Gaya Remaja

Tanda dan Cara Mendapatkan Hubungan Cinta yang Sehat

Hubungan cinta yang Sehat

Menjalin hubungan dengan seseorang, tentunya kita akan berharap hubungan tersebut dapat berjalan lancar, langgeng dan termasuk dalam hubungan cinta yang sehat. Hubungan yang sehat pun bukan berarti di dalamnya tidak ada sedih ataupun konflik. Namun, menjalani hubungan yang positif dan sehat membuat kedua orang dalam hubungan tersebut merasa mencintai dan dicintai. Sehingga ketika ada suatu momen sedih ataupun konflik, keduanya bisa mengatasinya dengan baik.

Lalu apa sajakah tanda hubungan cinta yang sehat, serta cara untuk bisa membuat hubungan masuk dalam kategori yang sehat? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Caption Untuk Pacar Dari Paling Baper Sampai Paling Puitis!

Tanda Hubungan yang Sehat

Bila tanda-tanda ini kamu rasakan dalam hubunganmu, bisa dikatakan kamu dan pasangan sedang menjalani hubungan yang sehat:

1. Saling menghargai

Saling Menghargai menjadi ciri hubungan yang sehat

Ciri pertama yang bisa kamu rasakan, yang menandakan healthy relationship adalah saling menghargai. Keduanya akan saling menghargai satu sama lain, baik perihal sepele ataupun yang besar sekalipun. Perbedaan dan kekurangan satu sama lain bukan menjadi persoalan, karena keduanya saling menghargai hal tersebut.


2. Saling terbuka

Saling Terbuka

Sikap terbuka antara kedua pihak, di mana kamu dan dia dapat jujur bercerita tentang apapun, adalah tanda berikutnya. Dalam hubungan yang langgeng, komunikasi yang terbuka dan jujur adalah kunci utama. Ini juga berlaku ketika ada beda pendapat ataupun konflik, keduanya dapat tetap berkomunikasi secara jujur dan dengan kepala dingin.

3. Saling percaya

Saling Percaya menjadi tanda hubungan Sehat

Tanpa adanya rasa saling percaya satu sama lain, hubungan tentunya akan jadi diwarna saling curiga dan juga cemburu yang tidak beralasan. Bila kedua pasangan saling mempercayai satu sama lain, kamu dan dia akan terbebas dari konflik yang tidak berkesudahan. Kamu pun akan merasa aman dan nyaman dalam hubungan yang kamu jalani.

4. Kesempatan untuk menjadi diri sendiri

Tetap Menjaga pasangan menjadi diri sendiri

Menjalani hubungan dengan kepura-puraan, salah satunya pura-pura menjadi orang lain, pastinya akan sangat melelahkan. Namun bila dalam hubunganmu, kamu dan dia bisa tetap menjadi diri sendiri, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, dengan segala perbedaan antara kalian, maka ini tanda kamu dalam hubungan cinta yang sehat.

5. Mendukung satu sama lain

Saling Mendukung Satu Sama Lain

Menjalani hubungan yang sehat akan membawa kamu dalam hubungan yang saling mendukung satu sama lain. Dukungan dari orang tersayang tentunya adalah hal yang penting. Kamu dan dia pun saling mendukung satu sama lain untuk bisa berkembang menjadi lebih baik, dan sama-sama belajar agar hubungan yang kalian jalani bisa langgeng.

6. Selalu ada waktu untuk quality time bersama

Manfaatkan Waktu untuk quality Time

Bila kamu dan dia selalu punya waktu berkualitas untuk bersama, tidak peduli kesibukan yang kalian jalani, maka ini jadi tanda kalau kamu adalah hal penting bagi pasanganmu dan begitupun sebaliknya. Namun bila kamu atau dia sangat sulit menyisihkan waktu untuk bersama, mungkin saja ada yang salah dalam hubunganmu.

Baca Juga: Kata Gombal buat Pacar untuk Meluluhkan Hati Sang Kekasih

Cara Mendapatkan Hubungan Cinta yang Sehat

Nah, untuk bisa merasakan tanda-tanda di atas, kamu bisa melakukan cara-cara ini:

  • Komunikasi yang baik dan lancar; saling bertanya kabar, menanyakan kesibukan, membahas hal-hal sepele ataupun mencurahkan perasaan dan bercerita tentang hal penting adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan agar komunikasi dengan si dia dapat berjalan lancar.
  • Berpikiran realistis; menjalani hubungan yang sehat berarti harus menjadikan kamu dan dia berpikiran realistis. Jalani hubunganmu denga napa adanya, dan tidak memaksa satu sama lain demi keinginan dan angan pasangan.
  • Menyeimbangkan kehidupan; maksudnya adalah tidak melulu kamu harus menghabiskan setiap waktumu untuk pasangan. Namun seimbangkan kehidupanmu dengan memberi waktu untuk dirimu sendiri.
  • Menyelesaikan masalah dengan dewasa; ketika bertengkar dengan pasangan, pastikan kamu menyelesaikannya dengan kepala dingin dan dewasa. Dengan begitu, kamu dan dia akan mendapatkan solusi terbaik, dan menjadikannya pelajaran agar lebih baik ke depannya.
  • Komitmen yang kuat; ada dua komitmen yang jadi kunci untuk bisa menjalani hubungan yang sehat, yaitu komitmen jangka pendek dan jangka panjang. Komitmen jangka pendek ini berkaitan dengan keputusan untuk mencintai satu sama lain. Dan komitmen jangka panjang berkaitan dengan mempertahankan cinta.

Nah, sudahkah kamu merasakan ada tanda-tanda di atas dalam hubungan yang kamu jalani bersama pasangan?



Related posts

Waspada, Ini 6 Tanda Red Flag dalam Hubungan!

Marsyaviani Darestuti

8 Tips Jitu Menaklukan Hati Gebetan

Marsyaviani Darestuti

Caption Untuk Pacar Dari Paling Baper Sampai Paling Puitis!

Risma Mualifa