Image default
Karir

7 Tips Karir Fresh Graduate, Agar Tidak Salah Memilih Pekerjaan

Lulus kuliah merupakan saat yang paling dinantikan semua mahasiswa. Karena dengan berakhirnya masa kuliah, berakhir pula masa pendidikan yang dijalani dengan tidak mudah. Akan tetapi, lulus kuliah bukan berarti segalanya akan lebih mudah. Justru lulusan baru atau fresh graduate akan menghadapi tantangan baru di dunia kerja. Perjalanan karir fresh graduate akan dimulai dan menjadi langkah awal kesuksesan di masa depan.

Sebagai fresh graduate, tentu semua orang ingin segera memiliki pekerjaan. Bahkan semua lulusan baru akan mendambakan karir yang bagus dengan gaji yang lumayan besar. Namun tentu saja bukan hal mudah mendapatkan karir yang sesuai dengan jurusan waktu kuliah apalagi langsung bisa mendapatkan posisi yang menjanjikan. Walaupun tidak mudah, tidak ada salahnya bagi fresh graduate menerapkan tips-tips di bawah ini agar tidak salah dalam memilih pekerjaan.

1. Tidak Ada Salahnya Jadi Freelance

Karir fresh graduate mulai dengan menjadi freelancer

Persaingan di dunia kerja memang selalu ketat. Banyaknya lulusan baru yang muncul setiap tahunnya tidak sebanding dengan minimnya lapangan kerja yang tersedia. Tak heran jika banyak sekali fresh graduate yang terpaksa menganggur setelah lulus kuliah bahkan bertahun-tahun setelahnya. Agar tidak berlarut-larut dalam kesulitan mencari pekerjaan, tidak ada salahnya mencoba lowongan sebagai freelance terlebih dahulu. Tips karir fresh graduate ini setidaknya bisa menjadi alternatif sampai menemukan pekerjaan yang benar-benar sesuai jurusan.

Saat ini bukan hal sulit menemukan lowongan freelance. Jika memiliki ketertarikan dalam dunia literasi, bisa mencoba jadi penulis lepas. Contoh lain, lulusan dari jurusan pendidikan bisa menyediakan jasa bimbingan belajar. Pada intinya, menjadi fresh graduate harus kreatif dan inovatif agar bisa menggali potensi dan menemukan peluang di sekitar. Bukan tidak mungkin dari menjalani freelance, muncul ide untuk memulai bisnis sendiri yang akan jadi jalan sukses di kemudian hari.

2. Perluas Jaringan

Salah satu tips agar mudah meraih karir fresh graduate sesuai keahlian adalah dengan memperluas jaringan. Sebagai fresh graduate tidak ada salahnya mengikuti semua kesempatan yang datang. Dari kesempatan itu biasanya akan terjalin hubungan dengan orang-orang baru yang siapa tahu mereka memiliki tawaran pekerjaan yang diinginkan. Jadi setelah lulus kuliah, hindari tetap nyaman berada di lingkungan terdekat. Keluarlah mencari banyak kenalan baru, melihat peluang di dunia luar dan mencoba tantangan lain.

Agar bisa mendapatkan karir yang sesuai dengan kemampuan, bangunlah jaringan dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Sambil terus meningkatkan interaksi, terus kembangkan kemampuan diri sendiri agar semakin mahir. Jadi lulus kuliah bukan alasan untuk berhenti belajar apalagi mendalami keahlian sesuai jurusan. Saat lulus kuliah, justru keahlian tersebut harus terus dilatih agar menjadi semakin mahir hingga nantinya akan sangat berguna di dunia kerja.

Baca Juga: 6 Prospek Kerja Akuntansi dengan Gaji Menggiurkan

3. Mulai Masukkan Lamaran Pekerjaan

Sembari menjalankan profesi sebagai freelance sesuai bakat, fresh graduate juga bisa memasukkan lamaran ke perusahaan. Tidak ada batasnya berapa jumlah perusahaan yang bisa dicoba untuk dilamar untuk karir fresh graduate. Pastikan hanya melamar pada posisi yang sesuai dengan kemampuan atau keahlian semasa kuliah. Sebagian besar perusahaan memang membutuhkan karyawan yang sudah berpengalaman. Sementara seorang fresh graduate pasti masih minim pengalaman. Hal itu bukan masalah karena bisa saja ada perusahaan yang mencari lulusan baru.

Ketika mengirimkan lamaran pekerjaan, perhatikan betul setiap detailnya. CV yang dibuat tidak boleh sembarangan, tapi harus mencantumkan hal-hal penting. Selain itu, tunjukkan ketertarikan kepada perusahaan tersebut dan posisi yang ingin dilamar. Biasanya perusahaan akan lebih tertarik pada pelamar pekerjaan yang dari awal sudah menunjukkan antusias. Tidak perlu berkecil hati jika belum ada panggilan untuk wawancara. Pekerjaan freelance akan menambah pengalaman untuk nanti lebih mudah masuk ke dunia kerja.

