Image default
Life

13 Kumpulan Menu Makanan Sehat Sederhana dan Praktis

Tubuh manusia selalu membutuhkan asupan nutrisi dan gizi seimbang lewat makanan maupun minuman yang mereka konsumsi. Sayangnya, tidak semua menikmati menu makanan sehat yang memiliki nutrisi dan gizi tinggi untuk tubuh. Banyak makanan yang justru hanya menjadi penyakit di dalam tubuh manusia. Namun, bagi banyak orang, beberapa makanan yang mengundang penyakit seperti junk food adalah jenis makanan yang paling sering mereka konsumsi setiap harinya.

Makanan yang sehat pada dasarnya akan menjadi sumber daya tubuh agar tetap kuat dan sehat. Kalian pun bisa menemukan bahkan membuat menu makanan sehat ini meskipun di rumah saja. Berbagai jenis makanan sehat sederhana dan praktis sangat mudah ditemui di sekitar kalian. Beberapa menu makanan sehat sederhana dan praktis tersebut di antaranya ialah buah-buahan, biji-bijian, maupun sayur-sayuran. Selain mengkonsumsi makanan sehat,jangan lupa untuk melakukan olahraga rutin pula agar tubuh semakin bugar maksimal.  Berikut ini adalah beberapa kumpulan menu makanan sehat dan sederhana yang bisa kalian coba di rumah.

Menu Makanan Sehat

Pecel

Pecel Menu Makanan Sehat tradisional
Source: Tripzilla.id

Makanan tradisional yang berasal dari Jawa Timur ini bisa menjadi pilihan makanan sehat untuk Anda. Pecel ini sendiri berisi beraneka macam jenis sayuran seperti kangkung, bayam, tauge, dan masih banyak lagi. Selain terdiri dari berbagai macam bahan yang mudah didapat, menu pecel ini juga menyehatkan tubuh. Terlebih untuk tubuh yang sedang membutuhkan banyak serat maka pecel bisa menjadi salah satu menu makanan yang bisa kalian coba.

Roti Bakar dan Alpukat

Jika kalian biasanya sarapan hanya dengan roti saja, maka kali ini cobalah untuk membuat menu makanan sehat dari perpaduan roti, alpukat dan juga telur. Ketiga jenis makanan ini akan membuat tubuh lebih sehat. Perpaduan makanan ini juga sangat cocok untuk kalian yang sedang menjalankan proses diet.

Oatmeal

Menu makanan sehat sederhana dan praktis selanjutnya yang wajib kalian coba adalah oatmeal. Seperti yang telah diketahui bahwa oatmeal merupakan jenis makanan yang bisa menurunkan resiko penyakit tekanan darah tinggi, diabetes hingga dapat menurunkan kolesterol.

Hanya dengan mengkonsumsi semangkuk oatmeal di pagi hari maka kalian sudah menyuplai asupan serat tinggi ke dalam tubuh. Nah, kalian juga bisa menambahkan variasi ke dalam oatmeal ini seperti buah segar rendah gula, kacang hingga susu berkalsium tinggi.

Pepes Ikan

Pepes Ikan masuk dalam List Menu Makanan Sehat
Source: Resepkita.net

Siapa yang yang tak kenal dengan pepes ikan. Perpaduan ikan dengan bumbu khas ini memang selalu menggugah selera para penikmatnya. Tidak bisa dipungkiri jika kandungan gizi tinggi, protein dan mineral di dalam ikan memang membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Tak hanya itu, rutin mengkonsumsi ikan juga bisa menurunkan lemak di dalam tubuh. Bahkan, kandungan asam lemak omega-3 di dalam ikan sangat berperan penuh dalam kesehatan jantung manusia.

Sup Bening

Sup bening juga termasuk sebagai menu makanan sehat sederhana dan mudah untuk dibuat. Ada cukup banyak jenis sup bening ini bisa menjadi menu makanan pilihan saat menyantap makan malam. Dengan rutin mengkonsumsi sup bening makan saluran pencernaan kalian juga akan lebih lancar dan sehat setiap harinya.

Sandwich

Seperti halnya perpaduan roti bakar, alpukat dan telur, sandwich juga bisa menjadi menu pilihan makanan sehat kalian. Selain mudah dibuat, bahan-bahannya pun cukup mudah didapat. Kalian bisa membuat sandwich dari tomat, mentimun, selada maupun keju. Untuk lebih bervariasi dan kaya rasa silahkan menambahkan daging ataupun telur di dalam sandwich.

Steak Salad

Steak Salad masuk dalam jajaran menu makanan sehat
Source: thecozyapron.com

Mengkonsumsi daging terlalu banyak tentu tidak baik untuk tubuh akan tetapi tidak mengkonsumsi daging juga tidak memberikan asupan protein dan besi di dalam tubuh. Nah, untuk membuat makanan menu sehat dari daging ini kalian bisa membuat steak salad yang terdiri atas berbagai macam sayuran dan daging sapi.

