Image default
Entertainment

6 Sekolah Seni di Korea Selatan, Penghasil Idol Ternama

Republic Korea atau sering dikenal sebagai Korea Selatan adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea. Negara yang ber-ibu kota di Seoul ini merupakan salah satu negara yang menjadi sorotan publik. Selain karena Kpop dan Kdramanya, sekolah yang ada di Korea Selatan ini juga menyita perhatian. Korea memang dikenal memiliki seragam sekolah yang beragam dan lucu serta memiliki sistem pendidikan yang oke. Serta memiliki Sekolah Seni di Korea yang mampu mencetak artis-artis Korea papan atas.

Terkenal akan idol yang multitalent membuat Korea Selatan semakin dilirik oleh siswa bahkan mahasiswa untuk menjadi tujuan studi. Tidak hanya ahli dalam bidang sains dan teknologi, Korea Selatan juga menawarkan sekolah seni dengan kualitas yang baik. Untuk bisa diterima di sekolah seni yang ada di negara idaman tersebut, tentu para siswanya juga harus mempunyai bakat seni, seperti menari, menyanyi, hingga memproduksi musik. Berikut daftar sekolah seni di Korea Selatan penghasil idol Kpop berbakat.

1. School of Performing Art Seoul (SOPA)

Sekolah Seni School of Performing Art School Seoul (SOPA)
Source: heynoona.com

Para pecinta Kpop tentu tidak asing dengan nama sekolah yang satu ini. Sekolah yang didirikan pada 6 Maret 1966 ini merupakan sekolah yang banyak mencetak idol Kpop terkenal. Seperti Sehun EXO, Kai EXO, Suzy, Namjoo Apink, Taeyong NCT, Jaehyun NCT, Mark NCT, Jungkook BTS, dan masih banyak lagi. SOPA berlokasi di Gung-dong, Guro-gu, Seoul. Serta memiliki beberapa departemen yaitu teater, film, musik, dan seni panggung. Tak heran sekolah ini disebut sebagai gudangnya idol Kpop berbakat.

Baca Juga: Rekomendasi Drama Korea Tentang Bisnis

2. Hanlim Multi Art School

Sekolah seni di Korea

Sekolah seni di Korea Selatan yang tak kalah hits dari SOPA adalah Hanlim Multi Art School. Sekolah ini merupakan sekolah menengah atas seni yang terletak di Distrik Songpa, Seoul, Korea Selatan. Kepala Sekolah adalah Lee Hyeon-man memiliki berbagai departemen. Seperti departemen penyiaran dan hiburan, teater musik, tarian praktik, musik terapan, model fashion, dan pembuatan film. Oleh karena itu tak jarang idol Kpop ternama merupakan alumni dari sekolah tersebut. Diantaranya adalah Chaeyoung TWICE, Dahyun TWICE, Yeri Red Velvet, Tyuzu, dan masih banyak lagi.

3. Anyang Art High School

Sekolah seni di Korea yang cukup populer Anyang Girl High School
Source: Apl.honf.org

Tidak hanya SMA, sekolah seni di Korea Selatan ini juga menawarkan sekolah jenjang SD hingga Universitas. Jauh sebelum SOPA dan Hanlim didirikan, Anyang Art High School menjadi satu-satunya sekolah seni yang menyediakan progam departemen teater dan film di Korea Selatan. Jadi bisa dibilang idol Kpop yang merupakan alumni dari sekolah ini adalah Idol Kpop senior. Seperti Rain, Kim Yoo Bin Wonder Girls, Park Gyuri KARA, Junhyung Highlight, Ye Jun F.Cuz, dan masih banyak lainnya.

4. Apgujeong High School

Apgujeong High School salah satu sekolah seni terkenal di negeri Gingseng

Dulunya sekolah ini memiliki nama Gujeong High School dan berganti nama menjadi Apgujeong pada 1 September 2009. Sekolah yang berlokasi di salah satu kawasan terelit di Korea Selatan yakni di Gangnam, Seoul ini juga tak kalah berkualitas. Jumper warna merah maroon yang dipadukan dengan kemeja putih sebagai seragam stylish yang dimilikinya cukup menjadi pusat perhatian. Idol Kpop yang menjadi alumninya adalah Siwon SuJu, Suga BTS, Nayeon, dan Jeongyeon TWICE.

Baca Juga: Paling Inspiratif, Inilah 7 Film Motivasi Terbaik yang Wajib Ditonton

5. Lila Art High School

Lila Art High School

Sekolah yang didirikan sejak tahun 1952 ini awalnya memiliki nama Lila Computer High School yang sekarang dikenal sebagai Lila Art High School. Sekolah ini memiliki departemen yang sedikit berbeda dari sekolah seni di Korea Selatan lainnya, yaitu departemen konten visual dan musik, departemen media komputer, departemen ilmu kesehatan, serta divisi konten suara digital. Namun hal tersebut tidak mempengaruhi kualitas alumni sekolah tersebut. Seperti Bae Jinyoung CIX, Luna f(x), Jiyeon T-ARA, Hyerim Wonder Girls, dan masih banyak idol berbakat lainnya.

6. Gyeonggi Arts High School

Gyeonggi Arts High School

Sekolah menengah atas seni yang terletak di Jung-dong, Bucheon, Korea Selatan ini adalah satu-satunya sekolah seni negeri di daerah tersebut. Disertai dengan asrama yang dapat menampung 200 siswa, sekolah ini memiliki 4 departemen yaitu departemen teater dan film, musik, kartun dan animasi, serta seni visual. Sekolah yang didirikan tahun 2002 ini memiliki beberapa jebolan idol Kpop terkenal. Diantaranya yaitu Seolhyun dan Lee Soo-kyung.

Sekolah seni di Korea Selatan memiliki andil besar dalam mencetak idola-idola ternama yang digemari di seluruh dunia. Terbukti beberapa sekolah di atas ternyata merupakan tempat belajar para artis yang sekarang banyak diidolakan kaum muda.

Related posts

Daripada Sekedar Scrolling, Ikuti Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok!

Rostina Alimuddin

10 Aktris Korea Tercantik Favorit Netizen

Marsyaviani Darestuti

7 Daftar Pemain Cinta Anak Muda SCTV

Rostina Alimuddin

Leave a Comment