Gaya Remaja

Cara Membuat Masker Beras, Bikin Kulit Wajah Sehat dan Memesona

Cara Membuat Masker Beras

Beras telah lama digunakan sebagai bahan pangan pokok oleh masyarakat Indonesia. Namun, selain sebagai bahan pangan beras juga bisa bermanfaat untuk merawat kulit. Membuat masker beras tidaklah sulit kamu bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah. Kamu bisa memanfaatkan beras maupun air beras sebagai masker.

Sebelum membuat masker beras ketahui terlebih dahulu tipe kulitmu agar bisa membuat masker yang sesuai. Masker beras cocok untuk berbagai jenis tipe kulit, dari tipe kulit normal hingga yang kering atau berminyak. 

Bahkan masker beras juga bisa digunakan untuk tipe kulit sensitif dan memiliki bekas jerawat. Untuk menyesuaikan masker dengan tipe kulitmu, kamu bisa menambahkan bahan-bahan natural lain ke dalam masker.

Baca Juga: 6 Khasiat Niacinamide Untuk Kulit Beserta Efek Sampingnya

Membuat Masker Beras yang Sesuai Tipe Kulitmu

cara membuat masker beras
Masker Beras dengan Alpukat

1. Masker Beras dan Kayu Manis untuk Tipe Kulit Kering

Masker beras dengan kayu manis cocok untuk kulit kering karena mampu menjaga kelembaban kulit. Selain itu, kayu manis juga memiliki khasiat sebagai pencerah dan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. 

Dengan menggunakan masker ini secara rutin tidak hanya kulit lembab yang kamu dapatkan, tapi juga kulit yang cerah dan sehat. Tahapan awal untuk membuat masker beras dan kayu manis yaitu dengan memasak sebanyak 80 gram beras hingga lunak. 

Setelah cukup lunak, tambahkan 2 sdm kayu manis dan 1 sdm gliserin. Gliserin bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotek terdekat. Masker beras siap digunakan, oleskan masker secara merata dan diamkan selama 15 menit. Bilas masker dengan air dingin. Agar hasil maksimal kamu bisa menggunakan masker ini seminggu sekali.


2. Masker Beras dan Madu untuk Tipe Kulit Berminyak

Manfaat masker beras dan madu pada kulit berminyak yaitu mampu membersihkan pori-pori serta menangkal bakteri penyebab jerawat. Kamu juga bisa menambahkan susu pada masker ini untuk memberikan kelembaban pada kulit.

Untuk membuat masker ini, mula-mula campurkan 3 sdm beras yang telah dimasak dengan 2 sdm madu dan 1 sdm susu segar. Aduk rata ketiga campuran hingga membentuk pasta.

Gunakan masker dengan cara dioleskan pada area wajah, kemudian diamkan selama 20 menit. Bersihkan masker dengan air dingin. Gunakan masker ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu sesuai kebutuhan kulitmu.

3. Masker Beras dan Alpukat untuk Tipe Kulit Kombinasi dan Sensitif

masker beras dan menggunakan alpukat
Ilustrasi Alpukat

Beras bersama dengan alpukat akan menenangkan, menutrisi, dan melembabkan kondisi kulit. Untuk menghasilkan masker yang lebih menghidrasi, gunakanlah nasi rebus sebagai pengganti tepung beras.

Cara membuat masker beras ini, mula-mula siapkan 1 sdt beras yang telah dicuci bersih. Kemudian campur dengan 1 sdm alpukat yang telah dihaluskan. Gunakan masker dengan cara dioleskan secara menyeluruh pada wajah. Biarkan masker selama 15-20 menit, lalu bilas bersih dengan air hangat. 

4. Masker Beras dan Putih Telur untuk Mencegah Penuaan Dini

Putih telur memiliki manfaat bagi kulit untuk mengencangkan pori-pori dan merangsang pembelahan sel kulit sehingga kulit akan tampak lebih kencang dan lebih muda. Untuk masker ini kamu bisa mengkombinasikannya dengan gliserin sebagai pelindung wajah dari kotoran.

Sebelum diolah menjadi masker, terlebih dahulu beras dihaluskan hingga menjadi tepung. Jika ingin proses yang lebih cepat, kamu bisa langsung menggunakan tepung beras. Campurkan sebanyak 2 sdm tepung beras dengan bagian putih dari 1 butir telur dan 4 tetes gliserin. Aduk campuran hingga rata.

Masker diaplikasikan pada kulit wajah dengan cara dioleskan dan pijat lembut ke seluruh permukaan kulit. Tunggu hingga masker mengering, kemudian bilas dengan air. Kamu bisa menggunakan masker ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Baca Juga: 6 Langkah Belajar Make Up Natural untuk Sehari Hari, Mudah bagi Pemula

5. Beras, Yogurt, dan Kunyit untuk Memudarkan Bekas Jerawat

Campuran ketiga bahan dalam masker ini tidak hanya bermanfaat untuk memudarkan bekas jerawat, tapi juga memperbarui kulit dan menyegarkan wajah. Hal tersebut karena yogurt mengandung asam laktat, kalsium, antioksidan yang dapat mengangkat sel kulit mati, menghilangkan kulit kusam, menghidrasi dan meningkatkan warna kulit. 

