Image default

Tips Meraih Work Life Balance agar Hidup Lebih Meaningful

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Work life balance adalah impian bagi banyak pekerja. Tugas-tugas kantor yang menumpuk hingga siklus kehidupan kantor yang monoton setiap harinya membuat banyak kalangan rentang mengalami burn out hingga depresi. Maka tak heran jika work life balance menjadi cita-cita yang sangat ingin digapai oleh kebanyakan pegawai kantoran hari ini.

Menyeimbangkan karir dan kehidupan pribadi memang bukanlah hal mudah. Terlebih jika Anda adalah penganut jam kerja eight to five atau mungkin nine to nine. Tentu saja, tuntutan pekerjaan dan kebutuhan hidup mengharuskan Anda untuk tetap hidup di dalam zona tersebut.

Baca Juga: Cara Jitu Meningkatkan Skill untuk Anak Muda

Mengenal Apa itu Work Life Balance

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, work life balance merupakan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan. Secara sederhana, work life balance adalah gambaran kondisi di mana Anda memiliki kemampuan untuk mengatur urusan karir dan urusan pribadi.

Dapat dikatakan bahwa orang-orang yang mampu membagi waktu antara pekerjaan dan urusan pribadinya di luar kantor adalah orang-orang yang memiliki time management yang sangat baik. Sehingga, mereka yang mampu menjalankan work life balance tetap memiliki kesehatan mental yang bagus di tengah akifitas kantor yang produktif.

Manfaat Menerapkan Work Life Balance

Jauh Dari Berbagai Macam Penyakit

Ketika mencapai kondisi work life balance, tentu Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit mental. Pola pikir yang positif dan optimis akan lebih meningkatkan imun sehingga, tubuh pun akan jauh lebih sehat.

Hal ini justru akan berbeda jika Anda tidak mencapai keseimbangan tersebut. Orang yang sulit menjaga kondisi work life balance-nya akan sangat mudah mengalami stress dan depresi. Hal ini terjadi ketika mental mereka sudah tidak sanggup lagi menanggung beban pekerjaan yang diberikan.

Meningkatkan Performa

Seseorang yang yang memiliki kondisi fisik dan mental yang bagus tentu akan tetap produktif sekalipun dihantam oleh deadline harian di kantor. Tak jarang, orang yang memiliki pola pikir yang selalu positif juga menghasilkan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan performa perusahaannya.

Menjadi Lebih Fokus

Penganut work life balance sejati tidak akan mudah terdistraksi dengan berbagai macam hal. Mereka sangat memahami bagaimana konsep time management bekerja dalam kehidupan mereka. Oleh sebab itu, mereka akan tetap fokus menyelesaikan apa yang seharusnya mereka selesaikan dibandingkan harus melakukan dan memikirkan hal-hal yang berada di luar urusan pekerjaan.

Tips Mencapai Work Life Balance

Menentukan Prioritas

Umumnya, setiap orang memiliki manajemen waktu yang berbeda. Hal ini sejalan dengan skala prioritas yang dimilki oleh pribadi masing-masing. Agar bisa memiliki manajemen waktu yang sehat, cobalah membuat jurnal harian kemudian buatlah urutan prioritas untuk setiap jadwal yang akan Anda lakukan setiap harinya. Dengan begitu, Anda pun bisa terhindar dari penyakit procrastination.

Jangan Membawa Pekerjaan ke Rumah

Segala hal yang harusnya dikerjakan di kantor sebaiknya diselesaikan di kantor. Jangan pernah membawa pulang urusan kantor Anda ke rumah. Karena rumah adalah tempat untuk memulihkan segala energi yang telah terkuras seharian di tempat kerja, maka fokuslah untuk mengembalikan semua energi yang terkuras tersebut. Dengan begitu, Anda pun akan tetap kembali produktif saat bekerja esok harinya.

Mencari Waktu Me Time

Memberikan reward untuk diri sendiri setelah bekerja seharian adalah sesuatu hal yang perlu Anda lakukan. Luangkanlah waktu Anda sehari ataupun dua hari saja untuk memanjakan diri di mall, sauna atau sekedar bersantai di rumah untuk menonton serial favorit. Menjauhkan diri dari rutinitas kantor termasuk salah terapi yang paling mujarab agar terhindar dari penyakit mental.

Berbagi Keluh Kesah dengan Orang Lain

Berbagi keluh kesah karena stress akibat lelah bekerja juga merupakan cara untuk melepas beban mental Anda. Meskipun saling berbagi cerita dengan orang lain tidak menyelesaikan masalah yang dihadapi sepenuhnya, akan tetapi hal tersebut akan cukup membuat Anda menjadi lebih lega.

Baca Juga: 9 Situs Freelance di Indonesia untuk Berbagai Bidang Kemampuan

Meluangkan Waktu Untuk Hobi

Melakukan berbagai hal yang disukai termasuk cara untuk menjaga mental Anda agar tetap waras. Oleh sebab itu, gunakanlah waktu libur untuk menghabiskan waktu bersama hobi Anda. Anda bisa pergi menonton film di bioskop, bermain game seharian, atau membaca buku favorit.

Mencapai work life balance memang bukanlah sesuatu yang mudah untuk para pekerja kantoran. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya, bukan? Cobalah menerapkan tips-tips yang kami berikan agar Anda bisa menjalani hidup yang lebih seimbang di tengah tuntutan pekerjaan hari ini.

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Related posts

Jangan Disepelekan, Ini Dia Manfaat Menerapkan Budaya Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat adalah Keharusan, Bagaimana Cara Menerapkannya?

Risma Mualifa

Raup Banyak Cuan! Berikut 6 Rekomendasi Bisnis yang Cocok untuk Pemula

Linda Arista
Promo Aol 17 - 30 Juni 2022