Gaya Remaja

Efektifkah Mengompres Jerawat Untuk Menghilangkannya? Ini Jawabannya!

Mengompres Jerawat

Permasalahan jerawat seringkali jadi suatu hal yang tidak menyenangkan untuk sebagian orang. Salah satu cara yang biasanya dilakukan untuk menghilangkan jerawat adalah dengan mengompres jerawat, baik menggunakan air hangat ataupun es batu. Kamu juga pernah melakukan ini? Namun apakah benar cara ini efektif dilakukan untuk menghilangkan jerawat? Nah, cari tau jawabannya dalam artikel ini!

Penyebab Munculnya Jerawat

Jerawat bisa dibilang salah satu permasalahan kulit yang banyak dialami orang, baik pada usia remaja ataupun dewasa. Umumnya, jerawat dapat muncul karena beberapa kondisi seperti produksi minyak yang terlalu banyak oleh folikel atau akar rambut dan juga adanya sel kulit mati serta bakteri yang menumpuk di bagian pori-pori kulit.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Kondisi-kondisi tersebut lah yang akan dengan mudah memicu munculnya jerawat. Ketika bakteri berkembang di pori-pori yang sedang tersumbat, minyak alami wajah akhirnya pun tidak bisa keluar dan jerawat akhirnya muncul.

Selain itu, ada pula beberapa faktor yang juga bisa memicu jerawat yaitu perubahan hormone karena pubertas ataupun kehamilan, konsumsi obat-obatan tertentu seperti pil KB, menjalani diet tinggi gula rafinasi atau karbohidrat dan juga genetik atau mempunyai orangtua yang juga berjerawat.

Baca Juga: Tata Cara Perawatan untuk Kulit Berjerawat Sesuai Jenisnya

Menghilangkan Jerawat Dengan Cara Mengompres Jerawat

Mengompres Jerawat dengan air hangat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada cara yang biasa dilakukan untuk menghilangkan jerawat, yaitu mengompresnya menggunakan air hangat ataupun dengan es batu.


Kompres Dengan Air Hangat

Pertama, cara menghilangkan jerawat dengan air hangat biasa dilakukan dengan mengompres menggunakan kain atau handuk yang sudah dicelupkan pada air panas, dan kemudian diperas dan ditempatkan di area wajah yang mengalami jerawat.

Faktanya, langkah ini memang dianggap mampu membantu meringankan jerawat. Karena, kompres menggunakan air hangat ini akan membuat area pori-pori terbuka, dan akan membuat jerawat mengering. Hal ini juga akan membantu meningkatkan sirkulasi ke area kulit agar bisa mempercepat penyembuhan jerawat.

Sebelum kamu melakukan langkah ini, pastikan wajah sudah dibersihkan terlebih dulu. Sehingga uap dari air panas atau hangat yang digunakan dapat mudah masuk ke pori-pori dan memberikan hasil yang maksimal. Sel-sel kulit mati yang menyumbat celah pori-pori dan menahan sebum atau minyak untuk keluar pun dapat dihilangkan.

Selain itu, pastikan juga Anda menggunakan air di suhu yang tepat, di mana tidak terlalu dingin ataupun tidak terlalu panas. Dan ulangi car aini sebanyak 1 hingga 5 kali.

Kompres dengan Air Dingin

Selain mengompres jerawat dengan air hangat, ada juga yang melakukan cara menghilangkan jerawat dengan kompres menggunakan es batu. Es batu dikatakan dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi ketika adanya jerawat yang meradang, sehingga cara ini dianggap dapat mengempeskan jerawat.

Mengompres Jerawat dengan es batu

Dalam hal ini, es batu bukan hanya dapat mengurangi pembengkakan, namun juga mengurangi kemerahan pada wajah karena adanya jerawat. Cara ini pun akan meringankan rasa nyeri pada jerawat nodular dan kistik, karena es batu dapat menciptakan efek ‘mati rasa’ untuk sementara.

Cara kompres jerawat dengan es batu ini dapat dilakukan dengan membersihkan wajah terlebih dulu, kemudian ambil es batu dan bungkus menggunakan kain atau handuk, lalu letakkan bungkusan es batu tersebut untuk mengompres area kulit yang berjerawat selama kurang lebih 1 menit di pagi serta malam hari.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Sebaiknya kamu menghindari meletakkan es batu secara langsung ke kulit wajah, karena bisa memicu urtikaria dingin, di mana gejalanya adalah gatal, ruam, dan bengkak. Selain itu, sebaiknya kompres dingin ini dilakukan dengan waktu yang singkat saja. Bila ingin mengulanginya, beri jeda 5 menit setiap kali akan menempelkan es batu ke jerawat.

Baca Juga: Urutan Skincare Pagi Malam Untuk Kulit Berjerawat

Kamu pun dapat mengkombinasikan kompres hangat dengan kompres dingin ini, dengan cara melakukan kompres hangat terlebih dulu selama 5 hingga 10 menit untuk menghilangkan kotoran di pori-pori, lalu lanjutkan dengan kompres dingin menggunakan es batu selama 1 menit agar mengurangi peradangan dan bengkak. Kamu dapat mengulangi langkah ini setiap hari sampai jerawatmu sembuh.


Itulah beberapa cara yang umumnya dilakukan untuk membantu menghilangkan jerawat, yang dapat kamu coba lakukan. Selain langkah-langkah tersebut, ada hal yang sebaiknya kamu hindari agar jerawat tidak semakin meradang ataupun malah menimbulkan bekas, yaitu hindari memencet jerawat. Memencet jerawat, terutama ketika tangan atau alat yang digunakan tidak steril, hanya akan membuat jerawat jadi semakin parah, bahkan risiko infeksi.



Related posts

7 Kiat Make Up Flawless yang Wajib Kamu Coba untuk Hasil Natural

Rumi

Tutorial Make Up Korea Untuk Wajah yang Glowing dan Fresh

Marsyaviani Darestuti

7 Cara Mudah Membuat Kulit Wajah Glowing yang Sehat

Rumi