Di sisi lain, kunyit berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kulit, meredakan peradangan dan merangsang proses regenerasi kulit. Untuk membuat masker ini, pertama-tama campurkan 2 sdm tepung beras dengan 3-4 sdm yogurt dan 1 sdm bubuk kunyit.

Aduk rata hingga terbentuk campuran pasta yang halus. Kamu bisa menambahkan yogurt jika masker terlihat terlalu tebal dan kental. Namun, jika masker terlihat cair, maka tambahkan lebih banyak tepung beras.

Oleskan masker pada permukaan wajah yang bersih dan biarkan selama sekitar 15 menit. Setelah 15 menit, cuci masker terlebih dahulu dengan air hangat, lalu dengan air dingin.

Itu tadi beberapa jenis masker beras yang cocok untuk kulit kering, berminyak, kombinasi dan untuk mencegah penuaan dini serta memudarkan bekas jerawat. Bagi kamu yang memiliki tipe kulit normal, kamu bisa menggunakan kelima masker tersebut sesuai dengan kebutuhan kulit. 


Membuat Masker Air Beras 

Masker dari Air Beras
Membuat Masker dari Air Beras

Ternyata tidak hanya beras yang bisa dijadikan sebagai masker, air beras juga bisa loh! Ada berbagai macam metode membuat masker air beras. Dari mulai direndam, difermentasikan, dan direbus. Kamu bisa memilih metode yang paling praktis dan efisien untuk dilakukan di rumahmu:

1. Metode Perendaman

Membuat masker beras dengan cara ini relatif lebih cepat dari metode lainnya. Alat dan bahan yang dibutuhkan pun cukup sederhana, kamu perlu menyiapkan baskom untuk merendam beras, air, penyaring, dan lemari pendingin. Berikut tahapan pembuatannya:

  • Siapkan kurang lebih sebanyak 100 gram beras yang telah dicuci bersih
  • Tuangkan sebanyak 500-700 ml air ke dalam baskom
  • Rendam beras dengan air selama 30 menit 
  • Setelah 30 menit, pisahkan beas dengan airnya menggunakan penyaring
  • Simpan air hasil rendaman dalam lemari pendingin

Masker beras dengan metode ini bisa bertahan hingga satu minggu. Selain diaplikasikan pada kulit, kamu juga bisa menggunakannya sebagai masker rambut. Caranya dengan mengoleskan air beras pada tiap helaian rambut.

2. Metode Fermentasi 

Menurut penelitian, metode fermentasi dapat mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV yang menyebabkan penuaan dini. Lantaran melalui proses fermentasi, masker ini memakan waktu yang lebih lama untuk dibuat. Berikut tahapan pembuatan masker:

  • Siapkan 100 gram beras yang telah dicuci bersih
  • Rendam beras dengan menggunakan air sebanyak 500-700 ml ke dalam baskom
  • Beras direndam selama 2 hari untuk difermentasikan
  • Aduk rata air rendaman beras, kemudian saring airnya
  • Simpan air di dalam lemari pendingin

3. Metode Perebusan

Metode terakhir yaitu dengan cara direbus sama seperti ketika akan menanak nasi. Alat dan bahan yang dibutuhkan berupa, panci untuk merebus, saringan air, botol, dan lemari pendingin. Berikut cara membuatnya:

  • Siapkan beras yang telah dicuci bersih secukupnya
  • Rebus beras seperti menanak nasi
  • Saringlah air hasil rebusan beras
  • Simpan air rebusan ke dalam botol
  • Diamkan dalam lemari es untuk mendinginkannya

Untuk mengaplikasikan masker air beras dengan mudah, kamu bisa meletakkannya ke dalam botol spray. Maker air beras bisa digunakan setelah mencuci muka dengan cara disemprotkan atau diaplikasikan dengan menggunakan kapas ke beberapa area wajah. 

Membuat masker beras amatlah sederhana, alat dan bahan yang diperlukan pun tidak sulit untuk dicari. Kamu bisa menggunakan bahan alami yang tersedia di rumah. Sebelum membuat masker beras pastikan bahan yang kamu gunakan sudah tercuci bersih dan dalam kondisi baik ya. (HA)Cara Membuat Masker Beras



Related posts

Ciri-Ciri Kosmetik Berbahaya yang Patut Kamu Waspadai!

Rostina Alimuddin

Urutan Skincare Pagi Malam Untuk Kulit Berjerawat

Primaditya Riesta

Begini Urutan Make Up yang Benar dan Anti Gagal Flawless

Rostina Alimuddin