Image default
Hubungan

5 Jawaban Alasan Takut Nikah. Kamu Juga Merasakan Ini?

Menikah, adalah hal yang ingin dituju para pasangan yang sedang menjalin hubungan. Namun, tidak semuanya merasakan hal ini. Ada pula sebagian orang yang merasa takut bahkan enggan untuk menikah. Sebenarnya apa alasan takut nikah yang dialami kebanyakan orang ini? Apa kamu juga termasuk salah satunya?

Ketakutan akan menikah mungkin bukan hal yang aneh, bahkan bisa dibilang adalah hal yang wajar. Bukan hanya dirasakan orang yang menjalin hubungan saja, tapi mereka yang single pun bisa saja merasakan hal ini. Bahkan rasa takut ini juga bisa saja muncul ketika kamu sedang menyiapkan rencana pernikahan, lho. Rasa takut berumah tangga juga bisa dialami pria dan wanita. Itulah kenapa dikatakan sebelumnya kalau ketakutan akan pernikahan ini wajar sekali terjadi. Namun, rasa takut yang muncul ini pasti ada alasan yang mendasarinya.

Baca Juga: Apa Sih Arti dan Tugas Seorang Bridesmaid? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Alasan Takut Menikah

Berikut ini adalah beberapa alasan takut nikah yang umum dirasakan para pria maupun wanita. Kamu juga merasakannya?

1. Trauma

Alasan takut nikah disebabkan oleh trauma masa lalu

Trauma merupakan salah satu alasan terbesar yang membuat orang jadi takut untuk melangkah ke hubungan yang lebih serius, yaitu pernikahan. Traumanya pun bisa saja disebabkan banyak hal, seperti kegagalan pernikahan yang dialami orangtua ataupun perpisahan atau kehilangan yang cukup menyakitkan baginya.

Pengalaman pahit seperti ini yang membuat mereka jadi terbayang-bayang rasa takut akan mengulangi kesalahan yang sama, sehingga mereka pun memutuskan untuk tidak menikah agar hati mereka tidak perlu lagi merasakan rasa sakit atau sedih yang pernah mereka rasakan sebelumnya. Dengan kata lain, mereka tidak ingin menikah untuk menjaga hati mereka dari rasa sakit akan pengalaman pahit yang pernah mereka rasakan.

Setiap orang mungkin akan bereaksi yang berbeda dengan pengalaman pahit yang pernah dialami. Sebagian orang bisa mudah bangkit dan melangkah maju sekalipun sempat mengalami kejadian yang menyedihkan atau menyakitkan. Namun sebagian lainnya malah bisa merasa terpuruk dan merasa dunianya hancur setelah melalui pengalaman yang sama.

Selain itu, tidak ada waktu yang pasti kapan seseorang bisa mengatasi masalah traumanya ini. Karena ini semua tergantung pada bagaimana mereka menyikapi trauma yang terjadi.

2. Terlalu nyaman sendiri

Merasa melajang menyenangkan menjadi satu alasan

Tidak sedikit orang yang merasa kalau kesendirian adalah hal yang menyenangkan. Rasa enggan untuk menikah karena terlalu nyaman sendiri umumnya dirasakan oleh mereka yang single. Bahkan mereka pun mungkin sudah lama sekali tidak menjalin hubungan asmara.

Kesendirian yang mereka rasakan membuat mereka bebas melakukan banyak hal, sesuatu yang mereka sukai, mengejar mimpi, mengejar karir dan juga terhindar dari drama percintaan yang tidak jarang cukup menguras pikiran dan juga hati.

Namun rasa nyaman menyendiri ini malah menjadikan mereka takut menikah, karena takut rasa bebas yang mereka rasakan ketika sendiri akan hilang bila nanti menjalin hubungan ataupun saat berkeluarga. Nah, kamu juga merasakan hal ini?

Padahal, sebenarnya tidak ada yang salah kok dengan perubahan yang mungkin terjadi bila seandainya kamu menikah. Ini malah menunjukkan kalau hidupmu berkembang dan tidak jalan di tempat. Walaupun begitu, segala hal harus dipersiapkan dengan matang, ya.

3. Belum mapan

Alasan takut menikah yang sering muncul Merasa belum mapan

Takut menikah karena belum mapan umumnya banyak dialami oleh para pria. Walaupun begitu, wanita pun bisa saja mengalami hal ini.

Mereka yang menjadikan alasan takut nikah karena belum mapan umumnya sedang berusaha keras mengejar karir mereka setinggi dan sesukses mungkin. Mereka tidak ingin ketika nantinya harus menikah, karir mereka malah bisa terganggu. Dan akhirnya meniatkan diri untuk harus mapan terlebih dulu sebelum akhirnya mereka memilih untuk menikah.

Orang yang enggan menikah karena belum mapan inipun merasa kalau memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri saja sudah terasa sulit, sehingga mereka ragu bagaimana nanti harus membiayai kebutuhan keluarganya, istri dan juga anak-anaknya.

Keraguan dan kekhawatiran ini seringkali memicu ketidakpercayaan diri untuk menjalin hubungan, bahkan hingga melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Walaupun begitu, masalah ini bisa kok diselesaikan. Kamu bisa terbuka tentang hal ini, sehingga kamu dapat menemukan orang yang tepat yang mengerti kondisimu.

