Image default
Hobi

Tips dan Trik Para Fotographer Keren Dalam Menghasilkan Gambar Mempesona

Kamu termasuk orang yang suka fotografi? Hobi satu ini bisa sangat menjanjikan bila kamu geluti dengan tekun, lho. Namun, kuncinya adalah mau terus belajar dan mengeksplor hal-hal baru dan unik untuk menghasilkan gambar yang bagus. Nah, salah satu yang bisa kamu coba adalah dengan menerapkan tips dan trik para fotographer keren ini nih.

Memotret gambar bagi para fotografer bukan hanya soal skill atau kemampuan memotretnya saja, tapi juga bagaimana para fotographer keren ini melakukan trik-trik unik sehingga hasil gambar yang dihasilkan pun bisa memukau. Bahkan banyak juga lho fotografer yang melakukan trik sederhana tapi tidak pernah terpikirkan oleh orang banyak.

Tips Fotografi Keren

Tips Fotographer Keren Dalam Menghasilkan Gambar Mempesona

Tips-tips ini bisa coba kamu praktekan agar hasil tangkapan gambarmu bisa cantik dan memaukau:

Membuat daftar gambar yang akan diambil

Bila kamu termasuk orang yang suka berjalan-jalan sambil membawa kamera dan memotret, kamu bisa lho membuat daftar tentang gambar apa saja yang ingin kamu tangkap. Ini pun juga bisa berlaku bila kamu adalah fotografer profesional yang kerjaannya memotret klien dalam segala momen.

Baca Juga: Wow, Ini Dia Hobi yang Keren dan Ternyata Membuat Cerdas!

Dengan mencatat dan membuat daftar ini, kamu jadi punya target tersendiri, dan juga membantumu jadi lebih teratur dalam bekerja.

Nikmati proses pengambilan gambar

Kebanyakan fotographer keren yang menghasilkan foto-foto bagus adalah mereka yang memang memiliki hobi fotografi. Mereka yang memang suka memotret akan lebih menikmati setiap proses pengambilan gambar yang mereka lakukan. Mereka tidak akan mudah terburu-buru ataupun menyerah. Itulah kenapa, sebaiknya bila kamu ingin menghasilkan gambar yang bagus, cobalah untuk menikmati proses pengambilan gambarnya.

Menyesuaikan konsep dengan lingkungan dan juga pencahayaan

Memotret di dalam ruangan studio tentunya akan berbeda jika kamu memotret di outdoor ataupun alam bebas. Sebaiknya, sebelum momotret, pastikan kamu mengetahui lokasi tempat kamu akan mengambil gambar. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menyesuaikan konsep foto dengan lingkungan dan juga pencahayaan. Hasil fotomu pun akan jadi lebih bagus.

Perhatikan alat-alat yang digunakan

Alat-alat memotret bagi fotografer adalah senjata utama yang mereka butuhkan untuk bertempur. Nah, maka dari itu, kamu harus memerhatikan alat-alat tersebut dengan baik. Apakah kamera masih berfungsi dengan baik untuk memotret, apakah baterai sudah terisi penuh, dan juga pastikan kamu membawa backup-an alat, seperti kamera dan juga baterai tambahan. Apalagi jika kamu memotret di luar ruangan yang minim tempat men-charger alat-alatmu.

Mendapatkan hasil fotografi keren pun bisa disebabkan oleh alat yang digunakan

Tips Fotografi Agar Hasil Gambar Terlihat Profesional Bagi Pemula

Kamu termasuk pemula dalam hal fotografi? Tenang saja. Selain tips-tips di atas, ada juga tips fotografi ini yang bisa dicoba oleh para pemula agar hasil gambarmu terlihat lebih profesional:

  • Mencoba perspektif berbeda. Memotret itu bicara perspektif. Tiap orang tentunya punya perspektif atau sudut pandang yang berbeda. Nah, kamu bisa coba memotret dari sudut pandangmu sendiri. Sehingga hasil foto yang dihasilkan pun berbeda dari hasil foto orang lain.
  • Memotret objek lebih menarik. Kalau kamu ingin memotret sebuah objek, kamu bisa coba memberikan dekorasi di sekitarnya yang mendukung hasil fotomu. Kamu juga bisa menggunakan teknik bokeh untuk latar belakang foto objek tersebut, sehingga hasil foto jadi lebih menarik.
  • Menentukan angle foto yang tepat. Angle foto yang tepat akan membuat hasil fotomu jadi lebih bagus. Misalnya seperti ketika kamu harus mengambil foto seluruh tubuh, maka posisikan kameramu berada tepat di bawah level mata, sehingga foto yang dihasilkan lebih panjang dan membuat kaki tampak lebih jenjang. Untuk memotret wajah, sebaiknya ambil bidikan dari atas agar memberi tampilan sudut pandang wajah yang lebih jelas.
  • Perhatikan pencahayaan. Bukan hanya angle yang akan membantu hasil foto jadi bagus, tapi juga soal pencahayaan. Fotographer keren akan memerhatikan pencahayaan atau lighting saat akan memotret. Untuk kamu yang ingin memotret wajah, disarankan untuk mengarahkan wajah ke sumber cahaya, terutama bila cahaya yang kamu gunakan adalah cahaya alami seperti sinar matahari.
  • Banyak memotret. Tidak ada salahnya untuk mengambil gambar sebanyak mungkin. Ini bisa jadi alternatif agar kamu bisa mendapatkan hasil foto terbaik.

