Image default
Entertainment

Daripada Sekedar Scrolling, Ikuti Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok!

Aplikasi Tiktok memang semakin ramai digunakan oleh banyak kalangan hari ini. Tak hanya bisa melihat konten yang unik dan seru, kamu juga bisa mendapatkan uang dari Tiktok loh.

Jumlah pengguna aplikasi Tiktok yang terus menanjak menjadi alasan mengapa platform ini bisa mendatangkan pundi-pundi uang di kantong kamu. Tidak heran berbagai influencer dari platform lain pun juga turut meramaikan aplikasi yang ngetrend ini.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Sukses Anak Muda yang Patut Kamu Coba!

Nah, biar tidak tambah penasaran, yuk simak informasi selengkapnya tentang aplikasi Tiktok dan cara mendapatkan uang di dalamnya lewat ulasan yang satu ini.

Mengenal Aplikasi Tiktok

Tiktok sendiri merupakan sebuah aplikasi media sosial yang berasal dari Cina. Platform ini membantu para penggunanya untuk merekam video singkat dan diiringi oleh latar musik. Saat awal kemunculannya, aplikasi Tiktok ini sebenarnya lebih dikenal dengan nama Douyin. Tak sampai satu tahun sejak dirilis pada 2016 silam, Douyin telah memiliki 100 juta pengguna aktif di Cina.

Kalau melihat awal kemunculannya di Indonesia, aplikasi Tiktok saat itu masih dianggap sebagai aplikasi alay dan norak. Kemudian, di tahun 2018 Kominfo pun memblokir aplikasi ini. Namun, meskipun demikian, aplikasi Tiktok ternyata mampu bangkit kembali dan menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan sejak pandemi berlangsung. Bahkan pada bulan Agustus 2020 lalu, pengguna Tiktok di tanah air mencapai angka 22,2 juta pengguna.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

1. Sponsored Content Post

Mendapatkan uang dari Tiktok dengan Sponsored Content

Sponsored content post adalah salah satu cara mendapatkan pundi-pundi uang lewat Tiktok. Jika kamu memiliki jumlah followers, like, serta tayangan video yang cukup tinggi maka biasanya beberapa brand ataupun perusahaan akan mengajak melakukan kerja sama berupa sponsored content post.

Jika kamu telah memiliki akun Tiktok dan berencana menjadikan akun tersebut sebagai sumber pendapatan maka cobalah untuk menaikkan engagement akun kamu. Beberapa tips untuk meningkatkan jumlah followers dan like di akun Tiktok kamu di antaranya ialah sebagai berikut:

  • Menentukan niche pada konten yang kamu buat
  • Rutin mengupload video
  • Edit video semenarik mungkin
  • Optimasi profile Tiktok kamu
  • Mengikuti berbagai jenis challenge viral
  • Berkolaborasi dengan para pengguna Tiktok lainnya
  • Membagikan konten video Tiktok kamu ke media sosial lain seperti Twitter, Facebook atau Instagram

2. Donasi atau Payout Coins

Donasi atau Payout Coins adalah langkah selanjutnya yang bisa kamu coba untuk mendapatkan uang dari Tiktok. Nah, untuk bisa mendapatkan donasi atau payout coins ini maka kamu perlu memiliki banyak jumlah followers.

Konsep dari Payout Coins ini umumnya hampir sama dengan aplikasi Twitch atau Likee. Saat kamu melakukan live streaming maka beberapa audiens atau followers kamu bisa memberikan stiker gift yang bisa ditukarkan ke dalam bentuk uang. Stiker dari fans ini sendiri didapatkan dari para followers yang membeli stiker tersebut. Itulah sebabnya, mengapa stiker dari followers bisa ditukarkan menjadi sebuah rupiah.

3. Jasa Pengelola Akun atau TikTok Manager

Karena minat masyarakat terhadap aplikasi Tiktok semakin tinggi maka muncul pulalah profesi baru yang menggiurkan yaitu jasa pengelola akun Tiktok. Para manager Tiktok ini memiliki tugas untuk menaikkan jumlah followres, like maupun jumlah tayangan video sebuah akun yang dikelolanya.

Beberapa Tiktok manager pada umumnya bekerja sama dengan brand hingga perusahaan ternama untuk mempromosikan bisnis mereka lewat platform Tiktok. Profesi ini bisa dibilang mampu mendatangkan banyak uang, oleh sebab itu, jika kamu ingin serius menjadi seorang Tiktok manager maka cobalah untuk mendalami ilmu dunia digital marketing atau viral marketing sekarang juga.

