Image default

Kunci Hubungan Awet, Ini Cara Menjadi Sahabat untuk Pasangan

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Dalam sebuah hubungan, menjadi sahabat untuk pasangan ataupun memiliki pasangan yang bisa menjadi sahabat mungkin adalah impian banyak orang. Bahkan, studi pernah menyatakan bahwa rasa cinta yang dikombinasikan dengan rasa persahabatan merupakan sebuah kunci dalam menciptakan hubungan asmara yang selamanya. Selain itu, kombinasi dua perasaan ini pun akan memberikan banyak kesenangan di dalam hubungan tersebut.

Ini karena rasa persahabatan dinilai sangat ampuh dalam membuat hubungan jadi lebih langgeng karena timbulnya rasa kebersamaan, hingga dari sinilah muncul keintiman antara keduanya. Nah, mau tau bagaimana cara menjadi sahabat untuk pasangan dan apa saja manfaatnya? Simak ulasannya di bawah ini!

Manfaat Menjadi Sahabat untuk Pasangan

Menjadi Sahabat Pasangan yang Baik

Sebenarnya, memang tidak ada aturan tersendiri kalau pasangan juga harus berperan sebagai sahabat untuk menghasilkan sebuah hubungan yang sehat dan harmonis. Dan mungkin juga tidak semua orang merasa nyaman dengan dua peran ini. Tapi, tidak sedikit orang yang beranggapan kalau pasangan harus bisa jadi teman terbaik, karena keduanya akan menghabiskan seumur hidupnya bersama-sama.

Menurut psikolog Cleveland Clinic, pasangan yang juga sahabat dapat membuat hubungan keduanya jadi lebih harmonis. Ini karena kamu dan pasangan bisa bercerita dan terbuka tentang segala hal, serta menghabiskan waktu bersama. Dalam penelitian dalam Journal of Social and Personal Realationship pun dikatakan bahwa jenis hubungan pasangan-sahabat tersebut lebih bisa bertahan lama dan lebih intim.

Manfaat lain yang akan dirasakan pasangan yang juga sahabat adalah peningkatan kepuasan hubungan, lebih menghargai pasangan, meningkatkan kepuasan seksual dan juga mengurangi potensi berakhirnya sebuah hubungan.

Namun ini bukan berarti, berperan menjadi pasangan dan juga sahabat adalah satu-satunya penentu hubungan akan harmonis. Karena, semua kembali pada individunya masing-masing.

Baca Juga: Tanda dan Cara Mendapatkan Hubungan Cinta yang Sehat

Cara Menjadi Sahabat Untuk Pasangan

Lalu bagaimanakah cara menjadi pasangan sekaligus sahabat yang baik antara satu sama lain? Berikut ini jawabannya:

1. Saling terbuka tentang segala hal

Sekalipun kamu dan dia sudah menjalani hubungan yang bisa dibilang tidak sebentar, namun pasti ada di antara kamu dan dia yang masih menutupi atau belum diceritakan, baik itu persoalan sepele ataupun persoalan masa lalu.

Karena itulah, kamu dan pasangan bisa mulai dari saling terbuka satu sama lain tentang segala hal, bahkan tentang masa lalu kalian yang mungkin pasangan belum ketahui. Kamu bisa mulai menceritakan pengalaman hidup yang pernah kamu lalui, meskipun sepele.

Bukan hanya tentang masa lalu, kamu juga bisa berbagi cerita dan perasaan pada pasangan, sekalipun kamu sedang kesal dengannya. Sampaikan apa yang kamu rasakan, agar ia pun mengerti apa yang sedang kamu rasakan.

2. Luangkan waktu untuk mengobrol

Terkadang, kita atau pasangan bisa saja sama-sama sibuk dengan aktivitas dan pekerjaan masing-masing, sehingga membuat waktu mengobrol jadi sedikit bahkan semakin jarang. Nah, coba lah untuk mengajak pasangan berkomitmen untuk tetap meluangkan waktu mengobrol setiap harinya. Misalnya ketika sarapan pagi sebelum berangkat bekerja, setelah pulang bekerja ataupun sebelum mau tidur. Tanyakan dan ceritakan tentang apa saja yang terjadi selama hari itu.

Tentu kamu akan mendengar hal-hal baru tentang harinya. Kamu dan pasangan pun jadi mengerti satu sama lain, dan merasa kalau pasangan kita selalu ada untuk kita setiap harinya.

3. Quality time

Manfaat Menjadi Sahabat untuk Pasangan

Meskipun banyak waktu kita dihabiskan bersama pasangan, namun belum tentu adalah waktu yang berkualitas. Karena itulah, buatlah satu waktu di mana kamu dan pasangan merasakan waktu berkualitas bersama, di mana tidak diganggu oleh apapun. Kamu dan pasangan bisa menghabiskan waktu dengan melakukan aktivitas yang disukai kamu dan dia. Ataupun habiskan waktu dengan bertukar pikiran, curhat dan lainnya.