Baca Juga: Pernikahan Beda Agama di Indonesia, Seperti Ini Hukum dan Tata Caranya

4. Takut berkomitmen dan tanggung jawab

Komitmen dan tanggung jawab

Menikah artinya mendedikasikan seluruh hidupmu dan juga bertanggung jawab penuh pada kehidupan berumah tangga atau keluarga. Karena ketika kamu menikah, ada tanggung jawab yang harus dilakukan seumur hidup.

Mungkin, sebagian orang yang punya alasan takut nikah merasa kalau suatu hal yang harus dipikul seumur hidup dan selamanya ini adalah hal yang berat. Bahkan membuat mereka merasa ragu dan takut karena kebebasannya bisa terenggut.

Mereka juga mungkin saja belum siap untuk memikul hal ini selama sisa usia mereka. Sehingga memicu munculnya takut berumah tangga seperti ini.

5. Takut salah memilih

Sulit dalam memilih pasangan menjadi satu alasan mengapa seseorang malas menikah

Sebenarnya, semakin bertambah canggihnya teknologi, membuat kita lebih punya banyak kesempatan untuk mengenal lebih banyak orang. Ini tentu membuat kita jadi punya banyak ‘pilihan’ untuk menentukan pasangan. Setuju?

Namun sayangnya, semakin banyak pilihan ini malah membuat orang jadi merasa semakin tidak puas, lho. Mereka pun akhirnya jadi tidak yakin dengan pilihan mereka. Sehingga muncul lah ketakutan akan salah memilih pasangan, terutama pasangan untuk menikah.

Tidak sedikit orang yang merasa takut salah memilih orang yang tepat untuk menghabiskan sisa hidup mereka. Yang nantinya malah akan membuat pengalaman yang menyakitkan, yang tidak bisa mereka terima.

Jangan takut untuk menikah

Cara Mengatasi Ketakutan Untuk Menikah

Ketakutan-ketakutan yang kamu rasakan, pasti ada pemicunya. Selain ada pemicu, ketakutan tersebut juga pasti ada solusinya. Karena tidak bisa selamanya kamu berada dalam bayang-bayangan ketakutan tersebut. Untuk itu, lakukan cara-cara berikut ini untuk mengatasi rasa takutmu:

Fokus pada sisi positif

Ketakutan yang muncul ini umumnya datang karena kamu terlalu fokus pada sisi negatif dari menjalin hubungan asmara ataupun pernikahan. Karena pada dasarnya hidup itu punya sisi negatif dan positif, begitupun pernikahan. Pastinya ada banyak kendala, kegagalan, dan lainnya yang akan kamu hadapi. Namun, kalau kamu terlalu fokus pada hal tersebut, hanya akan membuatmu diam di tempat.

Sebaiknya, fokus pada hal positif yang bisa kamu rasakan karena menjalin hubungan ataupun menikah. Kamu jadi bisa mempunyai tempat bersandar, berbagi keluh kesah, dan teman melakukan banyak hal setiap harinya. Nantinya, kamu pun akan memiliki keluarga dengan istri/suami dan anak-anak yang bahagia, yang tentunya tidak bisa kamu dapat bila kamu sendiri.

Tidak perlu takut akan perubahan

Perubahan itu bukan suatu hal yang buruk kok. Sekalipun setelah menikah pastinya akan ada perubahan dalam hidupmu, namun kamu tak perlu takut. Selama kamu berniat untuk terus belajar bersama, maka perubahan ini bukan suatu kendala. Pelan-pelan kamu akan terbiasa dengan perubahan tersebut.

Menyiapkan segala hal dengan matang sebelum memutuskan menikah

Sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dulu. Jangan tergesa-gesa untuk memutuskan, bahkan memutuskan menikah hanya karena paksaan atau tuntutan lingkungan.

Sebelum menikah, pastikan kamu mengenali dirimu sendiri baik itu dalam hal kelebihan dan juga kelemahan. Karena menikah tidak selalu indah dan mudah. Bila kamu mengenali dirimu sendiri, maka kamu akan lebih mudah menyelesaikan masalah dalam pernikahan.

Membicarakan banyak hal dengan pasangan sebelum menikah juga jadi langkah penting yang harus dilakukan. Kamu harus berkompromi mengenai masalah keuangan, memiliki anak atau tidak, pembagian tugas rumah, ataupun tentang nilai dan prinsip kehidupan masing-masing. Memahami hal ini akan membuat kamu dan pasangan terhindar dari konflik besar bahkan perpisahan atau perceraian. Karena di awal kamu sudah memahami dan mengetahui apa yang dipikirkan dan diinginkan satu sama lain.

Baca Juga: Kata Gombal buat Pacar untuk Meluluhkan Hati Sang Kekasih

Itu dia beberapa alasan takut nikah beserta cara mengatasi perasaan takut yang muncul tersebut. Menikah, bukan lah yang menakutkan kok. Bahkan menikah bisa melengkapi kebahagiaan hidupmu. Namun, pastikan kamu menyiapkan segala hal dengan baik, terutama menyiapkan mentalmu sebelum menikah.

Related posts

Caption Untuk Pacar Dari Paling Baper Sampai Paling Puitis!

Risma Mualifa

Ucapan Ulang Tahun untuk Pacar, Romantis dan Penuh Makna

Risma Mualifa

Apa Sih Arti dan Tugas Seorang Bridesmaid? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Marsyaviani Darestuti

Leave a Comment