Gado-Gado

Gado-gado termasuk menu makanan sehat yang sangat mudah didapatkan. Tak hanya itu, gado-gado juga terbilang makanan yang sangat murah. Jika tak ingin membeli, kalian juga bisa mencoba membuat gado-gado dari rumah. Kalian hanya perlu menyiapkan berbagai jenis sayuran yang menyehatkan seperti tauge, wortel, kangkung, mentimun, selada serta tahu dan tempe. Setelah itu, potong dan rebuslah semua bahan ini. Adapun untuk bumbu kacangnya bisa kalian membeli bumbu kacang instan di minimarket ataupun di warung-warung terdekat.

Brokoli

Menu makanan sehat selanjutnya ialah brokoli. Jenis sayuran ini memiliki kandungan yang penuh dengan gizi tinggi serta baik untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, brokoli juga memiliki rasa yang tidak pahit dan memiliki kalori yang sangat rendah. Kalian bisa membuat kreasi brokoli dengan cara ditumis ataupun direbus.

Smoothies

Smoothies merupakan jenis jus buah yang dibuat lebih pekat dan lebih kental. Tentunya smoothies berbeda dengan jus lainnya yang dibuat dengan bahan air putih dan gula. Smoothies kebanyakan dibuat dengan campuran es batu, yoghurt, madu hingga susu kental manis. Kalian juga bisa membuat kreasi dengan smoothies dari campuran buah maupun sayuran. Tekstur smoothies yang halus dan lembut menjadikan menu makanan atau minuman sehat ini sangat mudah diserap oleh tubuh. Kalian juga tidak perlu repot-repot mengunyahnya lagi, hanya dengan beberapa tegukan maka smoothies pun sudah bisa kalian nikmati.

Sayur Bayam

Tentu kalian sudah akrab dengan jenis sayuran yang satu ini. selain mudah didapat, murah, bayam juga sangat menyehatkan tubuh. Biasanya, sayur bayam paling enak dijadikan sebagai menu makanan pendamping nasi dan lauk lainnya. Untuk mengolah sayur bayam juga cukup mudah. Kalian bisa membuatnya sebagai sayur bening yang menyegarkan atau menumisnya. Agar lebih kaya rasa, kalian bisa mencampur bayam dengan jagung manis. Untuk bumbu lainnya kalian juga bisa menambahkan bawang merah, bawang putih, cabai, gula, dan garam. Pastikan untuk tidak memasak bayam dengan waktu yang sangat lama. Hal ini dilakukan agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak hilang.

Salad Buah dan Sayur

Nah, biar menu makanan sehat kalian tambah maksimal cobalah membuat salad buah dan sayur. Kalian hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti tomat dan juga alpukat. Seperti yang telah diketahui jika tomat memiliki kandungan vitamin A, C serta likopen yang tinggi. Sedangkan alpukat memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Perpaduan keduanya akan membuat kulitmu juga semakin sehat. Pokoknya, cocoklah untuk kalian yang sedang menjalani diet.

Ubi

Ubi Merupakan Makanan Sehat yang Perlu Anda coba
Source: Kompas.com

Menu makanan sehat terakhir yang bisa kalian masukkan di list adalah ubi. Tahukah kalian bahwa jenis umbi-umbian mengandung vitamin A yang aktif berperan dalam kesehatan mata, tulang dan kekebalan tubuh. Tak hanya itu, ubi juga memiliki vitamin C, B6, kalium serta mangan yang membantu tubuh menjadi lebih sehat. Para pejuang diet juga sangat cocok menggunakan ubi sebagai menu utama diet mereka. Kalian bisa menjaga berat badan dengan menggantikan posisi nasi dengan ubi. Selain menyehatkan, ubi juga memiliki cita rasa yang manis serta tekstur yang legit di mulut sehingga sangat digemari oleh banyak orang.

Itulah beberapa menu makanan sehat sederhana yang mudah dan praktis untuk dibuat. Makan makanan sehat tidak perlu mahal, karena Anda bisa membuatnya sendiri dari rumah loh. Demi mendapatkan tubuh yang sehat Anda harus lebih banyak konsumsi makanan sehat.

Dapatkan informasi menarik lainnya tentang remaja hanya di Gayaremaja.com.

Related posts

Hidup Lebih Sehat dan Sejahtera Dengan Menerapkan 8 Gaya Hidup Sehat Ini

Marsyaviani Darestuti

7 Quotes about Fashion yang Ajarkan Sisi Lain dari Berpakaian

Risma Mualifa

Merusak Moral, Inilah 6 Gaya Hidup Barat yang Perlu Dihindari

Risma Mualifa