Image default
Education

5 Pilihan Beasiswa Gratis untuk Anak Muda Indonesia

Banyak anak muda yang bercita-cita ingin menempuh pendidikan tinggi namun sulit mewujudkannya lantaran keterbatasan biaya. Sekarang, masalah tersebut tidak lagi menjadi halangan karena ada pilihan beasiswa gratis untuk anak muda Indonesia. Biasanya beasiswa tersebut di diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan, maupun yayasan. Dengan memperoleh beasiswa, maka semua biaya kuliah bahkan biaya hidup saat kuliah akan ditanggung oleh pemberi beasiswa.

Beasiswa merupakan pemberian bantuan berupa keuangan yang ditujukan kepada perorangan. Tujuan diberikannya beasiswa adalah untuk digunakan dalam keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Mendapatkan beasiswa memang bukan perkara mudah sebab ketatnya persaingan.

Baca Juga: Mau Tau Cara Daftar Sekolah Tinggi Akuntansi Negara? Begini Caranya!

Calon penerima beasiswa biasanya perlu melewati seleksi dan memenuhi berbagai persyaratan untuk bisa mendapatkannya. Kriteria yang ditetapkan untuk setiap jenis beasiswa bisa berbeda, begitu juga dengan fasilitas yang akan didapatkan seperti yang dijelaskan berikut ini.

Deretan Pilihan Beasiswa Gratis

1. Beasiswa Unggulan S1

Salah satu beasiswa gratis untuk anak muda Indonesia yang bisa dimanfaatkan adalah Beasiswa Unggulan S1. Beasiswa yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan ini menyediakan beasiswa dalam beberapa jenjang sekaligus, salah satunya adalah beasiswa S1. Tidak hanya di dalam negeri, beasiswa unggulan ini juga memberi kesempatan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Progam beasiswa tersebut diutamakan untuk bidang yang relevan pada pengembangan pendidikan dan kebudayaan. Hal tersebut sesuai dengan tugas dan fungsi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2. Beasiswa Bidik Misi (BBM)

Pilihan Beasiswa Gratis
Source: Okezone.com

Beasiswa Bidik Misi adalah beasiswa kuliah gratis bagi lulusan SMA yang diberikan pemerintah melalui DIKTI. Beasiswa ini mengutamakan calon penerima yang berasal dari keluarga kurang mampu. Bidik Misi biasanya ditawarkan ketika akan masuk tahun akademik perkuliahan baru dan bagi siswa yang memenuhi persyaratan bisa mendaftarkan diri. Bantuan yang disediakan berupa tunjangan buku, biaya kuliah per semesternya, serta uang saku yang diberikan setiap satu semesternya. Beasiswa ini diberikan selama delapan semester untuk jenjang S1.

3. Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie

Beasiswa yang ada sejak tahun 1992 ini awalnya bernama Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT. Kemudian pada tahun 201 namanya diganti menjadi Yayasan Amal Abadi ORBIT Hasri Ainun Habibie. Nama tersebut ditujukan sebagai penghormatan bagi almarhumah Ibu Hasri Ainun Habibie. Dalam progam beasiswa ini terdapat dua kategori, yaitu reguler dan unggulan.

Penerima beasiswa reguler adalah siswa yang duduk di bangku kuliah mulai semester 1 hingga maksimal semester 8. Bantuan ini diberikan sesuai kebutuhan mereka yang paling mendesak, misalnya untuk biaya transportasi, kos, membeli buku, dan lainnya. Sedangkan beasiswa unggulan diberikan sejak awal hingga selesai menempuh pendidikan di PTN. Bantuan yang diberikan mencakup biaya tunjangan buku, biaya kuliah, uang saku per bulan, hingga biaya kost per semester. Beasiswa untuk anak muda Indonesia ini terbukti sangat membantu banyak anak muda dari keluarga tidak mampu.

4. Djarum Beasiswa Plus

Selain menjadi salah satu beasiswa paling populer di Indonesia, Djarum Beasiswa Plus juga termasuk jenis beasiswa yang tertua karena sudah ada sejak tahun 1984. Beasiswa ini ditujukan khusus untuk siswa yang memiliki prestasi tinggi di Indonesia. Tidak hanya mendapat dana beasiswa selama satu tahun, penerima juga mendapatkan berbagai macam pelatihan keterampilan lunak atau soft skills dengan tujuan untuk kebaikan masa depan bangsa. Contoh pelatihannya berupa Nation Building, Character Building, dan yang lainnya.

Baca Juga: Pemuda Muslim Sukses dari Indonesia Hingga Dunia!

5. Sampoerna Foundation

Beasiswa Sampoerna Foundation dikhususkan untuk mereka yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Beasiswa ini bisa diperoleh siapapun yang ada di seluruh Indonesia. Namun mengingat tujuan beasiswa ini sendiri, yaitu untuk membantu pelajar yang memiliki prestasi cemerlang, maka salah satu syarat penerimanya adalah pelajar yang memiliki semangat tinggi untuk membangun negeri. Tunjangan yang diberikan oleh salah satu beasiswa gratis untuk anak muda Indonesia ini berupa biaya kuliah maksimal empat tahun, uang saku, biaya buku, serta biaya internet.

Tidak ada alasan mengubur mimpi menempuh pendidikan tinggi karena kekurangan biaya. Hadirnya banyak pilihan beasiswa gratis untuk anak muda Indonesia merupakan solusi untuk permasalahan tersebut. Dengan mendapat beasiswa, maka terbukalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dan meraih cita-cita dengan lebih mudah.

Related posts

Mau Tau Cara Daftar Sekolah Tinggi Akuntansi Negara? Begini Caranya!

6 Pilihan Situs dan Aplikasi Penerjemah Selain Google Translate

Marsyaviani Darestuti

Apa Itu Reksadana Pasar Uang dan Keuntungannya

Leave a Comment