Gaya Remaja

Memilih Cushions Make Up Tepat Untuk Wajahmu

Memilih Cushions Make Up

Cushions make up adalah istilah untuk mendeskripsikan sebuah produk make up portable. Cushion ini bisa berisikan roduk kosmetik seperti foundation, CC cream, tinted moisturizer, BB cream, bahkan ada pula yang berisikan blush on. Kehadiran cushion memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna makeup yang ingin suatu hal yang praktis.

Walaupun begitu, kali ini kita akan membahas tentang cushion foundation yang populer dan disukai banyak orang. Bisa dibilang, cushion foundation ini adalah foundation cair yang dihadirkan dalam bentuk yang lebih compact, praktis, dan lebih mudah digunakan. Bentuk kemasannya memang menyerupai bedak, namun cushion dan bedak adalah dua hal yang berbeda.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Baca Juga: Perbedaan Facial Foam dan Facial Wash?

Perbedaan Foundation, Cushion dan Bedak

Nah, ternyata masih banyak lho yang punya persepsi yang salah tentang foundation, cushion dan juga bedak. Padahal fungsi dari ketiganya sangat berbeda.

Foundation adalah produk base makeup yang fungsinya untuk menutupi kekurangan yang ada di wajah. Karena ia adalah base makeup, maka foundation pun jadi dasar ketika kamu memakai make up. Foundation umumnya tersedia dalam beberapa tingkatan coverage, seperti medium coverage atau sheer coverage yang berarti penggunaan foundation masih akan menunjukkan kondisi kulit yang sebenarnya, dan juga ada yang sifatnya full coverage di mana hasil dari foundation cenderung menutup sempurna.

Foundation pun tersedia dalam beberapa pilihan bentuk, seperti cair atau liquid, powder, dan stick. Pilihan shade atau warnanya pun sangat beragam.


Sama halnya seperti foundation, fungsi cushion adalah sebagai base makeup. Namun, bedanya, cushion dijual bersama dengan aplikatornya yaitu spons. Hal ini akan membantumu untuk lebih mudah memakainya, lebih higienis karena terhindar dari tangan yang mungkin kurang bersih, dan pastinya tidak mudah berantakan, karena bentuknya yang compact.

Selain itu, banyak orang lebih suka memakai cushion karena punya manfaat seperti memiliki kandungan SPF untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, dan juga dapat melembapkan kulit. Apalagi, untuk touch up make up pun dengan menggunakan cushions make up akan jauh lebih mudah.

Berikutnya adalah bedak. Berbeda dari foundation atau cushion, bedak ini bukanlah base makeup. Bedak bisa kamu gunakan sendiri tanpa base, yang biasanya berupa compact powder. Jenis bedak lainnya yaitu bedak tabur, yang biasanya dipakai untuk menyempurnakan riasan yang kamu gunakan. Adapula powder foundation di mana produk ini dipakai untuk menambah coverage dan menyempurnakan foundation.

Memilih Cushions Make Up yang Tepat

Lalu bagaimanakah cara memilih cushions make up yang tepat? Nah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini agar tidak salah pilih dalam menentukan cushion terbaik untukmu.

1. Pilih hasil akhir cushion yang kamu inginkan

Memilih Cushions Make Up untuk wajah

Cushion foundation tersedia dalam beberapa hasil akhir, seperti dewy yang membuat tampilan wajah tampak glowing dan juga hasil akhir matte.

Umumnya, cushion yang punya hasil akhir lebih dewy cocok untuk para pemilik kulit kering. Karena cushion ini punya kandungan melembapkan dan membuat tampilan wajah lembut berkilau.

Sedangkan cushion dengan hasil akhir yang matte cenderung cocok dipakai oleh kamu yang punya kulit berminyak. Cushion ini pun punya coverage yang terbilang tinggi, sehingga mampu menutup kekurangan yang ada di wajah.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kosmetik Berbahaya yang Patut Kamu Waspadai!

2. Pilih cushion yang tahan keringat

Pilih Cushions Make Up yang tahan keringat

Kalau kamu adalah orang yang suka menggunakan make up seharian, dan tidak ingin terlalu sering touch up, sebaiknya pilih cushion yang punya toleransi keringat dan juga sebum yang tinggi. Umumnya ini terlihat dari keterangan di cushion yang akan kamu beli. Ini akan sangat penting, karena berpengaruh pada ketahanan make up seharian.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

3. Pilih warna yang pas

Memilih warna yang pas

Pilihan warna atau shade sebaiknya disesuaikan dengan warna asli kulitmu, jangan terlalu terang dan jangan terlalu gelap. Tips memilih shade foundation yang mudah adalah dengan memilih warna sesuai dengan tone kulit di bagian batas wajah dan leher. Kamu bisa mengoleskan sedikit warna foundation di bagian leher untuk menemukan yang sesuai.

4. Pilih kandungan SPF/PA cushion yang sesuai dengan keseharianmu

Pilih kandungan yang tepat pada cushions make up

Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya pilih cushion yang mengandung SPF/PA tinggi. Namun bila tingkatan SPF/PA dari cushion masih terbilang rendah, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan sunscreen terlebih dulu sebelum memakai cushion.


Baca Juga: 7 Merk Skincare untuk Remaja Pemula yang Aman dan Murah

Memilih cushions make up yang tepat ternyata tidaklah sulit, kan? Kamu hanya cukup mengikuti langkah di atas, dan menemukan cushion terbaik yang tepat untukmu.



Related posts

4 Tutorial Menata Rambut Panjang untuk ke Pesta atau Kondangan

Linda Arista

Apa Itu Kosmetik? Yuk, Kenali Jenis-Jenis dan Tips Memilihnya

Linda Arista

Beda Moisturizing dan Hydrating Pada Skincare

Marsyaviani Darestuti