Image default
Life

Cara Menghemat Uang Anak Kosan Yang Perlu Mahasiswa Tahu

Menghemat uang anak kosan tentulah harus penuh perhitungan. Biaya-biaya hidup yang akan kalian hadapi akan sangat jauh berbeda saat tinggal dengan orang tua. Terlebih jika kalian adalah seorang mahasiswa yang belum mempunyai penghasilan. Kemampuan menghemat dan mengelola keuangan memang skill yang sangat kalian perlukan jika resmi menyandang status anak kos.

Mahalnya harga barang-barang dan makanan di wilayah perkotaan tentu akan membuat dompet kalian semakin menipis. Mengikuti gaya hidup mewah di perkotaan juga bisa membuat dompet kalian semakin terkuras. Oleh sebab itu, menjadi anak kosan memang bukanlah hal yang mudah, kalian harus menahan nafsu untuk mengikuti trend yang ada di sekitar.

Jika tak mampu mengelola keuangan dengan baik maka siap-siap saja menjadi anak kosan yang krisis keuangan setiap bulannya. Demi mencegah hal-hal tersebut terjadi maka kalian perlu mengetahui cara menghemat uang ala anak kosan. Untuk lebih jelasnya silahkan mengikuti tips-tips berikut ini.

Baca Juga: Apa Itu Reksadana Pasar Uang dan Keuntungannya

1. Aturlah anggaran keuangan dengan cermat

Anggaran untuk Anak Kos
Source: Finansialku.com

Karena sebagai anak kosan kalian masih mengandalkan kiriman bulanan dari orang tua, maka aturlah anggaran keuangan kalian dengan cermat. Catatlah pengeluaran rutin seperti biaya makan, kebutuhan dapur, pulsa hingga biaya sewa kos. Cobalah untuk mengelola uang tersebut sehemat mungkin. Dengan begitu kalian juga bisa memiliki uang tabungan untuk keperluan liburan atau dana darurat saat menjadi anak rantau.

Nah, biar lebih hemat lagi maka pilihlah kosan yang menyediakan banyak fasilitas seperti wifi dapur dan lain sebagainya. Akan lebih bagus lagi jika kosan tersebut telah mencakup biaya listrik, air, maupun internet untuk biaya sewa bulanannya.

2. Lakukan belanja bulanan secara online

Cara Menghemat uang anak kos
Source: Yukkepo.com

Kebutuhan bulanan kadang mengambil banyak uang bulanan bagi anak kosan. Demi memenuhi kebutuhan belanja bulanan ini maka ada baiknya untuk mencari minimarket atau toko grosiran yang menjual keperluan bulanan kalian dengan harga yang lebih bersahabat. Pastikan saat melakukan belanja online kalian hanya membeli barang yang benar-benar kalian butuhkan. Jangan tergoda membeli barang diskon yang pada dasarnya tidak kalian butuhkan sama sekali.

Karena saat ini sudah banyak e-commerce yang menjual kebutuhan sehari-hari secara online maka kalian juga bisa berbelanja secara online dibandingkan ke minimarket. Jangan lupa membandingkan harga di tiap e-commerce yang kalian kunjungi. Adanya diskon tentu akan membuat kalian lebih hemat lagi.

3. Masak dan bawa bekal makananmu sendiri

Cara menghemat uang ala mahasiswa
Source: Kaskus

Membawa bekal sendiri juga membuat kalian lebih hemat loh. Coba bandingkan biaya yang harus dikeluarkan untuk sarapan, makan siang hingga kebutuhan cemilan lainnya saat ke kampus dengan bekal yang dibawa sendiri. Tentu membawa makanan akan jauh lebih hemat.

4. Apa pun makanannya, bawa minuman sendiri

menghemat uang anak kosan dengan membawa botol ke kantor

Seperti halnya membawa bekal sendiri, cara menghemat uang anak kosan selanjutnya ialah dengan membawa minuman sendiri. Coba bayangkan berapa rupiah yang harus kalian keluarkan selama satu bulan demi membeli sebotol air mineral. Tentu dalam sehari kalian butuh lebih dari sebotol air mineral bukan?

Nah, demi menghemat biaya air mineral ini maka bawalah tumbler sendiri dari kosan. Selain hemat uang kalian juga telah berperan dalam mengurangi sampah plastik.

5. Sediakan uang pas

Tips selanjutnya untuk anak kosan ialah dengan menyediakan uang pas di dompet saat beraktivitas di kampus. Jika rute kalian memang hanyalah kampus maka tentu kalian sudah mengetahui berapa jumlah uang pas yang mesti dibawa. Keperluan selama di kampus memang hanya 10 ribu misalnya, maka bawalah uang sebanyak 10 ribu saja. Jika kalian membawa uang 50 ribu bisa jadi pengeluaran kalian bisa lebih dari 10 ribu saat ke kampus.

6. Cuci pakaian sendiri

Mencuci Pakaian untuk Anak Kos
Source: idntimes.com

Mencuci pakaian sendiri juga cara untuk berhemat ala anak kosan. Dibandingkan dengan laundry, tentu kalian akan jauh lebih hemat dengan mencuci pakaian sendiri. Demi mewujudkan hal yang satu ini kalian memang perlu rajin dan jangan malas. Meskipun ada banyak laundry kiloan dengan harga murah, akan tetapi jika dihitung-hitung lagi, mengeluarkan uang untuk membeli detergen selama penggunaan sebulan  penuh tentu akan jauh lebih murah.

Baca Juga: Wajib Coba! 6 Cara Mendapat Uang Dari Internet Dengan Mudah Tanpa Modal

Nah, itulah beberapa cara menghemat uang anak kosan yang perlu mahasiswa dan calon mahasiswa ketahui. Sebagai anak rantau yang belum memiliki penghasilan tentu menghemat adalah solusi terbaik agar tetap bisa bertahan hidup.

Related posts

Pola Hidup Sehat adalah Keharusan, Bagaimana Cara Menerapkannya?

Risma Mualifa

Hidup Lebih Tenang Dengan Tips Financial Planning Untuk Anak Muda Ini!

Marsyaviani Darestuti

Memahami Apa Itu Passion dan Bagaimana Cara Mengembangkannya

Risma Mualifa

Leave a Comment