4. Menghargai momen dan perhatian kecil

Kadang, hal-hal yang sering dilakukan ataupun hal-hal sepele, kita anggap sebagai suatu hal yang biasa saja dan lebih sering tidak dihargai. Padahal, setiap momennya dan setiap hal sepele yang mungkin dilakukan pasangan itu tetap berharga lho.

Sekalipun momen tersebut dilakukan setiap harinya, tetap tunjukan kalau kamu menghargai hal tersebut. Sama halnya denga perhatian kecil yang dia berikan ke kamu, seperti saat dia membawakan makanan kesukaanmu setiap dia pulang bekerja, yang mungkin seringa tau selalu ia lakukan, namun dengan menghargai perhatian darinya ia pun akan senang untuk terus melakukannya.

5. Mengajak pasangan terlibat dalam aktivitasmu

Di satu waktu, kamu boleh lho mengajak pasangan untuk terlibat dalam minat atau hobi yang kamu miliki. Ajak pasangan untuk berbagi aktivitas bersama. Misalnya, bila kamu hobi atau senang berkebun, kamu bisa mengajak pasangan untuk berkebun bersama. Bukalah diri untuk kesempatan melakukan hal-hal yang mungkin tidak sering kalian berdua lakukan.

Tujuan melakukan ini bukan memaksakan kesenanganmu kepada pasangan ataupun sebaliknya, namun tujuannya untuk membuat momen bersama pasangan jadi lebih beragam.

Baca Juga: Caption Untuk Pacar Dari Paling Baper Sampai Paling Puitis!

6. Membantu mengerjakan tugas rumah tangga

Segala hal yang dilakukan bersama-sama tentunya akan jadi lebih mudah dan juga lebih menyenangkan, begitupun tugas rumah tangga, seperti beberes rumah, mencuci pakaian, mencuci piring dan lainnya.

Kamu bisa berbagi tugas rumah tersebut. Ini juga bisa jadi kesempatan mengeratkan hubungan kamu dan dia lho. Kamu dan dia pun paham kalau kenyamanan rumah adalah tanggung jawab kalian berdua.

7. Terima pasangan apa adanya

Karena tidak ada manusia yang sempurna, begitupun dengan kamu atau pasanganmu. Maka dari itu, terimalah pasangan apa adanya sebagaimana kamu juga ingin pasangan menerima kamu apa adanya. Bila ada kekurangan dari pasangan, maka pahami lah hal tersebut.

8. Menjadi Sahabat untuk Pasangan dengan Saling mendukung

Menjadi sahabat untuk pasangan berarti juga harus bisa jadi support system-nya. Ini berarti kamu harus saling mendukung satu sama lain, atas apa yang kalian lakukan, selagi itu adalah suatu hal yang baik.

Begitupun ketika suatu yang tidak diinginkan terjadi pada pasangan. Pastikan kamu jadi orang pertama yang ada di sampingnya ketika ia merasa terpuruk, sedang gagal, sedih dan lainnya. Tak perlu banyak menasehati ataupun memberikan kata-kata motivasi, namun tetap berada di sampingnya pun adalah suatu bentuk dari dukungan kamu untuknya.

9. Tidak perlu terlalu mengatur pasangan

Seperti kamu saat berteman, menjalin hubungan dengan pasangan pun sebenarnya tidak perlu saling mengekang atau mengatur. Berikan kebebasan pada pasangan, namun dalam batas yang wajar. Terlalu mengatur atau mengekang pasangan malah akan membuatnya jadi tidak nyaman. Namun berikan pula pengertian pada pasangan bahwa kamu memberinya kebebasan selagi itu dalam batas wajar.

10. Melibatkan pasangan dalam setiap keputusan

Melibatkan pasangan dalam setiap pengambilan keputusan akan membuat dirinya merasa penting bagimu. Ia pun merasa kehadirannya dihargai. Misalnya seperti ketika kamu harus memutuskan sesuatu, ajak pasangan untuk bertukar pendapat dan minta lah saran darinya yang objektif. Dan bila keputusan yang diambil ternyata tidak berjalan baik, maka tidak perlu menyalahkan pasangan.

Itu dia manfaat menjadi sahabat untuk pasangan dan juga cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi sahabat untuk pasangan.

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Related posts

Apa Itu Tunangan? Ini Dia Penjelasan Lengkap Soal Tunangan

Marsyaviani Darestuti

Kata Gombal buat Pacar untuk Meluluhkan Hati Sang Kekasih

Risma Mualifa

5 Jawaban Alasan Takut Nikah. Kamu Juga Merasakan Ini?

Marsyaviani Darestuti
Promo Aol 17 - 30 Juni 2022