Gaya Remaja

7 Pilihan Makanan Ikan Cupang Agar Sehat dan Warna Tidak Kusam

Makanan Ikan Cupang

Masa pandemi secara tidak langsung memunculkan banyak tren hobi baru di tengah masyarakat. Selain hobi bersepeda dan memelihara tanaman hias, ada satu lagi hobi yang juga selama beberapa waktu belakangan ini menjadi perbincangan. Hobi yang dimaksud adalah hobi memelihara ikan cupang. Meskipun hobi memelihara ikan cupang bukan termasuk tren baru, nyatanya sampai sekarang masih banyak orang yang menekuninya. Mereka selalu mengikuti berbagai perkembangan informasi penting, termasuk makanan ikan cupang.

Baca Juga: 25 Kata kata Anak Muda yang Mampu Memotivasi dan Membangkitkan Semangat

Hobi memelihara ikan cupang dipandang melalui beberapa sisi berbeda. Ada yang memang ingin memelihara karena suka dengan ikan dengan warna-warni indah tersebut. Ada yang memanfaatkannya menjadi sebuah bisnis. Untuk apapun tujuannya, ikan cupang memang memiliki daya tarik tersendiri terutama jenisnya yang beragam. Maka untuk mempertahankan keindahan warnanya, dibutuhkan pemilihan makanan yang tepat seperti berikut ini.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

1. Jentik Nyamuk

Jentik Nyamuk untuk makanan ikan cupang

Di habitat aslinya, jentik nyamuk merupakan makanan ikan cupang yang paling utama. Ketika ikan cupang diternak, jentik nyamuk tetap menjadi pilihan makanan terbaik bagi ikan cupang. Protein dari jentik nyamuk sangat bagus untuk kesehatan ikan cupang sekaligus dapat memelihara warnanya agar tetap indah. Untuk mendapatkan jentik nyamuk sebagai pakan ikan cupang, sediakan ember berisi air dan taruh di tempat yang gelap dan terbuka. Jentik nyamuk akan muncul dalam beberapa hari dan siap menjadi pakan ikan cupang.

2. Udang Air Asin

Udang air asin memiliki kandungan pigmen karetonoid yang bagus untuk meningkatkan warna pada ikan cupang, terutama warna merah dan kuning. Mengonsumsi udang air asin sebagai makanan rutin bagi ikan cupang dapat membuat warna ikan tersebut semakin terang. Tampilan ikan cupang menjadi bebas kusam dan memiliki daya tarik tersendiri. Untuk peliharaan pribadi maupun ladang bisnis, pakan udang air asin ini sangat direkomendasikan untuk ikan cupang supaya warnanya semakin indah.


3. Lalat Buah

Keberadaan lalat seringkali menjadi pengganggu di dalam rumah. Apalagi jenis lalat yang biasanya mengerubungi buah-buahan bisa memberikan kesan kotor dan menjijikkan. Namun bagi penggemar ikan cupang maupun yang menekuni bisnis jual ikan cupang, keberadaan lalat buah merupakan keuntungan tersendiri. Hewan terbang tersebut bisa menjadi makanan ikan cupang yang berkhasiat menjaga kecerahan warna pada ikan tersebut.

4. Kuning Telur

Telur terkenal sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Selain bagus untuk kesehatan tubuh manusia, telur ternyata juga bermanfaat untuk ikan cupang. Bukan keseluruhan bagian telur, melainkan bagian kuning saja yang disarankan karena proteinnya paling banyak. Kuning telur dapat diberikan kepada ikan cupang setelah direbus hingga matang. Namun perlu diingat bahwa pemberian kuning telur tidak boleh terlalu banyak. Kotoran ikan akibat mengonsumsi terlalu banyak kuning telur bisa mengotori air.

5. Cacing Darah

Cacing darah diberi nama demikian karena warna merahnya yang menyala. Ternyata dari warna merah yang mencolok itu, cacing darah bisa juga meningkatkan warna pada ikan cupang. Makanan ikan cupang yang satu ini baik diberikan sejak ikan cupang masih berusia muda. Selain bagus untuk memelihara warna ikan cupang, cacing darah juga dikenal memiliki gizi dan protein yang tinggi sehingga bisa menyehatkan ikan tersebut.

6. Cacing Sutra

Budidaya Cacing Sutra - Mudah Tapi Untungnya Gede! - Tukang Taman Jogja, Jasa Taman di Jogja

Satu lagi jenis cacing yang tak kalah bagus menjadi pakan ikan cupang, yaitu cacing sutra. Cacing sutra biasa ditemukan di tempat kumuh, seperti selokan atau perairan yang kotor. Jika tidak mau mencari cacing sutra di tempat-tempat tersebut, pakan ikan cupang ini dapat ditemukan di penjual ikan hias. Sebagai variasi, cacing sutra bisa diberikan secara bergantian dengan pakan ikan cupang lain yang bagus untuk memelihara warna cerahnya.

Baca Juga: Tak Selalu Positif, Begini Cara Menghadapi Gaya Hidup Modern dengan Baik

7. Ikan Salmon

Seperti jenis udang-udangan, ikan salmon juga memiliki pigmen karotenoid yang bagus untuk mencerahkan warna ikan cupang. Kandungan nutrisi pada ikan salmon juga cukup tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan gizi pada ikan cupang. Akan tetapi karena kandungan nutrisinya yang banyak, pemberian ikan salmon sebagai pakan ikan cupang perlu dibatasi. Berikan dengan ukuran dan intensitas yang terukur.

Memberi pakan pada ikan cupang tidak boleh sembarangan karena harus memperhatikan kandungan di dalam pakan tersebut. Tujuh jenis makanan ikan cupang di atas terbukti bagus untuk kesehatan ikan cupang sekaligus menjaga warnanya agar tetap menarik, cerah dan tidak kusam.



Related posts

8 Tips Mendaki Gunung untuk Pemula, Mulai dari Persiapan Hingga Pendakian

Marsyaviani Darestuti

7 Merk Perlengkapan Outdoor Lokal Paling Top

Linda Arista

Temukan Tips dan 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Di Sini!

Marsyaviani Darestuti