Gaya Remaja

5 Ide Usaha Kecil-kecilan Remaja dengan Modal Minim

Usaha Kecil-Kecilan Remaja

Usaha kecil-kecilan remaja kini semakin diminati. Apalagi semakin banyak anak muda yang memiliki keinginan untuk memiliki bisnis atau menghasilkan uang sendiri. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya bisnis-bisnis baru yang bermunculan dari waktu ke waktu. Terutama bisnis seputar industri kreatif seperti fashion, kuliner, dan masih banyak lagi.

Kehadiran bisnis baru tersebut menjadi hal yang baik karena dapat membantu meningkatkan ekonomi di Indonesia. Jumlah pengusaha muda yang terus bertambah saat ini. Kamu sebagai anak muda mungkin juga merasa terinspirasi dan tertantang untuk memiliki bisnis sendiri meskipun usaha kecil-kecilan.

Ide Usaha Kecil-Kecilan untuk Remaja

Apakah kalian tertarik untuk memulai usaha tetapi masih bingung atau belum punya ide? Berikut ini adalah beberapa ide usaha kecil-kecilan remaja yang mungkin dapat menjadi referensi untuk dicoba.

1. Blogger

usaha kecil-kecilan menjadi blogger

Sumber Gambar: Sleekr

Blogger menjadi salah satu ide bisnis yang patut dicoba. Khususnya yang memiliki keterbatasan modal. Menjadi seorang blogger bisa dilakukan oleh siapa saja. Cukup dengan modal laptop dan kuota internet, Kamu sudah bisa memulai usaha ini dan menghasilkan uang.

Menjadi blogger sangat cocok jika Kamu hobi menulis. Kamu dapat menulis topik-topik yang Kamu sukai sebagai konten blog. Untuk menghasilkan uang dari usaha ini, ada beberapa hal yang dapat dicoba. Penghasilanmu bisa berasal dari iklan atau ad-sense di blog, menjadi afiliasi, bekerjasama dengan brand yang sesuai dengan tema blog, menjual produk/jasa, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 7 Cara Mulai Bisnis Untuk Pemula

Contoh tokoh yang sukses berkat menjadi blogger adalah Raditya Dika. Kini Raditya Dika tidak hanya menjadi blogger tetapi juga menjadi sutradara, penulis, comedian, dan selebgram.

2. Membuat Online Shop

Membuat Online Shop menjadi Ide Usaha kecil untuk remaja

Sumber Gambar: Clodeo

Perkembangan teknologi internet juga berperan penting untuk membuka peluang bisnis baru dengan mengandalkan internet, salah satunya adalah toko online. Untuk memulai usaha ini, Kamu tidak perlu modal yang besar. Saat ini memiliki toko online tidak perlu menyewa bangunan, membuat toko fisik, dan bahkan mungkin belum memerlukan pegawai.

Toko online menjadi peluang usaha yang patut untuk dicoba. Apalagi anak muda biasanya punya banyak ide baru dan kreativitas untuk menawarkan produk-produk baru. Produk yang dapat dijual secara online pun beragam seperti sepatu, makanan, minuman, pakaian, dan barang-barang lainnya.

Untuk menjalankan usaha toko online ini, Kamu perlu membuat website terlebih dahulu. Website ini menjadi wadah untuk menjual produk atau jasa yang Kamu tawarkan. Jika belum punya website, cobalah untuk memanfaatkan ecommerce gratis. Alternatif lainnya, gunakan social media seperti IG dan Facebook.

3. Café

Membuka Usaha Cafe bisa Menjadi Pilihan

Sumber Gambar: Okezone

Anak muda jaman sekarang identik dengan kegiatan ngobrol dan nongkrong entah itu di kampus, rumah teman, atau café-café hits. Kehadiran café hits yang instagramable merupakan peluang menarik. Untuk di awal kamu dapat memanfaatkan teras rumah untuk memulai usaha café kecil-kecilan misalnya.

Selain itu, Kamu bisa berkolaborasi dengan teman-teman yang juga ingin memulai usaha. Yang perlu disiapkan untuk memulai usaha ini adalah tempat yang nyaman, wifi, dan menu minuman serta makanan. Jika segmen usaha ini adalah pelajar atau mahasiswa, maka pastikan menunya murah dan enak.

Darimana modal untuk memulai usaha ini? Kamu bisa patungan dengan teman atau keluarga. Untuk makanan, pilihlah makanan seperti snack yang tahan lama atau frozen food untuk meminimalisir risiko makanan terbuang. Makanan tersebut masih bisa disimpan jika tidak laku seperti kentang goreng, sosis, nugget, dan masih banyak lagi.

4. Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Sumber Gambar: Kepripos

Apakah kamu menyukai hewan? Jika ya, Kamu bisa membuka jasa penitipan hewan peliharaan. Bukalah jasa penitipan hewan sesuai dengan hewan yang kamu sukai misalnya anjing, kucing, kelinci, atau hewan lainnya.


Untuk memulai usaha ini, Kamu tidak perlu menyiapkan banyak peralatan. Cukup dengan menyediakan kandang dan pakan hewan maka Kamu sudah bisa membuka usaha ini. Kamu dapat mempromosikan bisnis ini kepada teman-teman terdekat, kerabat, atau tetangga. Jadi, mereka tidak perlu khawatir jika ingin bepergian ke luar kota dan meninggalkan hewan peliharaannya.

5. Fotografi

Fotografi

Sumber Gambar: Aperture

Ide usaha kecil-kecilan remaja yang terakhir adalah fotografi. Peluang ini cocok buat Kamu yang menyukai dunia fotografi. Untuk awal-awal, Kamu bisa memanfaatkan kamera ponsel dengan lensa tele sehingga hasilnya tidak kalah dengan kamera SLR. Foto yang sudah dihasilkan selanjutnya bisa Kamu jual di situs-situs seperti Shutterstock, Istock Photo, dan sejenisnya.

Foto-foto ini dapat menjadi portfolio Kamu sehingga sangat memungkinkan ke depan banyak perusahaan atau orang yang ingin mengajak kerjasama misalnya untuk membuat foto katalog produk, profil perusahaan, dan lain sebagainya. Jika sudah menghasilkan, nantinya Kamu bisa membeli kamera dengan spesifikasi yang lebih mumpuni.

Baca Juga: 12 Jenis Usaha Kuliner Anak Muda Paling Laku!

Selain beberapa ide di atas, sebenarnya masih ada lagi pilihan usaha yang dapat dicoba. Jadi, apakah Kamu sudah mendapat inspirasi atau ide dari contoh usaha kecil-kecilan remaja di atas? Yuk, mulai berwirausaha dari sekarang!



Related posts

Dampak Globalisasi yang Tidak Baik bagi Anak Muda adalah Sebagai Berikut

Risma Mualifa

7 Aktivitas yang Menjadi Mood Booster Paling Ampuh

Risma Mualifa

5 Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat Remaja

Risma Mualifa