Gaya Remaja

Penting, Kenali Pengertian Toxic dan Ciri-cirinya Agar Bisa Menghindarinya

Pengertian Toxic dan Ciri-cirinya
Source: Highlandernews.org

Belakangan ini istilah toxic kerap menjadi perbincangan, baik itu di media sosial maupun di lingkungan sekitar. Disebutkan bahwa toxic merupakan salah satu sifat yang tidak menyenangkan dari seseorang maupun lingkungan. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa orang maupun lingkungan toxic harus benar-benar dihindari karena berbagai alasan. Apa itu toxic akan terjawab oleh uraian mengenai pengertian toxic dan ciri-cirinya berikut ini.

Pengertian Toxic

Pengertian Toxic dan ciri-cirinya yang harus diketahui

Toxic merupakan kata asli dari bahasa inggris yang berarti racun. Selanjutnya toxic people adalah istilah untuk seseorang yang beracun atau memiliki kepribadian dengan sifat yang suka menyusahkan dan merugikan orang lain, baik secara fisik maupun emosional. Seseorang dianggap toxic saat menebarkan sesuatu yang negatif ke lingkungan sekitarnya. Biasanya toxic people sering ditemukan di media sosial maupun di dunia nyata.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Baca Juga: Penting! Kenali Makna, Dampak Serta Ciri-Ciri Pergaulan Sehat

Orang toxic atau orang yang beracun bisa mengganggu kehidupan orang lain, membuat orang lain tersakiti, dan bisa merugikan orang lain. Biasanya seseorang yang memiliki sifat toxic ini merupakan orang yang suka memandang orang lain memiliki sifat yang buruk, hidupnya penuh dengan kecurigaan, susah merasakan kebahagiaan, suka mengeluh, dan jarang merasakan kepuasan. Karena toxic merupakan racun, maka sifat toxic ini bisa menular ke orang yang ada di sekitarnya. Pengertian toxic dan ciri-cirinya harus dipahami agar bisa terhindar dari sifat buruk tersebut.

Ciri-Ciri Toxic

Ciri-ciri orang toxic

Secara umum, orang toxic digambarkan dengan ciri-ciri sering membuat rugi orang lain. Sifat buruk orang toxic itu kerap tidak disadari oleh orang sekitarnya sehingga seringkali sulit dihindari. Maka segera kenali ciri orang toxic dengan penjelasan lebih lengkap berikut ini supaya tidak terjebak dalam sifat buruknya.


1. Bersifat Egois

Ciri-ciri orang yang toxic biasanya dapat ditandai dengan sifat egois. Dengan kata lain, orang toxic sering melakukan hal yang membuat dirinya senang tanpa memikirkan perasaan orang lain. Keegoisan itu membuat orang toxic ingin menang sendiri dan sering memaksakan orang lain untuk menuruti semua keinginannya. Orang dengan sifat toxic biasanya jarang ada jika orang lain membutuhkan bantuannya.

2. Tidak Memiliki Simpati dan Empati

Orang dengan sifat toxic juga terkenal sebagai seseorang yang tidak memiliki rasa empati dan simpati. Seseorang yang toxic bahkan kerap menyakiti orang lain tanpa rasa bersalah. Tidak ada rasa kasihan atau keinginan untuk memahami perasaan dan kondisi orang lain. Baginya, kesulitan orang lain bisa jadi kesenangan tersendiri. Dari pengertian toxic dan ciri-cirinya, sudah jelas bahwa sifat ini sangat buruk.

3. Suka Merendahkan

Orang yang toxic tidak akan peduli dengan kesuksesan atau keberhasilan temannya. Meremehkan orang lain orang lain merasa tidak percaya diri menjadi hal yang sangat suka dilakukannya. Secara tidak langsung, sifat yang suka merendahkan ini menunjukkan bahwa orang toxic juga memiliki sifat iri terhadap orang lain. Tak jarang ia juga suka membanding-bandingkan orang lain dengan dirinya sendiri, bahkan akan selalu berusaha untuk menjatuhkan semangat orang lain dengan kata-kata negatifnya.

4. Suka Memanipulasi

Pengertian toxic dan ciri-cirinya lainnya juga menunjukkan bahwa orang semacam ini suka memanipulasi orang lain. Orang dengan sifat toxic suka mengontrol dan memerintah orang lain agar orang tersebut menuruti atau melakukan hal yang diinginkannya. Jika perbuatan memanipulasi temannya berhasil dan membuat orang tersebut menuruti segala keinginannya, maka ia akan mengulangi perbuatannya. Orang toxic juga sering membohongi orang lain dengan mengucapkan beribu alasan agar bisa dipercaya.

5. Enggan Minta Maaf

Pada dasarnya orang dengan sifat toxic ini memiliki sifat yang tak mau kalah, tidak mau terlihat lemah, enggan disalahkan, dan bersifat seakan dirinya paling benar. Meskipun sudah terbukti bersalah, orang toxic akan mengelak dan melimpahkan kesalahan tersebut pada orang lain. Orang yang memiliki sifat toxic akan terus menyalahkan orang yang ada di sekitarnya serta mengungkit kesalahan orang lain, hingga memojokkan orang tersebut. Orang yang tidak berbuat salah kepadanya bisa saja dipaksa untuk meminta maaf.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Baca Juga: Merusak Moral, Inilah 6 Gaya Hidup Barat yang Perlu Dihindari

Demi ketenangan dan kesehatan mental, orang dengan sifat toxic perlu dijauhi. Pahami betul pengertian toxic dan ciri-cirinya serta sifat umum yang dimilikinya. Sadari dengan cepat bila menemui orang dengan karakter seperti di atas agar bisa segera menghindarinya.



Related posts

Mimpi Bertemu Teman Lama? Ternyata Ini Artinya

Marsyaviani Darestuti

Makin Langka, Jajanan Jadul Indonesia yang Legend

Linda Arista

Tips Menggemukan Badan Secara Alami Tanpa Obat-Obatan

Rostina Alimuddin