Gaya Remaja

Memahami Apa Itu Passion dan Bagaimana Cara Mengembangkannya

Apa itu Passion
Source: Pexels.com

Passion merupakan istilah yang sudah sangat sering dibicarakan. Saat membahas tentang passion, kebanyakan orang akan mengarah ke pembahasan mengenai pekerjaan. Tidak hanya itu, istilah passion juga kerap dihubungkan dengan kemampuan seseorang. Bahkan istilah passion juga sering dikaitkan dengan hobi bahkan tidak jarang dikatakan sama. Padahal passion merupakan istilah yang memiliki makna tersendiri. Maka agar tidak lagi salah mengartikan, penting sekali untuk tahu apa itu passion.

Pengertian Passion

Apa itu Passion

Passion termasuk salah satu istilah universal yang lumayan sulit untuk didefinisikan. Tapi jika dilihat dari bahasa, passion berasal dari bahasa Inggris yang berarti gairah. Adapun gairah yang dimaksud yaitu perasaan sangat kuat atau rasa semangat yang besar yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan sesuatu. Menurut pengertian lain, passion adalah kecenderugan atau keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu yang disukai atau dianggap penting untuk dilakukan. Secara sederhana, passion berarti kondisi ketika motivasi yang kuat bertemu dengan emosi yang kuat pula.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Baca Juga: 5 Blogger Indonesia Inspiratif untuk Sumber Belajar Blogger Pemula

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang sukses selalu bekerja di bidang yang sesuai dengan passionnya. Maka sudah seharusnya setiap orang mengerti apa itu passion dan mengetahui apa passion yang dimilikinya. Seseorang yang mampu mengenali passion dalam dirinya akan memiliki tujuan yang jelas dan tidak akan pernah berhenti sebelum tujuan tersebut dicapainya.. Tidak peduli sebanyak apapun biaya, tenaga, pikiran dan waktu, orang yang melakukan suatu hal karena passion akan selalu total dalam usahanya.

Tipe-tipe Passion

Tipe Passion

Professor J Vallerand mengatakan bahwa passion terbagi dalam dua tipe, yaitu passion obsesi dan passion harmoni. Masing-masing passion tersebut memiliki karakteristik yang berbeda sehingga dapat berdampak pada seorang individu yang bersangkutan.


1. Passion Obsesi

Passion obsesi adalah dorongan aktivitas yang kerap dijadikan landasan karena adanya faktor eksternal. Orang dengan tipe passion ini adalah seseorang yag dipaksa untuk menjalani aktivitas tertentu meskipun tidak sesuai dengan kepribadiannya. Efeknya akan membuat orang tersebut seperti robot yang kaku karena tidak memiliki keinginan di bidang yang dikerjakannya. Contohnya adalah usaha mendapatkan gaji untuk dapat menafkahi keluarga. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang cenderung memiliki tipe passion obsesi jarang bersikap lembut saat dihadapkan dengan masalah di hidupnya.

2. Passion Harmoni

Pengertian tentang apa itu passion harmoni ini berbeda dengan jenis sebelumnya. Passion harmoni bisa disebut sebagai seseorang yang menjadikan hobi sebagai sumber pendapatan. Dapat diartikan juga sebagai passion yang dilakukan seseorang atas landasan rasa senang, cinta, dan seirama dengan hal-hal yang disukai. Passion tipe ini merupakan kelompok passion yang positif dan cederung memiliki tujuan yang jelas. Orang dengan tipe passion ini akan menyelesaikan masalahnya dengan kepala dingin sehingga dapat meminimalisir adanya konflik antara aktivitas dengan nilai pribadi.

Cara Mengembangkan Passion

Cara Mengembangkan Passion

Menemukan passion dan mengembangkannya termasuk hal yang sangat penting dilakukan oleh setiap orang. Karena dengan mengembangkan passion, seseorang akan lebih mudah sampai pada keberhasilan. Inilah beberapa cara yang dapat dilakukan agar passion yang dimiliki semakin berkembang dan bermanfaat bagi hidup.

1. Mencari Ketertarikan

Untuk mengembangkan passion yang dimiliki, cara utamanya adalah dengan mencari dan menemukan ketertarikan. Setiap orang tentu memiliki ketertarikan pada suatu hal. Ketertarikan yang sesungguhnya tidak pernah dipengaruhi oleh pendapat orang lain maupun tren yang sedang berjalan. Dari ketertarikan itu, akan lebih mudah mengembangkan passion hingga menjadi suatu hal yang dapat mendatangkan keuntungan.

2. Melatih Kemampuan secara Terus Menerus

Setelah mengetahui ketertarikan, langkah selanjutnya dalam mengembangkan apa itu passion yang dimiliki dengan cara mengasah kemampuan secara terus menerus. Dengan terus berlatih dan belajar, maka seseorang akan semakin ahli di bidang yang disukainya. Memperdalam kemampuan bisa melalui banyak sumber belajar. Kemampuan yang diperdalam akan menjadi potensi diri yang sangat berharga.

3. Menemukan Alasan

Selain menemukan ketertarikan dan rutin mengasah kemampuannya, seseorang juga perlu menemukan alasan di balik pilihan tersebut. Pasalnya rutinitas sehari-hari biasanya membuat seseorang mudah bosan dan jenuh. Maka menemukan alasan untuk tetap bertahan di bidang tersebut merupakan hal yang cukup penting dan itu bisa menjadi kunci kesuksesan seseorang.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Baca Juga: 7 Aktivitas yang Menjadi Mood Booster Paling Ampuh

Mengetahui apa itu passion tidak cukup pada tahap memahami pengertian istilahnya. Passion harus ditemukan untuk kemudian dikembangkan hingga menjadi kemampuan yang potensial dan bermanfaat bagi kehidupan.



Related posts

12 Jenis Usaha Kuliner Anak Muda Paling Laku!

Rostina Alimuddin

5 Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat Remaja

Risma Mualifa

5 Tips Memilih Parfum yang Tepat, Jangan Sampai Salah Ya!

Rumi