Image default
Hobi

6 Jenis Ikan Hias Cantik Untuk Akuarium yang Mudah Dipelihara

Siapa nih, yang hobinya memelihara jenis ikan hias cantik di akuarium rumah? Tahukah kamu, sebuah studi pernah membuktikan kalau memelihara ikan bisa membantu mengurangi tingkat stres, lho. Bukan hanya itu saja, mempunya akuarium di rumah yang berisikan ikan-ikan hias cantik pun memberikan suasana rumah yang berbeda. Apalagi biasanya akuarium dilengkapi dengan lampu-lampu dan hiasan indah.

Corak warna yang indah dan terkadang memiliki bentuk unik, menjadikan jenis ikan hias aquarium ini banyak disukai. Nah, bagi kamu yang baru ingin memulai memelihara ikan hias di akuarium, ini adalah beberapa jenis ikan hias yang mudah untuk dipelihara.

Baca Juga: Temukan Tips dan 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Di Sini!

1. Ikan Mas Koki

Mas Koki menjadi salah satu jenis ikan hias cantik

Ikan hias aquarium satu ini sebenarnya asalnya dari China, namun ikan ini malah lebih populer di Jepang. Di Indonesia pun, para penggemarnya tidak kalah banyak. Para pecinta ikan hias, pasti punya atau pernah memelihara ikan lucu satu ini.

Ikan Mas Koki ini merupakan ikan yang tidak bisa hidup berdampingan dengan ikan lainnya. Biasanya, dalam satu akuarium pun, tidak banyak ikan di dalamnya. Karena, ikan Mas Koki ternyata butuh lebih banyak oksigen untuk hidup dibanding ikan lainnya.

2. Ikan Guppy

Buntutnya yang menawan menjadikan Guppy sebagai ikan hias akuarium

Ikan yang punya bentuk mungil, dengan ukuran hanya 4-5 cm ini juga jadi salah satu ikan hias yang banyak penggemarnya. Jenis ikan hias akuarium inipun punya warna-warna yang cantik, sehingga akan menambah keindahan rumah bila dipelihara dalam akuarium.

Selain warnanya, bentuk sirip ikan Guppy juga jadi daya tariknya tersendiri. Untuk bisa memeliharanya dengan baik, kamu perlu akuarium kecil tanpa oksigen. Yes, ikan cantik dengan keperluan yang minim banget kan!

3. Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost

Satu lagi ikan hias kecil, dengan tubuh berwarna hitam seperti namanya. Penampakannya terbilang unik, karena ikan memiliki bagian ekor yang agar kecil meruncing, sehingga tubuhnya terlihat seperti bulu kemoceng.

Ikan ini juga sering disebut dengan nama ikan penari balet, karena ia seringkali berenang maju-mundur dan jungkir balik. Kadang, ikan yang asalnya dari perairan Amazon dan Suriname ini juga mendapat sebutan black phantom. Memelihara ikan satu ini tidaklah sulit, kamu cukup memberi makan ikan berupa jentik nyamuk, pelet ikan ataupun serangga kecil.

4. Ikan Discus

Jenis ikan hias cantik Discuss, harganya juga cantik loh

Corak yang unik juga dimiliki oleh ikan Discus. Warnanya yang terang dan bercahaya, membuat ikan ini disukai banyak penggemar ikan hias. Corak garis yang ada pada tubuh ikan discus, merupakan mekanisme pertahanan dirinya dari para ikan predator.

Ikan yang asalnya dari perairan Amazon ini ternyata punya cara unik ketika makan, lho. Ikan Discus biasanya hanya akan makan pakan ikan yang tenggela di dasar akuarium, dibangding dengan yang mengapung. Jadi pastikan bila kamu memelihara ikan ini, kamu berikan pakan yang bisa tenggelam ke dasar akuarium ya

5. Ikan Louhan

Louhan sempat menjadi ikan hias populer di era 2003-2004

Ini juga adalah jenis ikan hias cantik yang punya banyak penggemar. Dulu, ikan satu ini sempat jadi ikan dengan harga jual termahal, lho. Ciri khas ikan ini adalah memiliki kepala yang jenong, dan corak tubuh yang unik. Harga ikan louhan sendiri ternyata ditentukan dari besarnya jenong yang dimiliki, lho.

Ikan hias satu ini termasuk ikan yang cukup agresif pada ikan lainnya. Ikan Louhan pun seringkali memakan ikan kecil yang berada di sekitarnya.

6. Ikan Cupang

Ikan cupang atau betta yang saat ini menjadi populer

Belum lengkap rasanya kalau tidak memasukkan ikan cupang dalam jenis ikan hias cantik. Betul tidak? Ikan yang baru-baru ini kembali menarik perhatian banyak orang ini punya warna yang cantik dengan bentuk ekor yang juga indah.

Yang unik dari ikan cupang adalah, ketika bernapas, ikan cupang bisa menghirup udara yang tidak di dalam air, karena ia memiliki organ tubuh bernama labirin. Untuk soal perawatan ikan cupang pun terbilang mudah. Karena itulah, banyak orang yang senang memelihara ikan hias satu ini.

Baca Juga : 7 Pilihan Makanan Ikan Cupang Agar Sehat dan Warna Tidak Kusam

Dari beberapa jenis ikan hias akuarium yang punya corak cantik dan unik di atas, adakah yang menarik perhatianmu untuk ikut memeliharanya juga? Bila tertarik untuk memelihara, siapkan akuarium, serta kebutuhan pakannya. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan akuarium, agar ikan-ikan peliharaanmu tetap cantik dan sehat.

Related posts

Wow, Ini Dia Hobi yang Keren dan Ternyata Membuat Cerdas!

7 Pilihan Makanan Ikan Cupang Agar Sehat dan Warna Tidak Kusam

Risma Mualifa

Temukan Tips dan 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Di Sini!

Marsyaviani Darestuti

Leave a Comment