Gaya Remaja

Jangan Disepelekan, Ini Pentingnya Mental Health

pentingnya mental health

Kesehatan mental atau mental health seringkali dijadikan nomor dua bahkan tidak mendapatkan perhatian lebih dibandingkan kesehatan fisik. Padahal keduanya punya peranan yang sama penting bagi hidup kita. Agar tidak lagi disepelekan, kamu harus memahami pentingnya mental health. Ini pun dilakukan agar kamu lebih termotivasi untuk menjaga kesehatan mental dirimu sendiri.

Kesehatan mental sendiri menurut WHO didefinisikan sebagai kesejahteraan bagi mental seseorang, di mana ia menyadari kemampuannya sendiri, bisa mengatasi tekanan hidup yang normal, bisa bekerja dengan produktif serta dapat memberi kontribusi pada komunitasnya. Kesehatan mental pun meliputi kesejahteraan emosional, psikologis, serta sosial. Di mana ini akan memengaruhi cara berpikir, merasa dan bertindak seseorang. Ini juga menentukan bagaimana individu menangani stress, berhubungan dengan orang lain dan juga membuat pilihan yang tepat.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Mental Health, Sederhana dan Ampuh!

Alasan Pentingnya Mental Health

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa menjaga kesehatan mental adalah hal yang penting:

1. Menjaga suasana hati

Suasana hati yang kamu rasakan berhubungan langsung dengan kesehatan mentalmu. di mana ketika kesehatan mental tidak diperhatikan, maka suasana hati bisa saja jadi tidak menentu. Saat kesehatan mental dijaga dengan baik, maka beragam gangguan mental bisa dicegah.

2. Menurunkan risiko mengalami gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan termasuk salah satu kondisi yang sering dialami banyak orang. Ini merupakan respon alami dari tubuh ketika kita menghadapi stres.

Gangguan ini bukan hanya punya dampak buruk untuk kesehatan mental saja tapi pada kesehatan fisik juga. Gangguan kecemasan dapat memicu sakit kepala, napas dan detak jantung yang cepat, tegang otot dan lainnya.


3. Mencegah sakit fisik

Pentingnya mental health sama pentingnya dengan kesehatan fisik

Seperti yang sudah disebutkan di atas, mental health punya kaitan erat dengan kesehatan fisik. Di mana ketika kesehatan mentalmu tidak dijaga, bukan tidak mungkin fisik pun akan merasakan sakit. Banyak riset yang membuktikan bahwa orang yang mengalami tekanan mental berisiko 32% lebih tinggi meninggal karena kanker. Bukan hanya itu saja, depresi pun sering dikaitkan dengan sakit jantung koroner.

Menurut para ahli, mereka yang kesehatan mentalnya buruk akan lebih sulit untuk menghentikan kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat, yang akhirnya memicu beragam penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung ataupun kanker.

4. Meningkatkan kesejahteraan

Menurut penelitian, kesehatan mental yang baik akan memengaruhi kesejahteraan seseorang di segala aspek, seperti pekerjaan, ekonomi, pendidikan dan juga kesehatan fisik. Itulah kenapa penting sekali untuk menjaga kesehatan mental.

5. Membantu memiliki pandangan positif dan mampu menghadapi tantangan hidup

Ketika kesehatan mentalmu baik, maka kamu akan lebih mungkin untuk selalu memiliki pandangan positif, baik pada dirimu sendiri ataupun pada orang lain dan lingkungan. Namun bila kesehatan mentalmu buruk, maka yang terjadi bisa saja sebaliknya.

Selain itu, orang yang punya kesehatan mental yang terjaga akan lebih mampu untuk mengatasi dan mengelola stres yang sangat mungkin dialami spentingnya mental healthetiap orang. Mereka akan lebih mudah mengontrol emosi dan tindakan, serta dapat menghadapi tantangan hidup yang ada.

Baca Juga: Rekomendasi Buku Tentang Mental Health

Cara Menjaga Mental Health

Kenali alasan pentingnya mental health ini!

Setelah disebutkan pentingnya mental health, maka diharapkan kamu dapat termotivasi untuk melakukan langkah-langkah yang dapat membuat kesehatan mental yang baik ini bisa terwujud. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan:

  • Mengendalikan stress

Bisa dibilang stres adalah hal yang tidak bisa dihindari. Namun, jika kamu tidak dapat mengendalikan dan mengelolanya dengan baik, hal ini lah yang akan memengaruhi kesehatan mentalmu. Kamu dapat mencoba relaksasi atau meditasi untuk mengendalikan dan mengelola stress yang mungkin sedang kamu rasakan.

  • Olahraga

Tahukah kamu, ternyata olahraga dapat memicu tubuh untuk memproduksi hormon bahagia, lho. Banyak penelitian yang juga menyebutkan bahwa aktivitas fisik seperti olahraga ini sama efektifnya dengan psikoterapi dalam mengobati depresi yang ringan sampai sedang. Olahraga pun dapat membantu kita untuk mengurangi rasa cemas, stress dan gugup.


  • Menerapkan pola makan sehat

Cara menjaga mental health yang berikutnya adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat. Faktanya, menurut studi, pola makan yang buruk ternyata berkaitan erat dengan peningkatan masalah kesehatan mental. Itulah kenapa sebaiknya kamu membiasakan diri untuk menerapkan pola makan sehat dan konsumsi makanan bergizi.

  • Jalin komunikasi dan hubungan baik dengan teman dan keluarga

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, di mana kita butuh berinteraksi dengan orang lain. Memiliki hubungan dan komunikasi yang baik dengan keluarga dan juga teman, nyatanya, dapat membantu untuk menjaga kesehatan mental seseorang. Memiliki dukungan dan mengetahui bahwa ada orang di sekitar kita yang peduli pada kita tentunya jadi salah satu hal yang baik untuk kesehatan mental kita.

Itulah beberapa hal yang dapat menyadarkan kita mengenai pentingnya mental health. Diharapkan setelah ini, kesehatan mental tidak lagi diabaikan.



Related posts

Stop Insecure! Inilah 6 Alasan Kenapa Banyak Orang Gagal dalam Hidup

Linda Arista

7 Ciri-Ciri Depresi Pada Remaja yang Harus Diwaspadai

Primaditya Riesta

Apa itu mind Mapping dan Bagaimanakah Cara Membuat Mind Mapping?

Rostina Alimuddin