Gaya Remaja

Waspada, Ini 6 Tanda Red Flag dalam Hubungan!

Red Flag dalam Hubungan

Dalam menjalin hubungan asmara, mungkin saja tidak akan selalu dijalani dengan mulus tanpa hambatan ataupun masalah. Terkadang, bisa saja kita bertemu dengan pasangan toxic yang mana membuat hubungan yang kamu jalani jadi tidak sehat. Nah, ternyata ada suatu pertanda yang dapat menjadi alarm bagimu untuk mengakhiri kisah cintamu, lho, yang sekarang ini lebih dikenal dengan istilah red flag dalam hubungan.

Mengutip Times of India, istilah red flag ini sering digunakan untuk menggambarkan pertanda kalau pasanganmu tidak cocok denganmu dan juga jadi sinyal bahwa hubunganmu sebaiknya segera diakhiri. Istilah ini pun seringkali mengacu pada masalah-masalah yang dapat membahayakan secara emosional. Yang jadi permasalahan yang digarisbawahi dalam istilah red flag inipun terbilang masalah yang sangat buruk.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Contoh Red Flag dalam Hubungan

tanda red flag dalam hubungan yaitu Gaslighting

Tapi, bisa saja kita yang berada dalam hubungan toxic seringkali tidak sadar bahwa ternyata ada tanda red flag dalam hubungan tersebut. Nah, karena itulah, berikut ini adalah beberapa tanda yang harus kamu waspadai:

1. Sikap posesif

Seringkali sikap posesif pasangan pada kita dianggap sebagai tanda cinta yang sangat dalam. Sebenarnya, ini tidak sepenuhnya salah. Namun, sikap posesif yang membuatmu kesulitan untuk berekspresi ataupun bebas melakukan hal yang kamu mau dan kamu suka, maka ini tanda hubungan yang tidak sehat.

Sudah seharusnya menjalin hubungan harus dilandasi rasa saling percaya, di mana hal ini tentu tidak akan membuat satu sama lain jadi bersikap cemburuan ataupun posesif.


Baca Juga: Kunci Hubungan Awet, Ini Cara Menjadi Sahabat untuk Pasangan

2. Gaslighting

Istilah gaslighting ini mengacu pada sikap manipulatif pasangan, yang dilakukan dengan tujuan untuk mengendalikan. Ini merupakan salah satu tanda red flag dalam hubungan yang mungkin seringkali terlambat disadari oleh korbannya.

Bila gaslighting ini diterima terus menerus, korban akan menjadi bingung dengan emosi serta intuisi dirinya sendiri.

3. Melakukan kekerasan fisik dan verbal

Segala jenis kekerasan, baik secara fisik ataupun verbal, sudah sepatutnya menjadi sinyal bagi kamu untuk pergi dari hubungan yang tidak sehat tersebut. Tindakan-tindakan kekerasan fisik ini tentu akan menimbulkan luka secara fisik. Sedangkan kekerasan verbal dapat menyebabkan luka pada batin atau kesehatan mentalmu.

Dalam hubungan yang sehat, tidak akan ada tindak kekerasan di dalamnya, baik secara fisik ataupun verbal. Jika ini terjadi, maka kamu harus segera mengambil keputusan untuk meninggalkan pasanganmu.

4. Selingkuh

tanda red flag dalam hubungan yaitu selingkuh

Tidak sedikit orang yang memaafkan tindakan selingkuh pasangannya, setelah pasangannya mengatakan menyesal dan berjanji tidak melakukannya. Sebenarnya, bisa saja benar bahwa ia mungkin tidak akan mengulanginya lagi. Namun ada pula kemungkinan besar di mana ia bisa saja mengulanginya.

Bahkan, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Sexual Behavior pun menyebutkan, orang yang pernah berselingkung akan cenderung mengulangi tindakannya tersebut di masa depan. Itulah mengapa, ketika pasangan ketahuan berselingkuh, ada baiknya kamu memikirkan langkah yang bijak untuk kelanjutan hubunganmu dengan pasangan.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

5. Suka mengontrol

Red flag dalam hubungan selanjutnya yang juga harus diwaspadai adalah sikap pasangan yang suka mengontrolmu. Hanya dirimu sendiri lah yang seharusnya punya kontrol atau kendali atas dirimu sendiri. Jika pasangan seringkali bersikap membatasi ruang gerakmu, kebebasanmu dalam berekspresi, kebebasanmu untuk bertemu orang-orang terdekat, hingga membatasimu untuk berpergian tanpa seizinnya, maka kamu harus tau ini adalah sinyal kalau hubunganmu berjalan dengan tidak sehat.

6. Sering bertengkar

Bisa dibilang, sebenarnya bertengkar mungkin adalah hal yang biasa terjadi dalam hubungan. Namun bila ini terjadi terlalu sering, maka hubunganmu dengan pasangan tentunya jadi tidak sehat. Apalagi pertengkaran yang terjadi hanya dipicu oleh hal-hal sepele yang sebenarnya dapat dibicarakan dengan baik-baik tanpa harus terjadi pertengkaran.


Baca Juga: Tanda dan Cara Mendapatkan Hubungan Cinta yang Sehat

Itulah beberapa red flag dalam hubungan yang bisa jadi pertanda atau sinyal bahwa hubungan yang sedang kamu jalani adalah hubungan yang toxic, yang sebaiknya kamu tinggalkan.

Meskipun begitu, mungkin akan terasa sulit di awal untuk bisa keluar dari hubungan tidak sehat seperti ini. Untuk itu, kamu dapat mulai dengan mengutarakan apa yang kamu rasakan dan sampaikan pada pasangan tentang keluhan sikap yang ia lakukan. Lalu, kamu harus menentukan keputusan, apakah akan terus berada dalam hubungan toxic yang bisa saja melukai fisik dan mentalmu, atau kamu akan keluar dari hubungan tersebut.



Related posts

5 Jawaban Alasan Takut Nikah. Kamu Juga Merasakan Ini?

Marsyaviani Darestuti

Mengenal Apa itu Ruminasi, Kondisi yang Berkaitan dengan ‘Gagal Move On’

8 Tips Jitu Menaklukan Hati Gebetan

Marsyaviani Darestuti