Gaya Remaja

Makin Langka, Jajanan Jadul Indonesia yang Legend

Jajanan Jadul Indonesia

Anak 90-an mana yang tidak suka jajan? Sebagian besar orang pasti memiliki kenangan tentang makanan yang sering di nikmati saat masa kecil, termasuk jajanan jadul Indonesia tahun 90-an yang sudah semakin langka. Padahal, saat kita SD, jajanan ini menjadi jajanan wajib yang kita manfaatkan.

Kali ini kita akan membahas beberapa jajanan jaman kecil dulu yang dijamin bikin kamu nostalgia dan merindukan masa kecil bahagia. Baik itu yang dijual di toko atau supermarket hingga yang diperdagangkan di kaki lima. Berikut list-nya.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Jajanan Jadul Anak 90-an

1. Permen Rokok

Permen Rokok, Jajanan Jadul Indonesia anak 90-an
Source: Bukalapak.com

Siapa di sini yang waktu kecil suka nge-prank orang tuanya pakai permen rokok? Ya, jajanan jadul Indonesia populer tahun 90-an ini sangat unik karena dikemas menyerupai rokok. Rasanya yang manis dan harganya yang murah membuat permen ini digandrungi oleh anak-anak pada masa itu.

Permen rokok ini dulunya banyak dijual di kantin sekolah. Karena tampilannya yang mirip rokok, permen ini kerap jadi bahan lucu-lucuan supaya terlihat keren seolah-olah sedang merokok layaknya orang dewasa.

Bagi siapapun yang sering makan permen ini pada masanya, pasti akan teringat momen-momen masa kecil yang penuh kelucuan. Namun sayang banget, permen rokok kini makin langka karena cuma sedikit yang menjualnya, bahkan nyaris tidak ada.


Baca Juga: 12 Jenis Usaha Kuliner Anak Muda Paling Laku!

2. Permen Kaki (Hot Hot Pop)

Permen Kaki Hot Hot Pop
Source: Tokopedia.com

Jajanan jadul lain yang pasti tidak akan pernah bisa dilupakan oleh anak-anak 90-an, adalah permen kaki merk Hot Hot Pop. Permen ini memiliki warna merah cerah yang eye catching dan berbentuk seperti kaki.

Rasanya manis, asam, serta tidak lupa akan meninggalkan warna merah yang di lidah kamu saat! Dulu banyak sekali pedagang yang menjual permen ini, terutama di, terutama di kantin sekolah dasar saat jam istirahat. Tak heran jika permen ini menyimpan banyak kenangan bagi anak 90-an.

3. Rambut Nenek

Rambut Nenek Jajanan Jadul Indonesia
Rambut Nenek

Permen yang disebut ‘rambut nenek’ ini mirip dengan permen kapas karena terbuat dari gula cair yang  diberi tepung jagung sebelum dipintal. Sekilas mirip permen kapas, ya. Namun, rambut nenek teksturnya berserabut sedangkan permen kapas teksturnya lebih lembut. Walaupun begitu, makanan ini langsung lumer yang nagih saat masuk ke mulut.

Jajanan jadul Indonesia yang hits tahun 90-an ini masih eksis hingga sekarang. Bahkan banyak anak muda yang mulai memproduksi dan menjual jajanan ini dengan lebih banyak variasi dan packaging yang kekinian. Kamu bisa membelinya di sejumlah toko online untuk mengobati rasa kangen kamu akan jajanan jaman dulu.

4. Telur Gulung

"<yoastmark

Telur gulung menjadi salah satu jajanan favorit siswa sekolah tahun 90-an yang masih eksis hingga kini. Biasanya telur gulung disajikan dengan saus pedas dan kecap. Camilan ini dibuat dengan cara mengocok telur dengan tepung tapioka, kemudian digoreng dalam minyak panas. Telur yang sudah matang kemudian digulung pada tusuk sate untuk disajikan.

5. Permen Ting-Ting

Ting-Ting Garuda
Ting-Ting Garuda

Masih dengan permen kacang karamel yang hits tahun 90-an ini? Ya, permen Ting Ting dulu bisa dengan mudah kamu jumpai di warung maupun kantin sekolah. Teksturnya yang lengket dengan rasa gurih dan manis membuat siapapun yang mencobanya akan ketagihan.

Meski kini sudah jarang dijual di warung atau kantin sekolah, permen Tin Ting masih bisa kamu temukan di minimarket atau supermarket. Kemasannya pun kini lebih higienis dengan rasa yang tetap sama.

6. Mi Lidi

Mi Lidi
Mi Lidi

Siapa di sini yang dulu suka jajan lidi-lidian? Mi berbentuk lidi ini sangat populer di kalangan anak-anak 90-an. Dulunya, jajanan ini hanya tersedia varian rasa gurih dan pedas saja. Teksturnya yang kriuk serta rasa bumbunya yang nagih membuat kamu ingin memakannya lagi dan lagi.

Kabar baiknya, kini jajanan lidi-lidian kembali naik daun, loh. Apalagi dengan semakin banyak varian rasa yang tersedia, mulai dari asin (original), pedas, jagung bakar, keju, seaweeb, BBQ, balado, dan lain-lain. Packagingnya pun dibikin lebih menarik dan berkualitas supaya lebih tahan lama.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Baca Juga: Tips Memilih Kacamata Anak Muda Untuk Si Pemilik Wajah Bulat

Nah, itulah beberapa jajanan jadul Indonesia yang makin langka namun menyimpan kenangan manis dan sulit buat dilupakan oleh anak-anak 90-an.  Selain rasanya yang enak, pasti bikin kamu kangen masa kecil, bukan? Mana jajanan favorit kamu dulu?



Related posts

Terapkan 6 Rutinitas Pagi Positif yang Baik Untuk Suasana Hati dan Pikiran

Marsyaviani Darestuti

Keputihan Berwarna Coklat Pada Remaja: Perlu Khawatir atau Tidak?

Ayu Lusiani

Menguatkan Diri Meraih Tujuan Hidup yang Ditetapkan Untuk Diri Sendiri

Marsyaviani Darestuti