Gaya Remaja

Mau Tampil Cantik Ala Korea? Yuk, Ikuti 9 Step Skincare Korean!

Step Skincare Korean
Source: Pexels.com

Tren K-beauty sudah menjadi tren kecantikan di seluruh dunia. Tidak hanya tren make-up seperti cushion dan tint, skincare routine juga banyak diikuti dan mengubah banyak rutinitas kecantikan para kaum hawa. Bagaimana step skincare Korean?

Step skincare Korean sebagian besar menggunakan teknik layering, yakni produk tertentu diletakkan sebelum atau sesudah produk lainnya. Kunci dari teknik layering ini adalah konsistensi dari produk itu sendiri. Semakin berat produk, semakin lambat digunakan. Lantas, bagaimana urutan penggunaan produk skincare yang tepat ala Korea?

1. Hapus Riasan dengan Oil Cleanser atau Micellar Water

Langkah pertama adalah menghapus semua make-up yang seharian kamu gunakan sebersih mungkin. Pertama, bersihkan dengan make-up remover. Setelah selesai menghapus semua make-up, bersihkan kembali dengan pembersih berbasis minyak seperti oil cleanser atau micellar water. Pijat wajah kamu dengan lembut saat mencuci dan bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Tutorial Make Up Korea Untuk Wajah yang Glowing dan Fresh

2. Double Cleansing dengan Facial Foam / Facial Wash

Setelah menghapus semua make-up, kamu perlu membersihkannya sekali lagi untuk memastikan bahwa wajah kamu benar-benar bersih (double cleansing). Gunakan facial wash atau facial foam favorit kamu, pijat ke seluruh wajah dengan lembut untuk mengangkat seluruh sisa minyak yang tersisa dari langkah sebelumnya. Terakhir, bilas dengan air bersih.


3. Aplikasikan Toner

Step Skincare Korean: Toner
Source: Pexels

Step skincare Korean selanjutnya adalah menggunakan toner yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Karena double cleansing dari langkah sebelumnya bisa membuat tingkat pH wajah kamu jadi tidak seimbang.

Akibatnya, kulit kamu pun jadi lebih kering dan lebih sensitif. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan toner yang teksturnya ringan untuk mengembalikan keseimbangan tingkat pH, menenangkan kulit setelah dibersihkan dan mempersiapkan kulit kamu untuk rutinitas perawatan kulit berikutnya.

4. Gunakan Essence

Menggunakan Essence
Source: Pexels.com

Salah satu langkah yang membuat step skincare Korean unik daripada urutan perawatan kulit lainnya, adalah penggunaan essence. Tujuannya adalah untuk menutrisi dan menghidrasi kulit, agar kulit kamu lebih siap untuk menerima produk skincare selanjutnya.

Kulit kamu diibaratkan layaknya spons, yang jika kering akan mudah retak dan rusak. Sedangkan jika dalam keadaan basah, kulit kamu tampak lebih kenyal dan kencang. Pengaplikasiannya pun sangat mudah. Kamu cuma perlu menuang beberapa tetes essence di ujung jari, lalu tepuk-tepuk ringan pada kulit wajah, dan diamkan beberapa saat agar menyerap ke dalam lapisan kulit.

5. Serum atau Ampoule

Penggunaan Serum
Source: Pexels.com

Setelah essence, lanjut gunakan ke serum atau ampoule. Sekilas toner, essence, dan serum terlihat hampir mirip. Jadi, kamu jangan sampai keliru urutan penggunaannya, ya.

Serum teksturnya lebih berat dalam konsistensinya lebih kuat dibandingkan dengan essence dan toner. Selain itu, serum mengandung juga bahan-bahan utama yang fokus pada masalah tertentu seperti kerutan, bintik-bintik, mencerahkan dan banyak lagi.

6. Sheet Mask

Menggunakan sheet mask
Source: Pexels.com

Dengan menggunakan sheet mask sebelum memakai pelembab, dapat membuat kulit kamu lebih terhidrasi dan memperkuat skin barrier. Untuk penggunaanya yang ideal adalah setiap 3 – 5 kali dalam seminggu.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Beras, Bikin Kulit Wajah Sehat dan Memesona

7. Krim Mata

 krim mata
Source: Pexels

Step skincare routine berikutnya adalah eye cream. Bagi kamu yang belum tahu, kulit di sekitar mata merupakan area yang paling halus di wajah sehingga perawatan khusus, yaitu krim mata yang mengandung bahan aktif untuk mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan area mata yang sensitif dan memberikan efek melembabkan.

Dalam rutinitas perawatan kulit K-Beauty, disarankan untuk mengoleskan krim mata sebelum pelembab agar area mata yang sensitif dirawat terlebih dahulu. Caranya cukup tuangkan sedikit di ujung jari lalu oleskan dengan lembut di sekitar area mata.

8. Moisturizer

Penggunaan Moisturizer
Source: Pexels

Penggunaan pelembab atau moisturizer atau pelembab merupakan hal yang wajib dalam step skincare Korean. Sesuai namanya, moisturizer mengandung bahan-bahan yang berfungsi untuk menjaga dan mengunci kelembaban kulit kamu. Misalnya, hyaluronic acid, aloevera extract, glycerin, glycerol, dan PCA.

9. Sunscreen yang mengandung SPF

Sunscreen yang mengandung SPF
Source: Pexels.com

Pada siang hari, entah itu bepergian atau tidak, penggunaan sunscreen adalah suatu keharusan. Pasalnya, sunscreen mengandung titanium dioksida dan zinc oxide yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV.


Kini kamu sudah tahu bagaimana step skincare Korean untuk mendapatkan kulit yang glowing dan sehat seperti orang Korea. Namun, sebelum mengaplikasikan langkah-langkah diatas, selalu periksa bahan-bahan pada produk skincare agar benar-benar sesuai dengan kebutuhan kulit kamu, ya.



Related posts

Begini Urutan Make Up yang Benar dan Anti Gagal Flawless

Rostina Alimuddin

6 Tips Harian untuk Tampil Cantik Alami Luar Dalam

Linda Arista

Tutorial Make Up Korea Untuk Wajah yang Glowing dan Fresh

Marsyaviani Darestuti