Gaya Remaja

5 Tips Memilih Gentle Cleanser yang Tepat

memilih gentle cleanser

Mencari dan memilih pembersih wajah yang cocok untuk kulit wajahmu, bisa dibilang bukanlah suatu hal yang mudah. Apalagi bila kamu memiliki kulit yang cenderung sensitif pada bahan-bahan tertentu. Nah, solusi yang tepat adalah dengan memilih gentle cleanser. Tapi, bagaimanakah cara memilih yang tepat?

Gentle cleanser adalah pembersih wajah yang diformulasikan dengan kandungan aman untuk semua jenis kulit, termasuk untuk kamu yang punya kulit sensitif. Karena kandungannya aman, umumnya gentle cleanser tidak mengandung bahan yang bisa memicu iritasi kulit, seperti pewangi, essential oil, alkohol, SLS atau surfaktan yang tinggi. Selain itu, biasanya gentle cleanser juga dibuat dengan pH seimbang, sehingga tidak menganggu kondisi kulit.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Memilih Gentle Cleanser

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih gentle cleanser yang tepat untuk kulitmu. Berikut ini caranya:

1. Kenali kondisi kulitmu

Memilih Gentle Cleanser dengan sesuaikan pada jenis kulit

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mengenali kondisi kulit yang kamu miliki. Apakah berminyak, kering, normal atau sensitif. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menemukan pembersih wajah yang tepat. Lalu, cari tau juga tentang permasalahan kulit yang kamu alami, seperti berjerawat, kusam dan lainnya.

Sekalipun kondisi kulitmu tidak sensitif, kamu pun tetap bisa dan boleh menggunakan gentle cleanser. Karena gentle cleanser terbaik ini memang bisa dipakai oleh semua jenis kulit.


Beralih menggunakan gentle cleanser, sekalipun kamu bukan pemilik kulit sensitif, bisa jadi cara tepat untuk menjaga kesehatan kulitmu. Karena faktanya, melansir LabMuffin, tahapan membersihkan wajah adalah tahapan skin care yang paling dapat berkemungkinan merusak kulit. ini karena dalam produk pembersih wajah biasanya terdapat kandungan surfaktan yang dapat membuat kulit terasa kering, dehidrasi dan mengubah pH kulitmu.

Baca Juga: Memilih Cushions Make Up Tepat Untuk Wajahmu

2. Perhatikan kandungan bahan di dalamnya

Membaca Ingredients sebelum memilih gentle cleanser

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gentle cleanser sangat menghindari bahan-bahan tertentu yang seringkali jadi pemicu iritasi di kulit. Kandungan bahan yang harus dihindari seperti Sodium Lauryl Sufate atau SLS, pewangi, essential oil, alkohol ataupun paraben.

Perlu diketahui mengenai SLS, ini merupakan bahan yang termasuk surfaktan yang serupa dengan deterjen, yang gunanya mengangkat kotoran serta membuat pembersih wajah cenderung berbusa bila diusap ke wajah. SLS sendiri adalah jenis surfaktan keras, sehingga penggunaannya dihindari dalam produk gentle cleanser.

Walaupun tidak memiliki kandungan SLS dan cenderung tidak berbusa, bukan berarti produk pembersih wajah yang tidak berbusa seluruhnya tidak mengandung SLS. Begitupun dengan produk gentle cleanser yang tidak mengandung SLS, juga belum tentu tidak menghasilkan busa ketika dipakai. Bisa saja gentle cleanser tetap berbusa, karena tetap memiliki kandungan surfaktan dalam konsentrasi yang rendah ataupun menggunakan kandungan surfaktan yang lebih lembut.

3. Pilih yang punya kandungan pelembap atau moisturizer serta emolien

Memiliki kandungan pelembap atau moisturizer

Bahan-bahan seperti asam hyaluronic, ceramide ataupun niacinamide adalah bahan pelembap pada pembersih wajah yang akan membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap. Dengan begitu, kulit tidak akan mudah mengalami iritasi.

Sedangkan emolien adalah bahan yang cara kerjanya hampir serupa dengan bahan pelembap. Emolien dalam pembersih akan melapisi kulit lebih baik serta menutup bagian kulit yang pecah-pecah dan juga iritasi. Kamu yang punya kulit kering dan juga bertekstur kasar pun akan jadi lebih halus dan lembut bila menggunakan emolien. Kandungan yang termasuk dalam emolien seperti petrolatum, glycerin ataupun lanolin.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Baca Juga: Perbedaan Facial Foam dan Facial Wash?

4. Perhatikan pH produk pembersih

Coba Memperhatikan Ph

Pembersih yang memiliki pH tinggi akan lebih mudah merusak kulitmu. Karena itulah, pilih produk yang punya pH rendah atau kurang dari 6. Walaupun begitu, kebanyakan produk mungkin tidak menyebutkan pH produk mereka dalam label kemasan, sehingga kamu mungkin tidak dapat mengetahuinya ketika membeli. Sehingga kamu harus mencari tau di internet sebelum memutuskan untuk memilih gentle cleanser yang tepat.

5. Hindari bahan eksfoliasi

Jangan sampai memilih produk dengan bahan eksfoliasi

Sekalipun eksfoliasi sangat membantu untuk mengangkat sel kulit mati, namun bila kamu pemilik kulit sensitif, sebaiknya tidak menggunakan produk facial wash untuk kulit sensitif yang punya bahan eksfoliasi di dalamnya. Karena ini bisa memicu kulit jadi iritasi.


Bahan eksfoliasi sendiri terdiri dari eksfoliasi fisik dan juga kimia. Eksfoliasi fisik ini misalnya seperti scrub, sedangkan eksfoliasi kimia seperti kandungan AHA, asam salisilat, asam glikolat dan asam laktat.

Itulah beberapa tips dalam memilih gentle cleanser yang tepat dan cocok untuk kulitmu.



Related posts

6 Tips Harian untuk Tampil Cantik Alami Luar Dalam

Linda Arista

5 Manfaat Retinol dalam Skincare dan Cara Menggunakannya

Marsyaviani Darestuti

6 Khasiat Niacinamide Untuk Kulit Beserta Efek Sampingnya

Marsyaviani Darestuti