbaik untuk solusi bagi konsumen. Punya hanya menjual produk atau jasa yang berkualitas saja, tapi juga pastikan bahwa apa yang kamu jual ini adalah solusi dari apa yang konsumen inginkan.
  • Membangun media digital dengan baik. Pertama-tama, kamu bisa membuat website untuk bisnismu. Jadikan website sebagai ‘toko’ yang ada di internet. Setelah itu, kamu bisa merambah dunia media sosial, seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Buatlah engagement dengan konsumenmu meningkat, sehingga memunculkan brand awareness dari masyarakat tentang bisnismu.
  • Menggunakan strategi digital marketing yang baik. Ada beberapa strategi digital marketing yang biasanya dilakukan mereka yang memiliki bisnis untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa mereka. Beberapa teknik strategi digital marketing yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan SEO, SEM, Content Marketing, Email Marketing, dan PPC.

Strategi Digital Marketing

Nah, setelah mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk memulainya, maka berikut ini adalah beberapa teknik digital marketing yang umumnya dilakukan.

1. Search Engine Optimazation (SEO)

SEO adalah usaha untuk melakukan optimasi sebuah website untuk memeroleh peringkat yang baik di mesin pencari, seperti Google. Tujuan SEO adalah untuk meningkatkan visibilitas dan juga traffic sebuah website, sehingga bisnis jadi lebih berkembang di sektor digital.

Pengembangan sebuah website suatu bisnis adalah hal yang penting dilakukan, karena website ini merupakan representasi utama dari sebuah bisnis.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Berbeda dari SEO yang fokusnya adalah untuk meningkatkan performa website secara organik, kalau SEM fokus pada hasil nyata yang diperoleh secara organic dan juga berbayar, seperti iklan. Jadi SEM adalah bagaimana cara meningkatkan visibilitas website di mesin pencarian, baik secara organik ataupun berbayar.

3. Content Marketing

Kalau Content Marketing adalah bagaimana pemasaran produk atau jasa dibuat dengan sebuah konten yang relevan untuk menarik dan juga mempertahankan audiens. Jadi tujuan content marketing ini yaitu mendorong konsumen untuk melakukan tindakan (berupa pembelian).

4. Social Media Marketing

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, media sosial juga merupakan salah satu tempat yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan usaha dan juga brand awareness bisnismu. Konten menarik yang dibuat dalam media sosial bisnismu, dapat meningkatkan engagement para pelanggan.

5. Email Marketing

Nah, email marketing adalah pemasaran yang menggunakan media berupa email. Ini juga dilakukan untuk meningkatkan engagement dari konsumen terhadap suatu bisnis atau perusahaan.

6. Pay Per Click (PPC)

Strategi digital marketing yang terakhir adalah PPC. PPC adalah metode beriklan di internet, di mana pengiklan hanya akan membayar bila ada orang yang meng-klik iklan mereka. Platform yang umumnya digunakan perusahaan untuk beriklan yaitu Google Ads.

Baca Juga: Simak Tutorial Daftar Kartu Prakerja Pasti Lolos

Dari beberapa hal di atas, diharapkan kamu dapat mengembangkan bisnismu dengan lebih luas, serta menjangkau lebih banyak target market atau konsumen

Belajar Digital Marketing untuk pemula
Belajar Digital Marketing

dari produk atau jasa yang kamu jual.

Karena zaman yang semakin berubah dan sudah mengedepankan digital, mau tidak mau, pemilik bisnispun wajib merambah dunia digital dan melakukan digital marketing demi mengembangkan bisnisnya dengan lebih baik. Kamu bisa memulai belajar digital marketing dari beberapa hal yang sudah disebutkan di atas.

Related posts

Simak Tutorial Daftar Kartu Prakerja Pasti Lolos

Rostina Alimuddin

Wajib Coba! 6 Cara Mendapat Uang Dari Internet Dengan Mudah Tanpa Modal

5 Ide Bisnis Sukses Anak Muda yang Patut Kamu Coba!

Rostina Alimuddin

Leave a Comment