4. Perkirakan Tawaran Gaji yang Masuk Akal

 

Setiap orang pasti menginginkan gaji yang tinggi dari pekerjaannya. Untuk ukuran fresh graduate, gaji rata-rata yang mungkin diterima berada di kisaran Rp2juta hingga Rp6juta. Akan tetapi tentu saja seorang lulusan baru tidak serta merta langsung mendapatkan gaji tertinggi. Maka salah satu tips penting dalam karir fresh graduate agar mudah diterima kerja adalah realistis dalam mengajukan perkiraan besar gaji yang akan diterima.

Tidak masalah jika pada akhirnya mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang masih rendah. Memang marus ada proses yang perlu dilalui mulai dari status karyawan baru dengan gaji rendah hingga nantinya menjadi karyawan dengan keahlian lebih dan berhak mendapatkan gaji lebih tinggi. Seorang fresh graduate hanya perlu terus belajar mengembangkan diri agar karirnya semakin bagus dan cemerlang.

5. Siapkan Nyali Menghadapi Dunia Kerja

Dunia kerja bukan suatu hal yang lebih mudah dibanding saat masih menjadi mahasiswa. Dunia kerja menawarkan tantangan yang sangat berbeda dengan tingkat kesulitan yang tidak bisa diprediksi. Fresh graduate yang masih sedikit pengalaman tentu jarang yang bisa menyadari hal tersebut hingga akhirnya bertemu dengan banyak kesulitan ketika bekerja. Maka dari itu, karir fresh graduate harus diawal dengan menyiapkan nyali menghadapi berbagai kemungkinan di dunia kerja.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Sukses Anak Muda yang Patut Kamu Coba!

Tantangan yang paling awal biasanya dirasakan ketika akan melamar pekerjaan. Meskipun sudah mengantongi prestasi bagus selama kuliah, seorang fresh graduate bisa saja bertemu lulusan terbaik lain saat melamar pekerjaan. Kemudian ketika sudah diterima bekerja, tantangan lain datang dari sesama rekan kerja dan tuntutan atasan. Semakin lama akan semakin berat tuntutan pekerjaan, sehingga perlu mempersiapkan mental untuk menghadapinya.

6. Fokus pada Kemampuan Diri

Tidak ada istilahnya berhasil mendapatkan pekerjaan sesuai keahlian lalu tantangan berakhir begitu saja. Bisa dipastikan akan ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi di dunia pekerjaan. Seorang fresh graduate harus memiliki kemampuan untuk menjaga fokus agar tidak mudah tergoda hal-hal yang tidak perlu diperhatikan. Bagian terpenting dari karir fresh graduate agar bisa sukses adalah hanya fokus pada kemampuan diri dan terus berusaha untuk meningkatkan kemampuan tersebut.

7. Pertimbangkan Peluang Lain

Sudah mendapatkan pekerjaan tertentu bukan berarti bisa mengabaikan peluang lain yang datang. Jika memang ada peluang pekerjaan lain dengan kesempatan sukses yang lebih besar, tidak ada salahnya untuk diambil. Namun pastikan telah melewati pertimbangan yang serius dan pemikiran yang matang sebelum mengambil keputusan. Jangan hanya karena iming-iming gaji lebih besar kemudian langsung memutuskan untuk pindah tempat bekerja.

Dalam mempertimbangkan peluang lain, lihat apakah kesempatan itu bisa memberikan keuntungan lebih banyak. Tidak hanya soal penghasilan, tapi juga tentang kesempatan untuk mengembangkan karir. Perhatikan juga reputasi perusahaan lain tersebut, apakah lebih baik atau justru berada di bawah kualitas perusahaan yang semula. Semua pertimbangan itu penting untuk diperhatikan agar tidak salah memilih pekerjaan. Jika semakin bagus kemampuan yang dimiliki, biasanya tawaran pekerjaan yang datang juga semakin menjanjikan.

Meniti karir fresh graduate adalah proses yang membutuhkan waktu lama serta usaha yang tidak mudah. Ada begitu banyak hal yang harus menjadi perhatian utama ketika seorang fresh graduate akan memulai karirnya. Hal tersebut tidak hanya soal pekerjaan dan gaji yang didapatkan tapi juga harus fokus pada kemampuan diri.

Related posts

Trik Belajar Digital Marketing Bagi Pemula

Marsyaviani Darestuti

5 Blogger Indonesia Inspiratif untuk Sumber Belajar Blogger Pemula

Risma Mualifa

9 Situs Freelance di Indonesia untuk Berbagai Bidang Kemampuan

Risma Mualifa

Leave a Comment