4. Jual Beli Akun TikTok

Jual Beli TikTok

Ketika kamu sudah mampu memahami algoritma Tiktok maka kamu pun sudah bisa melakukan jual beli akun Tiktok. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan membuat akun Tiktok dengan niche atau topik tertentu. Setelah itu, kembangkanlah followers, like dan jumlah tayangan pada akun tersebut. Jangan lupa menjalin network dengan pengguna Tiktok lainnya. Setelah akun ini semakin popular maka juallah ke pada perusahaan atau brand-brand ternama yang memiliki topik yang sama dengan akun yang kamu buat tersebut.

5. Mendapatkan Uang dari TikTok Marketing

Selain terdapat Facebook Ads, Twitter Ads dan Instagram Ads, saat ini Tiktok pun sudah memiliki Tiktok Ads. Jika kamu memiliki sebuah bisnis atau layanan maka tak ada salahnya mempromosikan usaha kamu lewat Tiktok Ads ini.

Algoritma Tiktok juga rutin melakukan yang namanya remarketing yang mana ketika sebuah iklan pernah ditampilkan untuk para pengguna akun Tiktok maka iklan tersebut akan muncul kembali kepada audiens tersebut. Cara ini termasuk strategi marketing yang dapat mengembangkan bisnis kamu. Dengan begitu para audiens akan tertarik membeli produk atau menggunakan jasa kamu.

6. Agensi Influencer

Menjadi Agensi Influencer

Agensi influencer bisa dibilang perantara atau koordinator yang menghubungkan antara influencer Tiktok dengan sebuah perusahaan ataupun sebuah brand. Mereka bertugas untuk mencarikan influencer yang sesuai dengan target perusahaan. Sebagai contoh, Jika sebuah brand makanan sedang mencari seorang influencer Tiktok maka agensi ini pun mencari influencer Tiktok yang sering melakukan review makanan dan mempunyai engagement yang tinggi di Tiktok.

Agensi ini juga bertugas untuk mengatur keseluruhan kerja sama seperti perjanjian iklan, konsep iklan hingga proses pembuatan iklan. Pada dasarnya, Tiktok sendiri sudah mempunya fitur khusus yang disebut dengan Creator Marketplace. Fitur ini memiliki fungsi khusus dalam proses melakukan kerja sama dengan para influencer.  Namun, kamu harus merogoh uang lebih banyak karena hasil kerja sama yang dilakukan harus dibagi dengan pihak Tiktok itu sendiri.

Oleh sebab itu, kehadiran agensi ini bisa menjadi perantara antara brand dan juga influencer dengan harga yang tidak terlalu tinggi tapi tetap mendatangkan banyak cuan. Cara yang satu ini bisa kamu coba, terlebih jika kamu memiliki skill dalam bidang content marketing.

Baca Juga: Pemuda Muslim Sukses dari Indonesia Hingga Dunia!

7. Mendapatkan Uang dengan TikTok Influencer

Tidak bisa dipungkiri mendapatkan uang dari Tiktok lewat jalur ini adalah hal yang paling dinanti-nantikan oleh para pengguna Tiktok. Bagaimana tidak, brand dan perusahaan berlomba-lomba mengajak kamu untuk mempromosikan produk mereka dan tentu saja kamu pun juga akan diberikan uang. Para Tiktok influencer yang popular bisasanya akan mendapatkan uang lewat sponsored content post, menjadi brand ambassador, marketing afiliasi hingga endorsement.

8. Promosi Musik

Promosi Musik

Salah satu karakter utama dari Tiktok yang beda dari platform lainnya serta yang membuatnya popular hingga saat ini ialah karena hadirnya fitur music di setiap video yang diupload. Kebanyakan orang saat ini bahkan menjadikan Tiktok sebagai tempat mencari trend music terbaru dan paling kekinian. Banyak penyanyi yang underrated pada akhirnya menjadi popular semenjak lagunya dijadikan backsound oleh banyak pengguna Tiktok Hari ini.

Nah, daripada cuma sekedar scrolling mungkin sudah saatnya kamu juga bisa mendapatkan uang dari Tiktok. Anyway, dari semua cara mendapatkan uang dari Tiktok yang telah dibahas pada artikel ini, kira-kira mana menurut kamu yang paling m

Related posts

7 Daftar Pemain Cinta Anak Muda SCTV

Rostina Alimuddin

10 Aktris Korea Tercantik Favorit Netizen

Marsyaviani Darestuti

6 Sekolah Seni di Korea Selatan, Penghasil Idol Ternama

Risma Mualifa

Leave a Comment