Tips and Trik Unik dan Menarik yang Digunakan Para Fotographer Keren

Tidak sedikit lho, para fotographer keren ternyata memiliki trik rahasia yang sebenarnya hanya mengandalkan peralatan sederhana bahkan yang ada di sekitar kita, namun dapat menghasilkan foto atau gambar yang sangat menakjubkan. Nah, trik menarik ini bisa nih kamu coba:

1. Golden moment dalam memotret landscape

Manfaatkan Golden Momen saat memotret Landscape

Bila ingin memotret landscape kamu bisa memotret di golden moment ataupun blue hour. Golden moment ini ada di saat sore menjelang malam, dan juga di pagi hari. Jadi, pastikan kamu menunggu hingga sinar matahari dan cahaya dari pantulan bangunan mulai setara, lalu kamu bisa memotret objek yang kamu inginkan. Namun, momen ini hanya terjadi beberapa menit saja, lho. Maka dari itu, jangan sampai kamu melewatkannya.

2. Gunakan mode Aperture Priority ketika memotret wajah orang

Mode Aperture Priority untuk fotographer keren foto manusia

Kamu bisa menggunakan bukaan lebar atau nilai aperture berangka kecil, untuk membuat lensa tetap fokus pada wajah orang yang kamu foto. Ini juga membuat background foto jadi blur, sehingga hasil foto pun lebih menarik. Terlihat profesional, sekalipun kamu pemula!

3. Gunakan mode Burst bila memotret gerakan cepat

Mode Burst

Bila kamu akan memotret gambar yang bergerak cepat, kamu bisa mengatur setting-an kameramu dengan menggunakan mode Burst. Dengan begit, kamu bisa menangkap setiap gerakan dari objek fotomu, dan kamu bisa memilih salah satunya yang terbaik.

Baca Juga: 5 Situs dan Aplikasi Baca Novel Online Gratis

4. Menggunakan aplikasi smartphone

Manfaatkan Aplikasi Smartphone

Jika kamu suka memotret dengan menggunakan smartphone, kamu bisa mencoba beragam aplikasi yang ada untuk menghasilkan gambar yang bagus. Ada banyak pula aplikasi yang sudah menyediakan filter, sehingga hasil fotomu pun terlihat seperti sudah diedit.

5. Memanfaatkan barang-barang yang ada

Dapatkan fotographer keren dengan alat yang tersedia

Trik fotografi keren yang juga bisa kamu coba yaitu dengan memanfaatkan barang-barang di sekitarmu, misalnya seperti buku atau koran. Kamu bisa menggulung buku atau koran ini untuk dijadikan frame ketika kamu memotret, lalu potret lah sebuah objek, dan hasil fotomu pun akan berbeda dari biasanya.

6. Mencoba beragam angle yang tidak biasa

Gunakan beragam angle

Seperti yang disebutkan sebelumnya, angle yang tepat akan menghasilkan gambar yang bagus. Tapi, tidak ada salahnya lho untuk mencoba memainkan angle yang berbeda. Ini bisa memberikan nilai estetis yang lebih tinggi pada hasil fotomu. Selain itu, mencoba beragam angle yang tidak biasa seperti ini juga bisa melatih insting-mu dalam memotret, lho.

Sudah siap jadi fotographer keren dengan tips dan trik di atas?

Kalau kamu memang suka memotret atau fotografi, jangan ragu untuk terus mengeksplor dirimu dengan mencoba banyak hal menarik, seperti trik di atas. Dengan begitu, hasil fotomu pun akan lebih original, berbeda, unik dan lebih menarik.

Related posts

5 Situs dan Aplikasi Baca Novel Online Gratis

Marsyaviani Darestuti

6 Jenis Ikan Hias Cantik Untuk Akuarium yang Mudah Dipelihara

Sugar Glider Hewan Lucu Asli Indonesia Yang Bisa Melayang Ketika Berpindah Tempat

Rumi

Leave a Comment