Image default
Karir

Simak Tutorial Daftar Kartu Prakerja Pasti Lolos

Pasti kalian sudah pernah mendengar istilah Prakerja. Program Prakerja, merupakan salah satu program dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia yang berfungsi untuk mengembangkan skill para pencari kerja. Selain mendapatkan skill selama pelatihan, para peserta Prakerja juga akan mendapatkan insentif setiap bulannya sebesar Rp 2.400.000 selama empat bulan atau setiap bulan mendapatkan Rp.600.000. Banyak orang yang mencari tahu cara daftar kartu prakerja.

Program Prakerja menjadi program unggulan Pemerintah di masa Covid-19. Hingga saat ini program prakerja tetap berjalan untuk membantu para lulusan maupun masyarakat yang baru saja terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dari perusahaan mereka akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Tak Selalu Positif, Begini Cara Menghadapi Gaya Hidup Modern dengan Baik

Menurut kabar yang beredar, di bulan April ini pemerintah akan kembali membuka gelombang selanjutnya untuk pendaftaran Prakerja. Untuk lebih mempersiapkan diri kalian, silahkan menyimak cara daftar kartu Prakerja pada ulasan berikut ini.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Cara Daftar Kartu Prakerja

Jika kalian belum memiliki akun kartu Prakerja, maka langkah pertama yang harus dilakukan ialah dengan membuat akun Prakerja terlebih dahulu di halaman https://www.prakerja.go.id/. Setelah itu para pendaftar akan diminta untuk memasukkan alamat email, membuat password sebanyak 6 karakter serta melakukan konfirmasi password dengan cara mengetik ulang password yang telah dibuat.

Selanjutnya, centanglah pernyataan yang terdapat di bagian bawah. Kemudian, kliklah menu Buat Akun. Setelah itu, pendaftar Prakerja akan menerima verifikasi akun lewat email yang telah didaftarkan. Bukalah email tersebut lalu lakukanlah verifikasi dengan cara mengklik tautan yang masuk di email kalian. Akun Prakerja kalian pun telah diaktifkan. Nah, jika kalian sudah memiliki akun Prakerja maka kalian hanya perlu login di alamat  https://www.prakerja.go.id/ dengan memasukkan e-mail dan password.

Verifikasi KTP

Langkah selanjutnya setelah membuat akun ialah dengan melakukan verifikasi KTP. Selain verifikasi KTP, kalian juga akan diminta untuk memverifikasi nomor NIK, nomor KK serta tanggal lahir. Setelah itu, silahkan memilih menu Berikutnya. Jika terdapat isian yang kurang tepat, maka sistem secara otomatis akan meminta kalian untuk mengisi ulang data tersebut.

Saat melakukan pengisian data, kalian akan diminta untuk memasukkan alamat email, nama lengkap, alamat yang sesuai dengan KTP, provinsi, kabupaten, kecamatan, alamat saat ini, jenis kelamin, pendidikan terakhir, status pernikahan, jumlah tanggungan, status pekerjaan hingga topik pelatihan yang ingin diikuti. Setelah semua data telah lengkap, silahkan mengunggah foto atau scan KTP kalian lalu klik pernyataan Saya Bersedia Mengisi Seluruh Data yang Dibutuhkan Dengan Sejujur-jujurnya. Setelah itu klik Lanjutkan. Adapun proses selanjutnya ialah proses verifikasi nomor ponsel yang telah kalian masukkan saat pendaftaran. Sistem Prakerja akan secara otomatis mengirimi kalian kode OTP lewat nomor yang didaftarkan. Setelah itu klik Kirim.

Motivasi dan Kemampuan Dasar

Tes motivasi dan kemampuan dasar menjadi proses rangkaian pendaftaran kartu Prakerja ini. Tes ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi dan potensi dari para pendaftar Prakerja. Kalian bisa menyediakan alat tulis selama mengerjakan tes ini. Klik Mulai Tes Sekarang untuk memulai tes. Setelah mengikuti tes, kalian tinggal menunggu evaluasi tes. Evaluasi tes biasanya memakan waktu sekitar 5 menit saja.

Cara Membeli Pelatihan Prakerja

Nah, setelah dinyatakan lulus maka kalian pun sudah bisa membeli pelatihan Prakerja yang tersedia. Adapun 7 mitra kartu Prakerja yang menyediakan pelatihan ini ialah Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, Mau Belajar Apa, Sekolahmu dan Sisnaker. Kali ini kami akan memberikan tutorial membeli pelatihan melalui platform Tokopedia.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan ialah dengan membuka aplikasi Tokopedia. Pastikan nomor yang digunakan telah terverifikasi di Tokopedia. Ketiklah Kartu Prakerja di kolom pencarian lalu pilih kategori pelatihan kemudian pilih lembaga pelatihan yang kalian inginkan. Untuk mengetahui detail pelatihan silahkan mengklik Lihat Detail. Jika sudah yakin maka silahkan mengklik Beli. Masukkanlah kode promo jika memang tersedia. Untuk melakukan pembayaran pilih metode pembayaran kartu Prakerja. Untuk bagian Program Pemerintah, masukkanlah 16 digit nomor kartu Prakerja yang tertera di dashboard akun Prakerja kalian. Setelah mengisi pelatihan, para peserta juga bisa mengisi ulasan maupun rating kelas yang telah diikuti dengan cara mengklik Tulis Ulasan pada halaman Histori Transaksi Top up dan Tagihan.

Nah, demikianlah informasi tentang proses atau cara daftar kartu Prakerja ini. Pastikan untuk melengkapi persyaratan yang diminta terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran. Hal ini bertujuan agar proses pendaftaran kalian dapat berjalan dengan lancar.

Related posts

7 Tips Karir Fresh Graduate, Agar Tidak Salah Memilih Pekerjaan

Risma Mualifa

Trik Belajar Digital Marketing Bagi Pemula

Marsyaviani Darestuti

6 Prospek Kerja Akuntansi dengan Gaji Menggiurkan

Risma Mualifa

Leave a Comment