Image default

6 Ide Bisnis Rumahan di Desa yang Patut Dicoba!

Membuka bisnis tak melulu harus memilih wilayah perkotaan. Merintis bisnis rumahan di desa pun ternyata bisa menciptakan peluang keuntungan yang besar seperti di kota-kota besar. Kebutuhan masyarakat desa akan sandang, pangan, hingga papan pun juga perlu dipenuhi oleh para pelaku usaha. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk mencoba membangun bisnis dari desa.

Tak hanya itu, kompetitor bisnis di pedesaan juga relatif kecil jika dibandingkan di perkotaan. Sayangnya, beberapa orang kurang jeli melihat peluang bisnis dari desa ini. Padahal, jika digeluti dengan lebih serius mereka bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Distributor Hasil Pertanian

Desa menjadi tempat yang sangat cocok untuk merintis usaha pertanian. Wilayah yang subur serta cuaca yang mendukung untuk bercocok tanam, membuat pedesaan menjadi area yang potensial untuk menjalankan bisnis hasil pertanian.

Selain memiliki lahan pertanian yang cukup luas, modal utama untuk menjadi distributor hasil pertanian lainnya ialah dengan membangun networking di berbagai wilayah. Anda bisa bekerja sama dengan rumah-rumah makan atau bahkan mall-mall besar di perkotaan.

Baca Juga: 5 Ide Usaha Kecil-kecilan Remaja dengan Modal Minim

Warung Makan

Bisnis rumahan di desa
https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/usaha-warung-makan/

Jika Anda tinggal di pedesaan dan memiliki keterampilan masak yang baik tapi bingung untuk membuka jenis usaha apa yang cocok, maka tak ada salahnya untuk membuka usaha warung makan. Tidak bisa dipungkiri jika makanan sudah menjadi kebutuhan dasar bagi banyak orang.

Tak perlu bingung dengan menu makanan yang akan dijual. Anda bisa menjual makanan khas daerah setempat atau menjual jenis makanan yang umumnya sering dicari masyarakat pedesaan setiap harinya.

Ternak Hewan

Ternak hewan juga menjadi salah satu jenis bisnis rumahan di desa yang patut Anda coba. Perlu Anda tahu, usaha berternak hewan berupa ayam, bebek hingga kambing atau kuda bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang sangat fantastis. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam sehari saja bisa mencapai angka jutaan hingga puluhan juta.

Membuka Warung Kelontong

Berhubung mini market masih belum tersedia di pedesaan maka cobalah membuka usaha warung kelontong. Anda bisa menyediakan berbagai jenis barang kebutuhan sehari-hari yang selalu dicari oleh masyarakat pada umumnya seperti beras, minyak goreng hingga bumbu-bumbu dapur.

Beberapa tips yang perlu Anda terapkan saat membuka usaha warung kelontong ialah berupa pemilihan lokasi yang strategis, menyediakan stok barang yang lengkap serta harga yang kompetitif. Pastikan untuk memilih supplier dengan harga yang cukup murah sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Warung Internet

Bisnis warnet dari desa
https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/usaha-warung-makan/

Warner atau warung internet masih menjadi kebutuhan banyak kalangan hingga hari ini. Keterbatasan internet di wilayah pedesaan membuat banyak masyarakat pedesaan terkadang harus ke kota dulu demi bisa menikmati akses internet yang lancar. Keterbatasan ini tentu bisa Anda jadikan peluang bisnis dengan cara membuka warung internet.

Selain itu, pangsa pasar warung internet tak hanya berasal dari satu kalangan saja. Kebutuhan internet yang lancar juga diperlukan oleh banyak kalangan, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Jadi, saat Anda ingin membuka warung internet, pastikan untuk benar-benar menghadirkan layanan internet yang berkualitas demi kepuasan konsumen pedesaan.

Jasa Pembuatan Furniture

Membuka bisnis di pedesaan tak selamanya harus berfokus pada bidang pertanian, perkebunan atau peternakan. Membuka jasa di bidang furniture pun juga cukup potensial. Terlebih, usaha pembuatan furniture ini masih sangat jarang dijalankan di wilayah pedesaan di mana banyak masyarakat desa yang masih harus membeli furniture di perkotaan.

Baca Juga: 4 Anak Muda Terkaya di Indonesia, Sukses dari Hasil Kerja Keras

Melihat fakta tersebut maka tak ada salahnya membuka peluang bisnis di pedesaan. Anda bisa membuka jasa pembuatan kursi, meja, pintu, jendela hingga kusen. Karena usaha pembuatan furniture masih sangat jarang, jadi persaingan pun tidak akan terlalu sulit.

Namun, meskipun demikian terdapat beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat membuka bisnis furniture ini. Pertama pilihlah pekerja yang memiliki keahlian pa

da bidang furniture seperti menyerut, memotong dan skill pemotongan kayu lainnya. Selain itu, pastikan untuk menghasilkan furniture yang unik dan menarik. Desain furniture yang menarik tentu akan memberikan kepuasan kepada konsumen.

Itulah keenam ide bisnis rumahan di desa yang patut Anda coba. Silahkan memilih salah satu ide bisnis yang dianggap paling cocok dengan skill yang Anda miliki. Mengenai bisnis rumahan dan design perumahan bisa langsugn cek di sirumahminimalis.com.

Related posts

25 Kata kata Anak Muda yang Mampu Memotivasi dan Membangkitkan Semangat

Risma Mualifa

7 Quotes about Fashion yang Ajarkan Sisi Lain dari Berpakaian

Risma Mualifa

5 Tempat Nongkrong di Bandung Paling Instagramable!

Rostina Alimuddin