Image default
Beauty

7 Cara Mudah Membuat Kulit Wajah Glowing yang Sehat

Memiliki kulit wajah glowing merupakan dambaan mayoritas wanita Indonesia. Tinggal di daerah tropis menyebabkan wanita Indonesia kerap mengalami permasalahan kulit seperti, kulit kering, kemerahan, kerutan, hingga penuaan dini. Tentunya membuat kulit wajah glowing sudah menjadi keharusan bagi wanita, meskipun banyak yang tidak mengetahui cara tersebut.

Umumnya kulit wajah yang glowing bisa kamu dapatkan dengan menggunakan produk skincare tertentu. Tak hanya dengan menggunakan produk skincare, kulit glowing juga bisa kamu dapatkan lebih mudah dengan mengubah pola hidup. Yuk simak lebih lanjut cara mudah membuat kulit wajah glowing dengan beberapa langkah sederhana dibawah ini!

Baca Juga: Tutorial Make Up Korea Untuk Wajah yang Glowing dan Fresh

Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup merupakan salah satu langkah membuat kulit wajah glowing
Source: Tribunnews.com

Cara pertama paling mudah dan tidak menguras kantong adalah dengan tidur yang cukup. Kulit wajah yang kurang tidur akan terlihat lebih kusam, belum lagi jika mulai timbul kerutan di area sekitar mata serta mata panda. Wajah jadi terlihat lelah dan tidak fresh. Kamu tidak mau kan memiliki kulit wajah seperti itu? Jadi, jangan sepelekan tidur ya.

Pada saat tidur terjadi proses metabolisme untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, termasuk kulit. Tidur yang cukup selama 7-9 jam juga akan mengoptimalkan produksi kolagen dan hormon pertumbuhan.

Tak hanya itu, tidur yang cukup juga memperlambat penuaan dini pada kulit karena saat tidur asupan oksigen dari aliran darah ke kulit meningkat.

Beberapa zat aktif yang biasanya terkandung dalam krim malam, seperti retinol atau retinoic acid juga terserap optimal ketika kamu tidur di malam hari loh! Ditambah lagi dengan tidur malam kamu tidak mudah lelah sehingga membantu menjaga mood tetap prima dan terhindar dari stress.

Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan yang dikonsumsi tubuh berkontribusi pada kesehatan kulit. Ada banyak pilihan makanan yang bermanfaat pada kulit. Namun, alih-alih fokus pada jenis makanan tertentu, fokuslah pada pola makan sehat.

Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur, kacang-kacangan, serta makanan berserat. Selain itu, batasilah konsumsi gula berlebih maupun makanan dengan kandungan lemak tinggi, seperti gorengan. Dengan menerapkan pola makan sehat kamu tidak hanya mendapatkan wajah glowing, tubuh pun ikut sehat serta terhindar dari risiko berbagai penyakit.

Minum Air Putih yang Cukup

Minum Air Putih yang Cukup untuk bisa membuat wajah glowing
Source: Wowkeren.id

Tak hanya makanan bergizi, kecukupan air dalam tubuh juga mempengaruhi kesehatan kulit. Kekurangan cairan tubuh menyebabkan kulit mudah kering. Maka, dengan minum air putih yang cukup kulit dapat terhidrasi optimal.

Selain itu, air putih juga membantu mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga tubuh lebih sehat. Lalu, seberapa banyak sebaiknya meminum air putih? Kamu bisa menghitung kecukupan minum air putih dengan cara berat badanmu dikali 30ml air. Akan tetapi, jka ingin cara yang lebih praktis, kamu bisa langsung mengonsumsi air putih sebanyak 6-8 gelas perhari. 

Gunakan Sunscreen

Meskipun sinar matahari bagus untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, tapi terpapar sinar matahari secara berlebihan juga dapat membahayakan kulit. Paparan sinar matahari yang berlebihan selama berjam jam akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kanker kulit dan penuaan dini.

Dengan memakai sunscreen, kamu dapat melindungi kulit dari paparan matahari berlebih. Penggunaan sunscreen yang benar menurut American Academy of Dermatology Association sebagai berikut.

  • Jika beraktivitas di luar rumah, gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih.
  • Gunakan sunscreen 15-30 menit sebelum keluar rumah agar terserap optimal ke dalam kulit.
  • Aplikasikan kembali sunscreen setiap 2 jam atau setelah berenang dan berkeringat
  • Tetap gunakan sunscreen meskipun cuaca tidak sedang terik

Eksfoliasi Kulit

Salah satu penyebab kulit wajah kusam yaitu karena penumpukan sel-sel kulit mati di wajah.  Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori wajah sehingga wajah menjadi semakin glowing.

Akan tetapi, lakukanlah eksfoliasi dengan sewajarnya ya. Eksfoliasi berlebih dan terlalu sering juga akan merusak skin-barrier pada kulit sehingga kulit semakin tipis dan timbul permasalahan lain berupa jerawat, iritasi, kulit kering, serta kemerahan.

Cukup lakukan eksfoliasi sebanyak 1-2 kali dalam seminggu ya. Ketika melakukan eksfoliasi pilihlah jenis scrub yang lembut, terutama bagi kamu yang memiliki jenis tipe kulit kering. 

Rajin Mencuci Wajah

Setelah seharian beraktivitas wajah akan terlihat kusam karena terpapar partikel debu maupun polusi berlebih. Meskipun lelah sehabis beraktivitas, kamu tetap harus membersihkan wajahmu dahulu sebelum beristirahat.

Tidak mencuci wajah setelah seharian beraktifitas akan menimbulkan komedp hingga jerawat akibat dari penumpukan kotoran dalam pori-pori. Kamu tidak mau kan kulit wajahmu seperti itu? Maka, cucilah wajah minimal sehari sekali dan basuh wajah dengan lembut. Jika kamu memakai riasan wajah, pastikan setelah mencuci produk riasan tersebut benar-benar sudah bersih dan hilang ya.

Menggunakan Pelembab

Gunakan pelembab wajah yang cocok
Source: Republika.co.id

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah menggunakan pelembab. Pelembab digunakan untuk mengunci kelembaban sehingga kulit menjadi lebih terhidrasi dan sehat. Akan tetapi, banyak yang beranggapan pemilik kulit berminyak tidak perlu menggunakan pelembab karena akan membuat wajah terlihat lebih mengilap.

Anggapan ini keliru ya, pelembab tetaplah penting untuk semua jenis tipe kulit. Nah, bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, pilihlah pelembab yang berbahan dasar air dan noncomedogenic.

Baca Juga: Jangan Asal Beli, Begini Cara Memilih Skincare yang Tepat

Kulit glowing yang sehat bisa kamu peroleh dengan mengikuti cara-cara diatas, bagaimana mudah kan? Selain mengubah pola hidup jangan lupa juga pilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan tipe kulitmu ya. Cara membuat kulit wajah glowing cukup mudah kan? Tunggu apa lagi, coba kamu terapkan dari sekarang dan liat perbedaannya. 

Related posts

Inilah 11 Daftar Make Up yang Harus Dimiliki Wanita. Sudah Punya Semuanya?

Marsyaviani Darestuti

7 Kiat Make Up Flawless yang Wajib Kamu Coba untuk Hasil Natural

Rumi

Produk Make Up Anak-Anak Terbaik, Serta Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan

Marsyaviani Darestuti

Leave a Comment